Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Anda

manfaat daun salam

Manfaat daun salam ; daun salam dikenal bisa menghasilkan rasa yang kuat pada masakan, yang membuatnya terasa jauh lebih sedap. Namun, tahukah Anda bahwa daun salam juga memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan Anda? Apa saja khasiat tersebut?

 

Go Dok – Daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Hampir bisa dipastikan bahwa di setiap dapur pada rumah-rumah di seluruh Nusantara, pasti terdapat daun salam sebagai salah satu bumbu wajib. Bagaimana tidak, daun salam bisa menghasilkan rasa kuat pada masakan, yang membuatnya terasa jauh lebih sedap. Namun, tahukah Anda bahwa daun salam juga memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan? Penasaran apa saja?

Yuk, simak daftar lengkap manfaat daun salam  berikut ini!

1. Membantu mengobati diabetes

Manfaat daun salam yang pertama adalah untuk membantu mengobati penyakit diabetes bagi Anda yang menderitanya. Studi awal mengenai hal ini menemukan bahwa mengonsumsi daun salam sebanyak 2 kali sehari bersama obat diabetes dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh sebelum makan. Tak hanya itu, daun salam juga dapat menurunkan kadar kolesterol, LDL, dan lemak darah pada tubuh penderita diabetes., sekaligus meningkatkan kadar HDL. Hebat, bukan? Tetapi, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter, ya!

2. Mencegah batu ginjal

Manfaat daun salam yang kedua adalah mencegah datangnya penyakit batu ginjal. Sebuah studi di tahun 2014 menemukan bahwa selain 8 bahan pengobatan alami tradisional lainnya, daun salam mampu menurunkan kadar urease di dalam tubuh Anda. Urease merupakan suatu jenis enzim yang dapat menyebabkan batu ginjal, jika jumlahnya di dalam tubuh tidak seimbang. Dengan kata lain, daun salam mengontrol keseimbangan enzim ini, sehingga mencegah Anda terkena batu ginjal.

3. Mengobati luka

Studi yang dilakukan sejauh ini menunjukkan bahwa ekstrak daun salam memiliki sifat penyembuhan yang dapat mengurangi inflamasi pada area kulit yang terluka. Fungsi ini sebenarnya sudah lama dipraktikkan secara tradisional di banyak kalangan komunitas, dan memang terbukti mengurangi pembengkakan pada luka. Tak hanya itu, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 juga menemukan bahwa ekstrak daun salam memiliki kandungan anti bakteri yang mampu melawan jenis patogen pada umumnya, seperti  Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Aspergillus fumigatus dan Candida albicans. Hebat, bukan?

4. Memperlancar jalannya pencernaan

Manfaat daun salam yang selanjutnya berhubungan dengan sistem pencernaan Anda. Daun salam memiliki efek yang kuat pada sistem pencernaan Anda, yang dapat menstimulsi keluarnya urin, yang mana menurunkan kadar racun di dalam tubuh. Hal ini juga terjadi saat tubuh Anda mendeteksi adanya racun yang telah terkonsumsi, dan daun salam membantu mengaktifkan efek penolakan untuk mengeluarkannya dari tubuh. Lebih lanjut, komponen organik yang ditemukan pada daun salam sangatlah efektif untuk meredakan sakit perut, irritable bowel syndrome (IBS), serta mengurangi gejala dari penyakit Celiac.

5. Mengobati gangguan pernapasan

Manfaat daun salam yang terakhir adalah mengobati gangguan pernapasan yang mungkin tengah Anda alami. Ekstrak daun salam dapat dicampur menjadi semacam salep, yang bisa Anda oleskan ke area dada guna membantu meredakan gejala dari berbagai gangguan pernapasan. Menghirup aroma dari campuran daun salam juga memiliki efek yang mirip dengan menghirup aromaterapi, dan dapat melegakan dahak serta menyingkirkan bakteri berbahaya yang mungkin terjebak dalam saluran pernapasan Anda. Hal ini dibantu oleh kandungan anti bakteri yang dikandung oleh daun salam.

Nah, itu dia 6 manfaat daun salam untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi