Manfaat Air Mineral Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Manfaat air mineral

Manfaat air mineral bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak untuk itu kita dianjurkan minum 8 gelas per hari. Selain dapat membantu menurunkan berat badan ada banyak manfaat air mineral untuk kesehatan dan kecantikan Anda, lho.

 

Go Dok – Tentu Anda akan sangat setuju bahwa kita tidak dapat hidup tanpa air. Bahkan ada suatu pendapat  yang mengatakan bahwa kita dapat pergi berminggu-minggu tanpa makanan, tetapi tidak dapat bertahan tanpa air selama 3 hari. Itu dikarenakan tubuh kita sekitar 60% terdiri dari air. Biasanya kita dianjurkan untuk minum 8 gelas per hari. Minum cukup air setiap hari sangat penting bagi kesehatan Anda.

Jadi, apa saja sih manfaat air mineral bagi kesehatan?

1. Minum Lebih Banyak Air Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Alasan manfaat air mineral dapat menurunkan berat badan disebabkan oleh fakta bahwa air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Dengan minum 2 liter air setiap hari dapat meningkatkan total pengeluaran energi Anda hingga 96 kalori per hari. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kapan minum air. Setengah jam sebelum makan adalah waktu yang paling efektif. Itu bisa membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit kalori. Disarankan yang terbaik adalah minum air dingin, karena kemudian tubuh akan menggunakan energi tambahan (kalori) untuk memanaskan air hingga suhu tubuh.

2. Minum Air Dapat Membuat Anda Terlihat Muda

Siapa sih yang tidak mau terlihat lebih muda? Anda tentu juga mau, bukan? Ada solusinya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, tetapi cukup dengan minum air. Air dapat secara signifikan membuat kita terlihat muda dengan menjaga kulit kita terhidrasi. Berulang kali, dokter menyarankan kita untuk minum banyak air setiap hari. Air membuat kulit kita kenyal serta memperbaiki warna kulit kita. Dapat menunda proses penuaan, membuat kulit kita terasa lembut, kenyal, dan lembap.

3. Minum Air Dapat Membantu Mengurangi Sembelit

Air sangat penting untuk pencernaan, penyerapan nutrisi dan reaksi kimia. Karbohidrat dan protein yang digunakan tubuh kita sebagai makanan, dimetabolisme dan diangkut oleh air dalam aliran darah. Yang tidak kalah penting adalah kemampuan air untuk mengangkut bahan limbah keluar dari tubuh kita. Sembelit adalah masalah umum, ditandai dengan gerakan usus yang jarang dan kesulitan buang air besar. Konsumsi air yang rendah bisa menjadi faktor risiko konstipasi pada anak muda dan lanjut usia.

4. Minum Air Berpengaruh Pada Tingkat Energi dan Fungsi Otak

Tahukah Anda, bahwa otak kita sangat dipengaruhi oleh status hidrasi? Suatu penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan (1-3% dari berat badan) dapat merusak tingkat energi dan suasana hati, dan menyebabkan penurunan besar dalam memori dan kinerja otak. Kehilangan cairan 1-3% sama dengan sekitar 1,5-4,5 lbs (0,5-2 kg) dari penurunan berat badan untuk 150 lbs (68 kg) orang. Ini dapat dengan mudah terjadi melalui kegiatan sehari-hari yang normal, apalagi selama latihan atau panas tinggi.

5. Air membantu meningkatkan kinerja fisik

Air mengatur sistem pendingin tubuh sehingga sangat penting saat Anda melakukan olahraga intens atau latihan dalam suhu tinggi. Dehidrasi dapat memiliki efek yang nyata jika Anda kehilangan setidaknya 2% dari kadar air tubuh Anda. Namun, tidak jarang atlet kehilangan hingga 6-10% berat air mereka melalui keringat. Hal ini dapat menyebabkan perubahan kontrol suhu tubuh, motivasi berkurang, kelelahan dan membuat latihan terasa jauh lebih sulit, baik secara fisik maupun mental. Jadi, jika Anda berolahraga secara intens dan cenderung berkeringat, maka Anda perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

6. Minum Air Dapat Membantu Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Anda sering mengalami sakit kepala? Wah, bisa jadi Anda kurang cukup minum air sehingga tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan migrain pada beberapa individu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air dapat meringankan sakit kepala pada mereka yang mengalami dehidrasi. Namun, ini tergantung pada jenis sakit kepala.

7. Minum Air Sebagai Detoksifikasi

Di antara manfaat air mineral yang paling penting adalah detoksifikasi. Kita terpapar dengan racun dan bahan kimia berbahaya di sekitar kita dan satu-satunya cara untuk menyiramnya adalah dengan minum banyak air. Semakin banyak kita minum air, semakin kita membiarkan tubuh kita memurnikan dirinya.

Semoga setelah membaca artikel di atas, Anda semakin menyadari bahwa air sangat penting bagi tubuh dan tentunya menjadi lebih rajin lagi minum air serta mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

TD/PJ/MA

Referensi