Manfaat Daun Pepaya yang Harus Anda Ketahui

Manfaat daun pepaya

Manfaat daun pepaya ; Selain pepaya yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Ternyata, daun pepaya pun memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Seperti, melancarkan gejala dbd, mencegah kanker hingga mencegah penuaan.

 

Go Dok – Siapa yang tak kenal buah pepaya? Buah dengan berbagai khasiat ini telah menjadi salah satu panganan favorit masyarakat Indonesia sejak dulu. Tak hanya itu, rasanya yang manis dan manfaat kuatnya untuk melancarkan pencernaan juga menjadi salah satu alasan kenapa pepaya begitu disukai. Namun, tahukah Anda, bahwa selain daging buahnya, ternyata daun pepaya juga memiliki banyak manfaat?

Berikut adalah daftar lengkap manfaat daun pepaya yang sebaiknya Anda ketahui :

1. Memperlancar pencernaan

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah melancarkan pencernaan Anda, di mana biji, akar, dan daun pepaya memang telah terbukti efektif dalam menyembuhkan luka di dalam pencernaan. Selain itu, daun pepaya juga dapat meringankan masalah pencernaan lain, seperti infeksi dan sakit perut. Enzim yang terkandung dalam daun pepaya dapat melindungi sistem pencernaan Anda secara keseluruhan, mulai dari mulut hingga usus, dan membantu karbohidrat serta protein tercerna secara alami.

2. Mencegah kanker

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat daun pepaya adalah mencegah dan meringankan gejala kanker, di mana kemungkinan ini diketahui berdasarkan suatu hasil studi yang diterbitkan pada Journal of ethnopharmacology di bulan februari 2010. Studi ini menunjukkan bahwa teh daun pepaya dapat menngurangi inflamasi dan mengaktifkan efek racun pada sistem imun Anda untuk melawan sel-sel kanker serta membatasi perkembangan sel-sel kanker tersebut.

3. Meredakan gejala demam berdarah dengue

Daun pepaya, atau teh yang dibuat dengan daun pepaya, diketahui dapat membantu tubuh dalam meredakan bengkak, serta panas, nyeri, dan flu yang terjadi saaat Anda mengalami demam berdarah dengue. Penyakit yang dibawa oleh gigitan nyamuk ini, akan dimulai dengan munculnya panas tinggi tiba-tiba, di antara hari keempat dan ketujuh setelah infeksi virus memasuki tubuh Anda. Saat inilah Anda bisa menggunakan daun pepaya untuk membantu mengurangi gejala. Namun, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter, ya! Obat alami ini hanya untuk membantu, dan Anda tetap harus menjalani perawatan serta pengobatan yang diresepkan dokter.

4. Mengurangi ketagihan pada gula dan karbohidrat

Banyak dari Anda yang tanpa sadar ketagihan dalam mengonsumsi makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi, yang sejatinya berbahaya bagi kesehatan. Nah, mengonsumsi teh daun pepaya, hal ini akan membuat Anda tidak lagi terlalu tertarik dalam mengonsumsi keduanya. Sebagai tambahan, ingatlah pula untuk selalu memasukkan menu dengan protein tinggi, seperti telur organik, daging, minyak kelapa, dan alpukat.

5. Melawan timbulnya jerawat

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah dalam mengatasi masalah kulit berjerawat. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan menyiapkan masker daun pepaya yang dicampur sedikit air. Untuk ini, gunakan blender untuk membuat masker, lalu aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan selama 15 menit, sebelum membilasnya dengan air bersih hangat. Jangan lupa lakukan secara rutin, ya!

6. Menguatkan sistem imun

Kandungan phytonutrients yang tinggi pada daun pepaya membuatnya dapat melindungi tubuh Anda dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi, dan infeksi pada perut. Hebat, bukan?

7. Meningkatkan kesehatan rambut

Tentu Anda tahu bahwa banyak produk shampoo atau sabun yang terbuat dari pepaya. Nah, kandungan baik ini juga terdapat pada daun pepaya. Anda bisa menjadikannya teh untuk membantu rambut memperoleh kembali kilau alaminya, serta memperkuat akar rambut. Anda bisa mengonsumsi teh daun pepaya, atau menambahkannya pada kandungan shampoo Anda.

8. Mencegah penuaan

Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah mencegah penuaan, dengan kandungan anti-aging yang ada di dalamnya. Pasalnya, daun pepaya memiliki kandungan asam amino yang bisa membuat kulit Anda selalu sehat dan tampak lebih muda. Untuk mendapatkan manfaat ini, minumlah secangkir teh daun pepaya setiap harinya agar kulit menjadi lebih kencang dan lembut, sekaligus mencegah timbulnya keriput.

Nah, itu dia 8 manfaat daun pepaya yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi