Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

manfaat daun sambiloto

Walaupun rasanya pahit, manfaat daun sambiloto sangatlah beragam mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh detoksifikasi, mengobati arthtritis, membantu mengobati kanker, menjaga kesehatan pencernaan, sebagai antioksidan dan mencegah penuaan dini.

Go DokDaun sambiloto sudah memiliki reputasi tersendiri di kalangan praktisi obat-obatan herbal, juga di kalangan para penikmat masakan nusantara. Ya, selain digunakan untuk bumbu dapur, daun sambiloto nyatanya juga memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan.

Meskipun terkenal pahit dan tidak enak, nyatanya Anda harus tahu manfaat daun sambiloto tak ada duanya. Penasaran apa saja?

Yuk, simak daftar manfaat daun sambiloto berikut ini!

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, tentu penyakit yang disebabkan infeksi parasit akan lebih sering mengintai Anda. Nah, daun sambiloto terkenal akan kandungan anti-bakteri, anti-jamur, serta anti-virus yang dimilikinya.

Karena itu, daun sambiloto kerap dijadikan bahan ramuan herbal untuk mengobati serta mencegah penyakit pilek, radang, flu, infeksi sinus, dan berbagai macam infeksi lainnya.

2. Detoksifikasi

Selain meningkatkan sistem imun, ternyata daun sambiloto juga dipercaya ampuh untuk mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh Anda. Efek detoksifikasi ini tentunya mampu dalam menjaga tubuh Anda menjadi lebih sehat, bukan?

Di beberapa area, bahkan daun sambiloto merupakan obat herbal atas gigitan ular dan hewan beracun lainnya.

3. Mengobati arthtritis

Manfaat daun sambiloto yang ketiga adalah mengobati penyakit arthtritis yang kerap menyerang Anda para lansia. Beberapa wilayah di dunia juga memasukkan daun sambiloto dalam ramuan herbal yang biasa mengatasi masalah ini.

Pasalnya, meskipun tidak memiliki khasiat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan penyakit ini, namun daun sambiloto dipercaya dapat meredakan intensitas pembengkakan sendi pada penderita rematik.

4. Membantu pengobatan kanker

Meski belum ada penelitian maupun bukti atas hal ini, namun daun sambiloto sudah dipercaya mampu membantu dalam pengobatan kanker. Mulai dari kanker usus, kanker darah, kanker payudara, kanker kulit, kanker paru-paru, hingga kanker ginjal.

Pasalnya, daun sambiloto memiliki kandungan anti-kanker yang dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker, sekaligus mengisolasinya agar tidak membelah serta menyebar. Perawatan dengan menambahkan daun sambiloto juga dikatakan sanggup meningkatkan efek dari obat yang menjadi racun bagi sel-sel kanker dan tumor.

Selain itu, daun sambiloto juga dipercaya dapat menekan perkembangan jaringan tumor dalam tubuh penderitanya. Bahkan, beberapa sumber juga percaya kandungan dalam daun sambiloto bisa mematikan sel-sel kanker itu sendiri, lho! Hebat, bukan?

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat daun sambiloto yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan kelancaran jalannya sistem pencernaan Anda. Pasalnya, daun sambiloto mengandung serat yang bagus untuk pencernaan, serta membantu menguatkan hati Anda, bahkan mengobati penyakit yang terkait hati.

6. Sebagai antoksidan

Ya, selain sebagai penguat sistem imun dan penangkal racun, daun sambiloto juga terkenal akan kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Pada suatu penelitian dengan tikus laboratorium, daun sambiloto menunjukkan efek anti radikal bebas yang dapat membantu tubuh melawan bahaya dari polusi, paparan sinar matahari berlebih, sinar UV, dan lainnya.

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat daun sambiloto yang terakhir adalah mencegah penuaan dini, sekaligus berpotensi membuat wajah Anda tampak lebih muda di usia paruh baya, bahkan lansia.

Pengaruh ini sebagian besar dikarenakan kandungan antioksidannya, yang ampuh dalam menekan penebalan kulit akibat paparan sinar UV, juga mengurangi keriput serta menjaga kekencangan kulit Anda.

Nah, itu dia 7 manfaat daun sambiloto untuk kesehatan yang penting untuk Anda ketahui. Bagaimana? Masih ogah mengonsumsi daun sambiloto karena rasa pahitnya? Semoga tidak, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi