Manfaat Daun Mint, Si Hijau dengan Sensasi Dingin

manfaat daun mint

Go Dok- Manfaat daun mint- Daun mint dikenal dengan kemampuannya untuk memberikan sensasi yang dingin. Daun ini dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman, mulai dari saus, salad dan pencuci mulut hingga teh dan minuman beralkohol. Selain baik untuk kesehatan Anda, daun mint juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun ini memiliki manfaat lain untuk kulit! Ingin tahu apalagi manfaat dari daun ini?

Simak 8 manfaat daun mint untuk kesehatan Anda berikut ini!

1. Kaya Akan Nutrisi

Walaupun tidak dikonsumsi dalam kuantitas yang banyak, daun mint mengandung nutrisi yang cukup. Pasalnya, hanya 1/3 gelas atau setengah ons (14 gram) dari daun spearmint mengandung:

  • Kalori – 6
  • Serat – 1 gram
  • Vitamin A – 12% dari RDI (Recommended Dietary Intake). Baik untuk kesehatan mata dan pandangan kita di malam hari.
  • Zat besi – 9% dari RDI
  • Zat Magnesium – 9% dari RDI
  • Folat – 4% dari RDI
  • Antioksidan (Membantu menjaga tubuh dari stres oksidatif, suatu jenis kerusakan pada sel yang disebabkan oleh radikal bebas).
2. Memperbaiki Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome atau (IBS) adalah sebuah gangguan pencernaan. Ciri-ciri gangguan ini adalah sakit perut, gas, kembung dan perubahan dalam kebiasaaan buang air besar atau kecil. Walaupun penanganannya dilakukan secara ilmiah, beberapa penelitian menemukan bahwa minyak pepermint dalam bentuk kapsul sangat bermanfaat sebagai obat herbal alami untuk gangguan yang satu ini, lho! Mengapa? Karena adanya kandungan menthol pada minyak pepermint yang dipercaya dapat meringankan gejala-gejala gangguan IBS dan juga secara bersamaan merelaksasikan otot-otot pencernaan Anda.

3. Meringankan Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint selanjutnya,  dapat dengan efektif membantu untuk melegakan masalah pencernaan ringan seperti sakit perut. Gangguan pencernaan kadang terjadi akibat lamanya makanan berada dalam perut sebelum dicerna. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi daun mint dapat membantu menghindari kondisi di atas dengan mempercepat  proses pencernaan makanan yang ada dalam perut.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Ada beberapa klaim yang menyatakan bahwa menghirup aroma minyak essensial dari tanaman mint ini, dapat memberikan manfaat kesehatan dengan salah satunya, meningkatan fungsi otak, lho. Pada sebuah studi,  144 anak muda dites kemampuan mengingat mereka dengan diminta untuk mencium aroma minyak pepermint selama 5 menit. Hasilnya? Ternyata terbukti adanya peningkatan daya ingat yang signifikan. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa mencium minya k dari daun mint sebelum menyetir juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat stres kita dari frustrasi, kegelisahan atau kecemasan dan juga kelelahan!

5. Mengurangi Rasa Sakit Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, tentunya akan merasakan lecet pada puting susu Anda yang kemudian menyebabkan rasa sakit dan kesulitan di saat sedang menyusui. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa hanya dengan mengoleskan kandungan daun mint, seperti dalam bentuk minyak atau bubuk daun mint yang dicampur dengan air pada kulit dapat membantu menyembuhkan rasa sakit ini, lho! Kemudian, sebuah penelitian lainnya mengatakan bahwa mengaplikasikan air daun mint sesudah menyusui dapat dengan efektif menghindari lecetnya puting susu dan rasa sakit yang dihasilkannya.

6. Menyembuhkan Gejala Flu

Menyembuhkan gejala flu salah satu dari manfaat daun mint yang akan Anda rasakan. Pasalnya, banyak dari obat flu di luar sana, mengandung menthol yang dihasilkan dari daun mint. Mengapa? Karena menthol sangat efektif dalam menangani bengkak pada saluran nasal sehingga membantu meningkatkan mengalirnya udara dan melancarkan pernafasan Anda.

7. Mengurangi Bau Mulut

Sudah tidak asing lagi bukan dengan banyaknya permen mint diluar sana yang dipromosikan dapat menghilangkan bau mulut? Hal ini dikarenakan, kandungan daun mint yang segar dapat mengurangi bau mulut dan membunuh bakteri sebagaimana beberapa penelitian telah menemukan adanya efek antibakteri dalam minyak pepermint.

8. Menu Diet yang Disarankan

Seperti dijelaskan di atas banyak ragam manfaat daun mint, hingga daun ini disarankan sebagai pelengkap menu diet Anda agar lebih sehat. Anda dapat dengan mudah menambahkan daun mint pada makanan seperti salad, pencuci mulut, smoothies dan bahkan juga seperti yang sering dilihat di restoran dan café, yaitu dalam air mineral bukan? Nah, selain itu, mengikuti tren yang populer, Anda juga dapat menambahkannya pada teh.

Itu dia manfaat daun mint yang berguna bagi kesehatan Anda! Untuk tips yang lebih efektif, beberapa penelitian menyarankan untuk mengonsumsi mint dalam bentuk kapsul atau dengan mengolesinya langsung pada kulit. Selamat mencoba!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Malas pergi ke dokter? Gunakan saja fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasinya di sini.