Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Manfaat cuka apel untuk kecantikan

Manfaat cuka apel untuk kecantikan sangatlah beragam mulai dari mengatasi jerawat, spa kaki, meredakan kulit terbakar, membersihkan peralatan make up, sebagai toner wajah, memutihkan gigi, menguatkan kuku hingga mengatasi rambut yang berketombe.

Go Dok Belakangan ini cuka apel mulai muncul ke permukaan dan menjadi topik obrolan banyak orang. Entah untuk dikonsumsi sehari-hari bagai suplemen atau untuk mengobati kondisi tertentu.

Biasanya cuka apel memang diasosiasikan dengan dapur, namun ternyata keajaiban alami ini juga memiliki tempat di meja rias Anda. Dari membasmi jerawat sampai mengusir ketombe.

Jika menyukai perawatan kulit dan rambut rumahan, maka cuka apel adalah salah satu bahan di dapur yang dapat dimasukan ke rutinitas kecantikan Anda. Ia mengandung manfaat yang besar bagi tubuh, kulit, bahkan rambut.

Berikut ini beberapa manfaat cuka apel untuk kecantikan:

1. Menjinakkan jerawat

Manfaat cuka apel untuk kecantikan pertama yaitu mengatasi jerawat. Jerawat tak hanya dihadapi oleh remaja tapi juga orang dewasa. Cuka apel dikenal dapat membunuh bakteri dan bantu seimbangkan tingkat pH kulit. Ia juga sekaligus menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit.

Coba campur satu bagian cuka apel dengan 3-4 bagian air, oleskan langsung pada wajah dengan kapas, diamkan selama sepuluh menit sebelum dibilas. Disarankan untuk melakukan perawatan ini kalau bisa tiga kali sehari.

2. Spa kaki

Kandungan asam yang terdapat pada cuka apel membuatnya baik untuk menetralkan bau tak sedap. Ia juga cukup membantu untuk mengatasi kutil dan jamur sehingga ini adalah kabar baik bagi penggila gym yang mengalami masalah ‘kaki atlet’.

Buatlah air rendaman dari 60 ml cuka apel yang diencerkan dengan seember air hangat untuk mengatasi masalah kaki yang berbau tak sedap.

3. Meredakan kulit terbakar

Mengoleskan zat kaya akan asam pada kulit yang terbakar terdengar sangat kontraproduktif. Tapi dipastikan, hal tersebut dapat membantu mengatasi masalah.

Asam amino seperti arginin dan glutamin sebenarnya cukup baik untuk penyembuhan luka. Beberapa dari mereka dapat menetralkan radikal bebas berbahaya yang dapat muncul setelah terpapar radiasi UVA serta meningkatkan produksi kolagen. Sehingga memastikan kulit berada di jalur regenerasi yang cepat.

Anda hanya perlu mencampur cuka apel dan air dingin dengan perbandingan 1:1 lalu menggosoknya pada area yang perlu diredakan.

4. Membersihkan peralatan dandan

Sifat anti bakteri yang ditemukan pada cuka apel tidak hanya baik untuk wajah saja. Ia juga bantu membersihkan hal yang berhubungan langsung dengan wajah Anda.

Campur cuka apel dan air hangat dengan rasio 1:1, peras setengah buah lemon untuk aroma yang lebih segar, lalu gunakan campuran tersebut untuk membersihkan kuas dan peralatan dandan Anda. Bilas dan biarkan mengering.

5. Digunakan sebagai toner

Tahukah Anda ternyata manfaat cuka apel untuk kecantikan baik untuk membersihkan kulit Anda, lho? Cuka apel mengandung komponen anti mikro bakteri yang bertindak sebagai pembersih alami untuk kulit. Menggunakan cairan ini sebagai toner dapat membantu memelihara keseimbangan pH kulit.

Untuk membuatnya di rumah, campur satu sendok besar cuka apel dengan dua sendok air. Setelah diencerkan, Anda dapat menggunakannya pada wajah untuk mengurangi jerawat dan mengatasi ketidaksempurnaan pada kulit.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pastikan untuk melakukan test dulu sebelumnya. Anda juga dapat menambahkan air agar kulit tidak teriritasi.

6. Memutihkan gigi

Selain mengatasi bau nafas tak sedap, manfaat cuka aple juga dapat menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Perlu diingat, karena asam, ia perlu diencerkan dan digunakan seseskali saja. Jika tidak, Anda mendekatkan risiko kerusakan pada enamel gigi.

Komposisi yang tepat adalah cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2. Kumur selama 60 detik, bilas sampai bersih mulut dengan air, lalu tunggu paling tidak 30 menit sebelum menyikat gigi.

7. Membersihkan penumpukan produk rambut

Penumpukan produk pada rambut dapat membebaninya dan membuatnya terlihat kusam serta kurang menarik. Tentu saja Anda dapat menggunakan sampo yang dapat membersihkannya, tapi mengapa tidak mencoba perawatan rumahan?

Campur dua sendok makan suka apel dengan 250 ml air matang. Setelah keramas, tuangkan campuran tadi ke helaian rambut. Bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan kondisioner hanya pada ujung rambut.

Asam asetik pada cuka apel dipercaya mampu mengikis residu produk pada rambut dan mengembalikan kilaunya.

8. Menguatkan kuku

Perawatan mingguan dengan rendaman cuka apel dan minyak sayur dapat menguatkan kuku yang lemah dan rapuh. Menariknya, cuka apel juga bantu menghilangkan noda kuning dan mencegah infeksi.

9. Meredakan eksema dan psoriasis

Banyak kondisi peradangan kulit kronis seperti eksema dan psoriasis terjadi ketika pertahanan kulit terkompromi.Lain kali jika Anda mengalami kondisi seperti itu, isilah botol semprot dengan cuka apel dan air matang berasio 1:1 lalu semprotkan ke kulit dua kali sehari.

Kandungan anti peradangan yang dimilikinya akan bantu meredakan gatal dan iritasi. Pastikan untuk mengoleskan losion agar kelembapan tetap terjaga.

10. Melawan ketombe

Terakhir, manfaat cuka apel untuk kecantikan yaitu mampu mengatasi ketombe. Tubuh manusia-termasuk kulit kepala-memiliki pH alami antara 4.5 dan 5.5, di mana artinya itu cukup asam. Kondisi seperti ketombe, bakteri, dan jamur  terjadi ketika pH menjadi terlalu basa.

Cara mengatasinya? Campur cuka apel dan air matang dengan rasio 1:1, pijatkan larutan ke kulit kepala lalu bilas sampai bersih. Lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. Kemampuan cuka apel melawan jamur bantu melawan ketombe. Sementara kandungan asamnya mengembalikan kadar pH.

Lalu, bagaimana cara membuat cuka apel di rumah?

Perlu diketahui, kebanyakan cuka apel yang dijual di pasaran telah dipasteurisasi dan diolah. Artinya, segala manfaat bakteri sudah hilang sama sekali bahkan sebelum sampai di tangan anda. Meski masih dapat digunakan sebagai pembersih, cuka apel jenis ini sudah tidak lagi memiliki manfaat kesehatan.

Agar bisa merasakan manfaat cuka apel untuk kecantikansecara maksimal, tidak ada salahnya jika Anda membuat sendiri di rumah. Menariknya, membuat cuka apel sendiri tidaklah sulit. Berikut cara membuatnya:

Bahan:

  • 3 buah Apel
  • 2 sdt Gula
  • 750 ml Air (Bisa kurang atau lebih tergantung wadah yang nanti digunakan)
  • Toples kaca berukuran besar
  • Kertas tisu tebal dan karet gelang
  • Lembaran kol untuk membuat apel tetap tenggelam.

Cara Membuat:

  1. Cuci lalu potong-potong apel dengan ukuran 2-3 cm. Letakan ke dalam toples bersih.
  2. Campur gula dengan 250 ml air lalu tuangkan ke toples apel. Tambahkan air lagi sampaiapel terendam setinggi 3 cm.
  3. Untuk menjaga dari lalat buah, tutupi toples dengan kertas tisu tebal dan amankan dengan karet gelang.
  4. Tergantung pada ukuran dari potongan apel, Anda mungkin akan menemukan beberapa potong yang mengambang ke permukaan. Jika mereka tetap mengambang setelah 24 jam, gunakan kol berukuran cukup besar untuk dijadikan pemberat agar potongan apel tersebut tenggelam seluruhnya. Ini akan mencegah jamur terbentuk di dalam cuka Anda.
  5. Letakan toples di ruangan hangat selama 2 minggu. Setelah itu, saring cairan dan buang potongan-potongan apelnya.
  6. Kembalikan cairan ke toples yang sama. Lanjutkan proses fermentasi selama 4 minggu ke depan. Pastikan untuk mengaduknya beberapa hari sekali. Setelah 4 minggu, cicipi cuka Anda. Setelah mencapai keasaman yang Anda mau, pindahkan ke botol dan cuka apel siap digunakan.

Mudah bukan membuatnya?

Merawat kecantikan Anda bukan satu-satunya manfaat cuka apel untuk kecantikan ini. Maka dari itu, tidak ada salahnya membuat dalam jumlah banyak agar bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter seputar kesehatan Anda kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

FY/JJ/MA

Referensi