Manfaat Daun Afrika Ternyata Baik untuk kesehatan

Manfaat daun afrika

Manfaat daun afrika untuk kesehatan sangatlah beragam mulai dari menjaga berat badan, mengontrol kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit kronis, mengobati penyakit ringan, mengobati masalah kesehatan kulit dan meningkatkan kesuburan pada wanita.

Go Dok Kebanyakan dari Anda tentunya masih asing akan nama Daun Afrika. Sebab, tanaman ini memang bukan asli dari Asia. Meski begitu, harus Anda tahu bahwa Daun Afrika, yang memiliki nama latin Vemonia amygdalina, memiliki beragam manfaat kesehatan.

Kandungannya yang kaya akan antioksidan, vitamin, serta mineral memberinya banyak kemampuan untuk mendukung kesehatan Anda.

Nah, apa saja sih manfaat daun Afrika?

1. Menjaga berat badan

Anda punya berat badan berlebih? Daun Afrika bisa menjadi salah satu cara mengatasinya.  Pasalnya, daun Afrika bisa membantu dalam mempercepat proses metabolisme tubuh. Hasilnya, lebih mudah bagi Anda untuk menurunkan dan menjaga berat badan.

2. Mengontrol kadar kolesterol

Kadar kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat, merupakan suatu kondisi yang bisa membahayakan kesehatan jantung Anda. Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa menjadi pemicu penyakit stroke dan Alzheimer.

Nah, pada Journal of Vascular Health and Risk Management edisi bulan Februari tahun 2008,  disebutkan bahwa daun Afrika dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dan jumlah total kolesterol secara keseluruhan, sehingga menjaganya pada kadar yang aman.

3. Mengurangi risiko penyakit kronis

Berdasarkan laporan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas, menambahkan daun Afrika sebagai bumbu atau racikan dalam menu makan Anda dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti Diabetes Tipe 2 dan kanker payudara.

Lebih lanjut, menurut peneliti dari Jackson State University, manfaat daun Afrika mempu menghalangi pertumbuhan sel-sel kanker payudara pada wanita.

4. Meningkatkan asupan antioksidan

Salah satu manfaat daun Afrika tercermin pada kandungannya yang kaya akan antioksidan. Sel-sel tubuh Anda secara konstan bisa berada dalam bahaya yang disebabkan oleh suatu proses bernama oksidasi di dalam tubuh. Oksidasi yang tidak diatasi dapat meningkatkan risiko Anda dalam membentuk sel-sel pra-kanker.

Nah, daun Afrika mengandung antioksidan yang merupakan musuh besar dari proses okisdasi tubuh. Berdasarkan laporan penelitian yang dimuat dalam Food Chemistry di tahun 2006, para peneliti juga menambahkan bahwa kandungan antioksidan pada daun Afrika mampu menambah kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

5. Mengobati penyakit ringan

Di tempat asalnya, yaitu Afrika, daun Afrika umum digunakan untuk mengobati penyakit batuk dan pilek. Tak hanya itu, ramuan obat tradisional dari daun ini juga dipercaya sebagai obat anti-malaria, laksatif, obat enema, dan obat cacing.

 Jus yang dibuat dari daun Afrika juga dipercaya dapat digunakan dalam mengobati mual, diabetes, disentri, dan gangguan saluran pencernaan lainnya.

6. Mengobati masalah kesehatan kulit

Tak banyak yang tahu bahwa mengatasi masalah kesehatan pada kulit merupakan salah satu manfaat daun Afrika. Ya, daun ini dipercaya dapat menyembuhkan kelainan kulit, seperti kurap, eksim, ruam-ruam, dan penyakit kulit lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda cukup memeras daun Afrika segar, menampung sarinya pada telapak tangan, dan mengoleskannya pada area tubuh yang terkena penyakit kulit. Meski begitu, hindari melakukan hal ini pada luka terbuka, ya!

7. Mengobati artritis

Suatu laporan penelitian oleh Okoli et al. pada tahun 2007, menemukan bahwa ekstrak daun Afrika memiliki khasiat menenangkan pada syaraf-syaraf tubuh, yang dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri otot terkait rematik dan artritis. Ekstrak daun ini dapat pula menguatkan otot dan menjaga kesehatan serta kekuatan tulang Anda.

8. Meningkatkan kesuburan pada wanita

Terakhir, daun Afrika juga banyak digunakan oleh masyarakat Afrika untuk meningkatkan fertilitas wanita. Para wanita yang mandul atau tengah berusaha untuk hamil dapat mengonsumsi ekstrak daun Afrika untuk meningkatkan kesuburan.

 Pasalnya, daun Afrika mengandung karoten, yang membantu dalam menyeimbangkan hormon seksual pada wnaita.

Nah, itu dia 8 manfaat daun Afrika yang bisa jadi pengetahuan menarik untuk Anda. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi