Manfaat Coklat Hangat ; Mulai Hari dengan Kebaikannya!

Manfaat coklat hangat

Manfaat coklat hangat ; Ketika cuaca dingin, mengonsumsi coklat hangat biasanya jadi alternatif untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, coklat hangat juga bisa mengobati suasana hati yang kurang baik, lho.

 

Go Dok Cokelat hangat adalah salah satu minuman yang dapat dikonsumsi kapan saja, tetapi siapa sih yang tidak suka meminum coklat hangat di kala cuaca sedang dingin? Minuman yang memilki aroma dan juga rasa lezat ini, memang dapat menjadi alternatif menghangatkan tubuh dan juga mengobati suasana hati. Namun, tidak semua orang mengetahui bahwa cokelat hangat memberikan banyak manfaat lainnya, lho! Ingin tahu apa saja?

Yuk, simak info manfaat coklat hangat berikut ini!

1. Meningkatkan suasana hati sepanjang hari

Dalam memulai hari, tentunya Anda tidak ingin ‘kan suasana hati menjadi jelek atau bad mood? Kalau sudah begitu jangan ragu untuk meminum segelas cokelat hangat sebelum beraktivitas, ya! Mengapa? Hal ini dikarenakan segelas cokelat hangat mengandung serotonin –suatu agen anti depresan yang memicu produksi hormon endorphin, hal ini yang dapat membuat  perasaan bahagia semakin meningkat dan tubuh menjadi lebih rileks.

2. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah dan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebenarnya belum dapat dipastikan sepenuhnya keterkaitan antara coklat dan kesehatan jantung secara langsung. Namun, para ahli meyakini kandungan flavonoidlah yang menjadi penyebabnya.  Selain itu, perlu diketahui bahwa flavonoid adalah zat yang berperan dalam proses pembuatan nitric oxide –suatu komponen kimia terpenting dalam pembentukan otot, termasuk otot jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Otak, Memori otak, dan Cara Berpikir

Tahukah Anda, sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa manfaat coklat hangat dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, lho! Kandungan nutrisinya, ternyata dapat membantu meningkatkan aktivitas pada bagian otak sehingga memberikan dampak yang besar dan juga positif pada sistem kognitif.

Selain itu, ternyata segelas coklat hangat dapat membantu menjaga intensitas aliran darah menuju otak yang dapat meningkatkan memori otak seseorang. Seiring meningkatnya fungsi kognitif dan memori otak, otomatis cara berpikir pun semakin baik.

Oleh karena itu, yuk konsumsi coklat hangat di pagi hari agar tubuh Anda lebih produktif sepanjang hari.

4. Merileksasikan otot-otot Di saat Sesudah Olahraga

Sebuah penelitian menyatakan, jika Anda memilki rutinitas berolahraga di pagi hari, ada baiknya untuk meminum coklat hangat setelah selesai berolahraga. Mengapa? Karena manfaat coklat hangat akan membuat otot-otot menjadi rileks sehingga rasa pegal pada tubuh Anda pun berkurang.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan anti-oksidan, vitamin, dan mineral dalam segelas cokelat hangat ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, lho!

Selain itu, kandungan anti-oksidan juga dipercaya sejak lama sebagai anti-aging; anti penuaan.

6. Melawan Kanker

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa secangkir cokelat hangat dapat melawan kanker lebih baik bila dibandingkan dengan teh hijau atau wine; yang sama-sama memilki kandungan anti-oksidan.

7. Membantu Menguatkan Gigi

Ternyata, cokelat juga mengandung tannis atau sebuah asam oxalic yang berfungsi menurunkan produksi asam dan mencegah timbulnya plak gigi. Selain itu, cokelat juga mengandung theobromine yang dapat menguatkan enamel serta menghindari perubahan warna gigi.

8. Menghindari Bertambahnya Berat Badan

Dengan meminum cokelat hangat di pagi hari, tubuh akan terasa segar dan aktif tanpa perlu mengonsumsi kandungan kalori yang tinggi. Selain itu,manfaat coklat hangat jika dikonsumsi di pagi hari, akan mengurangi keinginan mengonsumsi makanan tambahan setelah sarapan.

Nah, itu dia beberapa manfaat coklat hangat yang mungkin belum Anda ketahui. Jadi, biasakan mengonsumsi coklat hangat, ya! Selamat menikmati!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

YC/PJ/MA

Referensi