Manfaat Buah Naga Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah naga

Go DokManfaat buah nagaTahukah Anda, jika satu gigitan Pitaya atau buah naga dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh manusia? Menjaga kulit dari penuaan dini dan diabetes adalah salah satu dari banyaknya manfaat buah tropikal asal dari Amerika Selatan ini. Ingin tahu manfaat lainnya?

Berikut ulasan manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh Anda!

1. Menjaga kecantikan kulit dari penuaan dini dan jerawat

Manfaat buah naga yang pertama dapat menjaga kecantikan kulit dari penuaan dini dan jerawat. Kandungan vitamin C dalam buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk membantu menjaga kulit tetap kencang. Molekul ini bekerja dengan cara melawan radikal bebas di dalam tubuh yang merupakan salah satu faktor utama dari penuaan dini. Selain itu, kandungan nutrisi buah naga juga kaya akan fosforus dan fospolipid yang merupakan kompenen utama dari sel-sel membran tubuh dapat sangat membantu kulit Anda terlihat awet muda, terhindar dari penuaan dini.

Selanjutnya juga,  kandungan vitamin B3 dalam buah naga dapat membantu memberikan kelembapan pada kulit sehingga kecantikan pada kulit wajah kita terjaga dengan baik. Nah, caranya adalah dengan menjadikan buah naga sebagai bahan masker dengan menambahkan air lalu membuang ampasnya sebelum mengoleskannya pada wajah Anda! Selain itu, kulit buah naga juga dapat menghilangkan jerawat dengan cara memblendernya dan kemudian dipakaikan pada wajah sebagai masker.

2. Menjaga Tubuh dari Kanker

Rutin mengonsumsi buah naga dapat mengurangi jumlah tumor karena selain mengandung vitamin C, buah naga juga berkaroten tinggi. Warna merah pada buah naga yang dihasilkan oleh pigmen lycopene, telah terbukti membantu mengurangi risiko kanker prostat tingkat rendah. Selebihnya itu, hasil dari sebuah penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention menenemukan bahwa, mengonsumsi buah yang kaya akan lycopene dengan berolahraga yang teratur, dapat mengurangi risiko kanker secara signifikan.

3. Kesehatan kardiovaskular

Selanjutnya, manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Buah eksotis ini dinyatakan juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan hati Anda dengan mengurangi tingat kolesterol jahat dalam tubuh. Hasil dari sebuah studi di tahun 2010 yang diterbitkan pada jurnal Pharmacognosy Research menemukan bahwa mengonsumsi buah naga dapat mengurangi risiko berkembangnya penyakit hati dan tekanan darah tinggi. Selain itu, zat lemak tak jenuh-tunggal dari buah ini juga dapat membantu menjaga hati agar terus berada dalam kondisi yang baik.

4. Menstabilkan gula darah

Tingkat serat yang tinggi dari buah naga ini, dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah seseorang. Selain itu, mengonsumsi buah ini juga dapat memenuhi asupan gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut sebuah penelitian, buah ini memberikan efek terhadap stres oksidatif, dimana jumlah radikal bebas dalam tubuh telah mencapai kapasitas dan perlu dinetralkan dengan salah satu solusi adalah memakan buah yang satu ini!

5. Melancarkan sistempencernaan

Dengan kadar serat yang signifikan, buah naga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan bebas dari gangguan dengan cara melancarkan keluarnya kotoran dalam usus.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah naga yang teakhir dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C, mineral dan pytoalbumin yang terdapat di buah naga ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dengan cara melawan radikal bebas. Selain itu gabungan dari kandungan seperti vitamin b1, b2, b3, kalsium, fosforus, zat besi, protein, niacin dan serat yang terdapat pada buah naga ini juga membantu meningkatkan fungsi kerja sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

Demikian manfaat buah naga yang dapat dijadikan alasan baik untuk menambahkannya ke dalam diet Anda sehari-hari. Khasiat dari buah eksotis ini juga aman untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil karena selain kaya akan energi, kandungan folat yang ada di dalamnya dapat membantu pertumbuhan janin dan mencegah keguguran atau kecacatan fisik pada bayi ketika lahir.

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.