Manfaat Buah Salak yang Belum Anda Ketahui

Manfaat buah salak

Manfaat buah salak ; Tiap 100 gram buah salak mengandung 368 kilo kalori dan 90 gram karbohidrat yang bagus untuk menunda lapar. Manfaat buah salah sendiri mampu meningkatkan daya ingat hingga baik untuk diet.

 

Go DokMungkin Anda merasa asing mendengar Salacca zalacca, bukan? Itulah nama latin dari buah salak yang perlu Anda ketahui. Kulitnya yang berwarna cokelat dan bersisik seperti reptile membuatnya dikenal dengan istilah snakefruit di negara lain. Selain tampilannya yang khas, rasa masam manis dari daging buahnya yang berwarna putih juga memberi sensasi segar tersendiri, bukan?

Mungkin belum banyak yang mengetahui kandungan yang ada di dalam buah salak. Selain itu, rumor buah salak dapat menyebabkan sulit buang air besar membuatnya seringkali dijauhi banyak orang. Benarkah begitu?

Makanya, baca terus artikel di bawah ini agar Anda mengetahui manfaat buah salak yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda, tiap 100 gram buah salak mengandung 368 kilo kalori energi dan 90 gram karbohidrat yang bagus untuk menunda lapar. Selain itu, buah salak kaya akan zat besi, vitamin B2, C, dan A, potasium, protein, kalsium, dan serat.

Berikut 6 manfaat buah salak lainnya yang bisa Anda rasakan.

1. Meningkatkan daya ingat

Tingginya kandungan potasium dan pektin pada buah salak dapat memperlancar peredaran darah yang menuju otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kecerdasan Anda, lho.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Buah salak banyak mengandung beta karoten dan vitamin A yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A juga dapat meningkatkan kemampuan penglihatan Anda di kondisi yang redup dan minim cahaya. Keren ya manfaat buah salak ini!

3. Mengobati diabetes

Kandungan pterostilbene di dalam buah salak baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Teh yang dibuat dari kulit salak juga baik untuk kesehatan pankreas, yang artinya menjaga produksi insulin untuk pengobatan diabetes

4. Baik untuk meredakan morning sicknessbagi wanita hamil

Ternyata, ada juga lho manfaat buah salah untuk ibu hamil. Mengonsumsi buah salak secara rutin dikenal baik untuk meredakan morning sickness. Nah, bagi ibu hamil  yang sering merasa mual wajib coba nih buah yang satu ini untuk meredakannya.

5. Baik untuk kulit maupun wajah

Seperti yang Anda ketahui, vitamin C dan kandungan antioksidan baik untuk mencerahkan kulit dan merawat wajah dari kerutan sehingga ampuh untuk mencegah penuaan dini.

6. Baik untuk diet

Mungkin, banyak dari Anda yang kaget dan tidak percaya akan manfaat buah salak yang satu ini. Fakta medis menunjukan bahwa buah salak memiliki kandungan serat seperti buah-buah lainnya, yang artinya baik untuk pencernaan. Selain itu, tingginya kalori dalam buah salak juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa digunakan sebagai alternatif menu diet, kan.

Pasti banyak manfaat buah salak yang baru Anda ketahui, bukan? Makanya, jangan lewatkan buah salak untuk memenuhi nutrisi harian Anda, ya. semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi