Manfaat Daun Sirsak Tak Hanya Mencegah Kanker

manfaat daun sirsak

Manfaat daun sirsak sudah dikenal baik untuk mencegah penyakit kanker. Namun, tak hanya sampai disitu daun sirsak juga berkhasiat baik untuk kesehatan Anda seperti menjaga kesehatan jantung hingga membantu melancarkan pencernaan.

 

Go DokBuah sirsak, siapa yang tak kenal panganan satu ini? Meski tak semua orang menyukai rasanya, namun khasiat dari buah sirsak sudah tak perlu lagi dipertanyakan. Namun, adakah yang mengetahui manfaat daun sirsak? Tentu tak semua orang tahu, bahwa banyak yang senang mengonsumsi teh yang dibuat dari daun sirsak. Nah, apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan?

Yuk, simak 7 manfaat daun sirisak berikut ini!

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Kadar potasium tinggi yang dikandungnya, serta komponen aktif di dalamnya membantu tubuh Anda untuk menurunkan tekanan darah dalam jumlah tertentu. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang memang menderita hipertensi. Dengan menjaga tekanan darah tetap terkontrol, tentu hasilnya kesehatan jantung Anda lebih terjaga, dan risiko terkena stroke serta serangan jantung juga akan berkurang. Karenanya, jangan lupa mengonsumsi teh sirsak secara rutin.

2. Membantu melawan kanker paru-paru dan tenggorokan

Para ahli menyebutkan bahwa sirsak, beserta daunnya, merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan anti-kanker cukup tinggi. Sebuah studi di Brazil yang diterbitkan dalam jurnal Molecules pada tahun 2010, menunjukkan bahwa tanaman ini memang efektif dalam membantu melawan kanker tenggorokan serta kanker paru-paru. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengonsumsi teh daun sirsak secara rutin.

3. Mencegah berbagai jenis kanker

Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pharmacognosy di tahun 2011, menunjukkan bahwa buah sirsak beserta daunnya memang efektif dalam mencegah serta melawan berbagai jenis kanker. Hal ini karena daun sirsak memiliki konsentrasi tinggi komponen alkaloid dan acetogenins -suatu komponen yang memiliki kandungan antibiotik, antifungal dan antiparasit. Jenis kanker yang bisa dicegah oleh daun sirsak beragam, mulai dari kanker serviks, kanker payudara, kanker rahim, dan bahkan leukimia.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat daun sirsak yang selanjutnya adalah meningkatkan jalannya sirkulasi darah Anda. Pasalnya, kadar zat besi tinggi yang ditemukan dalam daun sirsak membantu tubuh dalam menstimulasi sistem peredaran darah dan meningkatkan produksi energi Anda. Hal ini dikarenakan zat besi merupakan suatu komponen penting dalam sel-sel darah merah, yang membawa energi pada sistem organ dan jaringan tubuh Anda, sehingga dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh sekaligus peredaran darah. Hebat, bukan?

5. Mengoptimalkan sistem imun

Tahukah Anda bahwa daun sirsak kaya akan kandungan vitamin C? Hal inilah yang membuatnya dapat menstimulasi produksi sel-sel darah putih, yang berperan sebagai antioksidan dan imunitas di dalam tubuh Anda. Antioksidan inilah yang akan menangkal radikal bebas dan mengurangi kesempatan terjadinya tekanan oksidatif di dalam jaringan tubuh serta sistem organ Anda. Hasilnya, sistem imun di dalam tubuh Anda pun bekerja lebih baik.

6. Menjaga berat badan

Jarang yang tahu bahwa menurunkan berat badan merupakan salah satu manfaat daun sirsak yang cukup ampuh. Pasalnya, teh daun sirsak mengandung vitamin B, yang berperan dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh dan menghasilkan energi yang lebih banyak. Hasilnya, lemak tidak akan menumpuk di dalam tubuh dan berat badan Anda pun tetap terjaga.

7. Membantu kelancaran sistem pencernaan

Manfaat daun sirsak yang terakhir adalah membantu dalam menjaga kelancaran jalannya sistem pencernaan di dalam tubuh Anda. Pasalnya, teh daun sirsak memiliki kandungan seimbang antara vitamin dan mineral, serta komponen anti-inflamasi yang dapat membantu kelancaran sistem pencernaan. Hal ini sekaligus juga mencegah penyakit, seperti konstipasi, sembelit, kram perut, diare, kembung, dan sakit maag.

Nah, itu dia 7 manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi