Manfaat Daun Singkong Untuk Mengobati Stroke

manfaat daun singkong

Manfaat daun singkong  untuk mengobati stroke terbukti karena kandungan suatu zat bernama isoflavon yang merupakan substansi efektif dalam mengobati stroke. Tak hanya itu, daun singkong juga mengandung vitamin C, mineral dan antioksidan lainnya yang memang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan stroke.

Go Dok Beberapa waktu belakangan, banyak kalangan yang mengklaim dan mencap daun singkong sebagai salah satu jenis makanan yang bisa mengobati penyakit stroke. Namun, benarkah daun singkong efektif untuk mengobat stroke?

Hal ini sebenarnya masih diperdebatkan oleh banyak kalangan, di mana kubu tradisional lebih memercayai hal ini, dibandingkan kubu para peneliti yang masih belum mendapat hasil penelitian yang benar-benar mendukung mengenai daun singkong dan pengaruhnya pada penderita stroke. Meski begitu, tentu sudah dipercayai secara luas bahwa manfaat daun singkong sangatlah baik bagi kesehatan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seberapa jauh kebenaran mengenai manfaat daun singkong untuk mengobati stroke.  yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Sekilas tentang daun singkong

Singkong merupakan tanaman akar yang tumbuh di banyak tempat, seperti di Indonesia, Asia Tenggara, Afrika, Karibia, India, Eropa, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, serta tempat-tempat lainnya di seluruh dunia.

Singkong mengandung kadar kalori yang cukup, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, sehingga bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Daun singkong sendiri seringkali diklaim memiliki lebih banyak manfaat dibanding buah singkong sendiri.

Daun singkong merupakan bahan makanan yang cukup umum, dan hampir di setiap tempatnya tumbuh, masyarakat selalu memiliki resep tersendiri untuk mengolahnya menjadi masakan yang sedap lagi lezat. Setiap wilayah juga memiliki ramuan tersendiri yang melibatkan daun singkong guna mengobati beragam penyakit.

Apa saja kandungan di dalam daun singkong?

Daun singkong mengandung banyak vitamin, protein, mineral, dan asam amino yang penting bagi tubuh. Protein yang dikandung daun singkong dapat membantu dalam pembentukan sel-sel tubuh dan sistem enzim.

Selain itu, asam aminonya dapat membantu dalam mngubah karbohidrat yang dikonsumsi tubuh menjadi energi, serta membantu penyembuhan luka pada kulit. Asam amino juga menjaga memori tetap baik, menjaga kesehatan tulang, serta sistem metabolisme tubuh Anda. Klorofil yang ada di daun singkong juga memberi tubuh Anda zat anti-kanker dan antioksidan.

Banyak sekali manfaat daun singkong bagi kesehatan, antara lain adalah mengobati sakit kepala, diare, konstipasi, maag, cacingan, rematik, serta batuk dan pilek. Selain itu, manfaat daun singkong juga dipercaya dapat meningkatkan stamina dan mencegah penuaan dini pada kulit dan wajah.

Lalu, bagaimana manfaat daun singkong untuk mengobati stroke?

Mengobati stroke adalah salah satu khasiat daun singkong yang dipertahankan oleh banyak ahli tanaman herbal dan obat-obatan tradisional. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa daun singkong mengandung suatu zat bernama isoflavon yang merupakan substansi efektif dalam mengobati stroke. Tak hanya itu, daun singkong juga mengandung vitamin C, mineral dan antioksidan lainnya yang memang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan stroke.

Lebih lanjut penderita stroke yang tengah dalam masa penyembuhan memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin,  kalsium, serat, dan potasium, yang mana keempat substansi tersebut dapat Anda temukan pada daun pisang. Selain itu, mengonsumsi daun singkong matang secara rutin juga berperan dalam pencegahan stroke.

Dan bagaimanakah cara mengolahnya?

Setelah mendengar tentang kandungan dan manfaat daun singkong, tentu terdengar sangat hebat. Namun, dlam mengolahnya, Anda harus hati-hati. Pasalnya, daun singkong juga ternyata memiliki kandungan sianida di dalamnya.

Untuk menghilangkan zat ini, Anda harus memasaknya dengan benar-benar matang, dan cara yang paling dianjurkan adalah dengan merebusnya. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu guna memperlezat rasanya. Mudah, bukan?

Nah itu dia manfaat daun singkong untuk penyakit stroke yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi