Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Anda

Manfaat daun kemangi

Manfaat daun kemangi ; Selain untuk menyedapkan masakan dan lalapan, daun kemangi bisa digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional yang terpercaya. Salah satu manfaat daun kemangi baik untuk kecantikan, pencernaan, kanker hingga kesehatan gigi dan tulang.

 

Go Dok – Siapa yang tak kenal daun kemangi? Tumbuhan yang satu ini cukup populer di Indonesia, baik sebagai salah satu bumbu dapur yang bertugas menyedapkan rasa masakan, hingga sebagai bahan pengobatan tradisional yang terpercaya.

Selain itu, daun kemangi juga kerap digunakan sebagai lalapan pendamping tahu, tempe, ayam, dan ikan goreng. Nah, di balik semua kegunaannya itu, tahukah Anda bahwa daun kemangi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Penasaran apa saja manfaat daun kemangi dalam hal ini?

 Yuk, simak penjelasan lengkap manfaat daun kemangi berikut!

1. Memiliki efek anti-peradangan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang pertama adalah efek anti-peradangan yang dimilikinya. Hal ini dapat membantu Anda untuk terhindar dan sembuh dari berbagai macam penyakit yang terkait peradangan, seperti sakit tenggorokan, demam, ruam, flu, pilek, dan batuk.

Tak hanya itu, zat anti radang yang terkandung dalam kemangi juga bisa berguna dalam meredakan nyeri atau rasa sakit yang bersifat ringan. Hebat, bukan?

2. Melawan penyakit kanker

Lho, bagaimana bisa daun kemangi sampai memiliki kekuatan untuk melawan penyakit kanker? Usut punya usut, daun kemangi ternyata memiliki kandungan phytochemicals, seperti eugenol, apinegin, luteolin, myretebal, rosmarinic acid, carnosic acid, dan sitosterol yang mampu mencegah beberapa jenis penyakit kanker.

Jenis-jenis yang dimaksud termasuk kanker kulit, kanker mulut, kanker hati, dan kanker paru-paru. Hal ini dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, memicu kematian sel-sel kanker, serta memperlambat pemecahan sel-sel tubuh. Hebat, bukan?

Meski begitu, nyatanya daun kemangi tidak disarankan sebagai pengobatan kanker yang utama, melainkan hanya disarankan sebagai pengobatan pendamping guna mengontrol gejala kanker yang muncul.

3. Memperlambat penuaan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang ketiga adalah memperpanjang usia sekaligus memperlambat proses penuaan tubuh. Berdasarkan hasil studi yang dipresentasikan pada British Pharmaceutical Conference di kota Manchester, daun kemangi ternyata memiliki khasiat yang mampu mencegah efek berbahaya dari penuaan.

Pasalnya, ekstrak daun kemangi dapat mecegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam hati, otak, dan jantung Anda. Tentu Anda akan tetap bertambah tua, namun efek dari penuaan itu sendiri bisa dikurangi saat Anda rutin mengonsumsi daun kemangi.

4. Mengurangi risiko pembengkakan dan peradangan

Manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mengurangi risiko peradangan dan pembengkakan pada bagian tubuh manapun. Suatu hasil studi yang dipresentasikan pada acara tahunan bertajuk Royal Pharmaceutical Society, menemukan bahwa ekstrak daun kemangi terbukti dapat mengurangi pembengkakan hingga 73%, setelah digunakan selama 24 jam. Hebat, bukan?

5. Menyembuhkan sakit kepala

Aroma wewangian yang dihasilkan oleh daun kemangi ternyata dapat menenangkan syaraf-syaraf di dalam otak dan mengurangi dorongan pembuluh darah di dalam otak. Maka jika Anda menderita sakit kepala, ada baiknya Anda menghirup wewangian daun kemangi hingga stres dan rasa sakitnya berkurang.

6. Mencegah diare

Tahukah Anda, bahwa salah satu manfaat daun kemangi bagi kesehatan adalah mencegah diare? Ya, daun kemangi disinyalir memiliki efek anti-bakteri oleh berbagai studi. Kandungan komponen phytochemical dipercaya dapat melawan infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab utama dari diare.

Karena itu, menambahkan daun kemangi sebagai pelengkap pada makanan Anda dapat menghindarkan Anda dari penyakit pencernaan yang satu itu.

7. Menguatkan tulang dan gigi

Tak banyak yang tahu bahwa daun kemangi merupakan sumber vitamin K yang cukup tinggi. Karenanya, mengonsumsi daun kemangi juga memiliki efek menyehatkan serta menguatkan bagi gigi dan tulang Ada. Tak hanya itu, Vitamin K di dalam daun kemangi juga dapat menyerap kalsium dan mencegah tulang kehilangan massa yang ideal.

Nah, itu dia 7 manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat, dan tetap sehat, ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi