Manfaat Buah Melon dalam Menjaga Stamina Tetap ON

manfaat buah melon

Manfaat buah melon ; Melon memang sering disajikan sebagai pencuci mulut karena rasa manisnya yang unik. Selain enak, melon juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda seperti menangkal kanker, kesehatan jantung, pencernaan, hingga menurunkan berat badan.

 

Go DokTidak hanya enak untuk dimakan, buah melon memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bahkan, manfaat buah melon tidak hanya berada pada daging buahnya, kulitnya pun memiliki sejumlah khasiat baik untuk Anda. Sebagai anggota keluarga dari curbitaceae, melon masih berkerabat dengan mentimun dan buah labu.

Melon memang sering disajikan sebagai pencuci mulut karena rasa manisnya yang unik. Melon memiliki kulit yang keras dan daging berair dengan biji yang tertanam di dalamnya. Faktanya, 95% dari buah ini terdiri dari air loh! Melon juga memiliki banyak variasi, termasuk semangka, honeydew melon, dan musk melon. Nah, penasaran kan apa saja sih manfaat yang ada pada buah ini?

Ini dia manfaat buah melon yang bisa Anda dapatkan dengan rajin mengonsumsinya!

1. Penangkal Kanker

Tingginya kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon dapat mencegah kanker, termasuk menurunkan risiko kanker paru-paru. Dengan mengonsumi buah ini secara teratur, maka Anda akan mencegah dan membunuh benih kanker pada tubuh.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Melon memiliki zat adenosine, yaitu kandungan yang dapat menghentikan pembekuan sel-sel darah dan menyebabkan stroke atau penyakit jantung. Manfaat buah melon juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dengan melancarkan darah di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam buah ini juga memberikan efek menenangkan yang dapat meredakan rasa mulas pada perut.

3. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Sifat diuretik yang ada pada buah ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ginjal. Selain itu, kombinasi buah melon dan lemon efektif dalam menyembuhkan sakit encok, lho. Dengan mengonsumi melon setiap hari, Anda dapat meredakan kelainan yang ada pada ginjal.

4. Kesehatan Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, bisa juga mencoba manfaat buah melon untuk membantu pergerakan usus halus sehingga lebih mudah menghancurkan makanan. Kandungan air yang tinggi pada melon sangat bagus untuk pencernaan dan dapat membantu melancarkan buang air besar. Sementara kandungan mineralnya dapat menurunkan risiko gangguan asam lambung yang naik ke kerongkongan serta penyakit GERD (Gastroesofagus Reflux Disease).

5. Energi pada Tubuh

Buah Melon mengandung vitamin B yang berkontribusi dalam menghasilkan energi pada tubuh Anda. Vitamin B juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mengolah gula dan karbohidrat. Dengan begitu, konsumsi melon dapat memberikan tubuh Anda energi yang cukup besar.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah melon ideal untuk menurunkan berat badan karena rendah akan sodium dan kalori, serta lemak dan kolesterol bebas. Kandungan air yang tinggi juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sementara, rasa manis alami pada melon akan menahan hasrat Anda untuk makanan manis dan permen yang memiliki kalori tinggi.

Bagaimana, jadi tidak sabar untuk merasakan manfaat buah melon pada tubuh, ya? Itulah enam manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi buah melon. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi