Manfaat Berpikir Positif ; Kunci Kesuksesan

Manfaat berpikir positif

Manfaat berpikir positif ; Jika pikiran Anda positif, maka berpengaruh positif juga akan dirasakan pada tubuh Anda. Pikiran positif bisa jadi salah satu cara atasi stres dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, selalu berpikir positif, ya. 

 

Go Dok Pernahkah Anda menemui orang yang sakit atau berat badannya turun karena terlalu banyak pikiran atau stres? Kejadian seperti ini tentu mengindikasikan bahwa pikiran dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan Anda. Hubungan ini sering kali disebut sebagai mind/body connection. Jika pikiran Anda berisi hal-hal yang positif, maka pengaruh positif juga akan dirasakan pada tubuh Anda.

Lantas apa saja manfaat dari berpikir positif? Yuk, kita simak.

 1. Mengurangi risiko terkena serangan jantung dan harapan hidup lebih tinggi

Serangan jantung masih menempati urutan pertama sebagai pembunuh manusia dewasa ini. Berdasarkan study yang berjudul Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes dan dipublikasikan pada Januari 2016, sebanyak 164 orang yang kebanyakan laki-laki dilarikan ke rumah sakit akibat terkena serangan jantung. Terbayang betapa mengerikannya penyakit ini. Salah satu penyebabnya diketahui adalah stres. Stres bisa saja timbul karena pikiran buruk yang berkecamuk dalam diri seseorang. Padahal manfaat berpikir positif ternyata dapat mengurangi risiko stres dan terkena serangan jantung, lho. Berdasarkan sebuah penelitian di Copenhagen City Heart Study ditemukan bahwa pria dengan tingkat stres yang tinggi lebih memiliki risiko kematian 32% lebih tinggi dibanding pria lain yang memiliki level stres lebih rendah. Selain itu, pria yang tingkat stresnya tinggi juga memiliki risiko serangan jantung 2, 5 kali lebih besar daripada pria-pria yang berpikir positif.

2. Pikiran positif mendatangkan hal-hal positif

“Anda adalah apa yang Anda pikirkan”, “If you think you can, you can. If you think you can’t, you’re nothing”, dan beberapa kalimat serupa mungkin tak asing dan terdengar seperti hanya kata-kata motivasi saja. Padahal lebih dari itu, pikiran-pikiran positif itu akan menstimulasi otak dan tubuh Anda untuk melakukan yang terbaik sehingga dicapai hasil positif. Jika pun hasilnya belum baik, seorang pemikir positif tidak akan melihatnya sebagai kegagalan, tapi sebagai pembelajaran.

3. Memiliki hubungan yang harmonis

Apakah yang akan Anda rasakan jika memiliki pasangan yang selalu berpikiran buruk terhadap Anda? Anda tidak mengangkat telepon, ia sangka Anda berselingkuh; Anda terlambat ke tempat kencan, ia sangka Anda tidak menjadikannya prioritas; dan segudang prasangka buruk lainnya lagi setiap kali Anda melakukan kesalahan. Nyamankah Anda dengan orang seperti itu? Bisa dipastikan tidak. Hubungan dengan salah satu pihak yang berpikiran negatif lambat laun akan hancur karena tidak adanya kepercayaan. Inilah salah satu bahaya berpikir negatif. Bandingkan dengan hubungan dua orang yang selalu saling berpikir positif. Mereka tidak akan saling mencurigai dan bertengkar karena salah paham. Hubungan pun akan berjalan harmonis.

4. Berpikir positif adalah kunci kesuksesan

Tahukah Anda manfaat berpikir postif menjadi kunci kesuksesan? Ketika kita melakukan sesuatu misalnya diet, berhenti merokok, proyek dalam pekerjaan, dan sebagainya, tentu saja kita berpikir bahwa hal yang kita kerjakan akan sukses. Pikiran seperti ini akan menstimulasi tubuh untuk berbuat sesuai prasangka pikiran. Jika sejak awal pikiran kita mengatakan tak akan sukses, maka tidak akan ada semangat dalam diri Anda untuk mencapai titik akhir. Dalam sebuah study, sebuah grup  atlet polo air menggunakan kata-kata positif ketika mempelajari tugas baru, sedangkan grup lainnya tidak.  Hasilnya, grup yang menstimulasi dirinya dengan kata-kata positif lebih fokus karena pikirannya tertuju pada bagaimana untuk tidak kalah. Pikiran lainnya tidak terlalu berpengaruh pada proses latihan mereka. Jadi, cobalah talk-self  yang positif untuk meningkatkan potensi kesuksesan Anda.

5. Hidup menjadi tenang

Percaya atau tidak, manfaat berpikir positif akan memiliki kehidupan yang lebih tenang dibandingkan mereka yang berpikir negatif. Orang yang berpikir positif akan menilai segala sesuatu dari sisi baiknya. Pun jika orang merendahkan atau menghinanya, ia akan senantiasa bersyukur dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa dalam hidupnya. Apapun yang orang katakan, ia tidak akan peduli dan menjalani hidup dengan penuh ketenangan.

Itulah beberapa manfaat berpikir positif baik dari sisi kesehatan maupun psikologi. Cobalah untuk terus menstimulasi dan mendorong pikiran kita agar senantiasa berpikir positif atas segala sesuatu. Yakinlah bukan hanya enam manfaat saja yang akan Anda dapatkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi