Mana yang Lebih Baik, Olahraga di Pagi atau Malam Hari?

olahraga di pagi atau malam hari

Olahraga di pagi atau malam hari seringkali menjadi perdebatan mengingat khasiat dan dampaknya bagi kesehatan. Di satu sisi, olahraga pagi sudah menjadi kebiasaan yang tertanam banyak orang sejak zaman dulu, namun kesibukan kerja memaksa Anda baru bisa berolahraga di malam hari.

Go DokPada dasarnya, tidak ada masalah apakah Anda melakukan olahraga di pagi atau malam hari, asalkan hal tersebut menjadi rutinitas. Artinya, jika Anda memang tidak bisa berolahraga pagi karena terbentur waktu kerja atau karena sulit bangun pagi, lakukanlah olahraga di malam hari secara teratur setiap minggu.

Pasalnya, metabolisme dalam tubuh akan terbentuk berdasarkan pola hidup kita selama 24 jam penuh, mulai dari bangun tidur, waktu makan, hingga tidur di malam hari ke dalam sebuah ritme circadian. Ritme circadian inilah yang kemudian mempengaruhi metabolisme tubuh seperti tekanan darah, suhu tubuh, tingkat hormon, dan detak jantung, yang semuanya berpengaruh ke dalam kesiapan tubuh Anda berolahraga, baik di pagi hari atau malam hari.

Namun memang, terdapat perbedaan manfaat dan efek yang dirasakan tubuh antara melakukan olahraga pagi atau malam hari. Salah satunya, olahraga pagi hari dipercaya dapat membakar lemak lebih efektif dibandingkan olahraga pada malam hari. Mau tahu perbedaan lainnya?

Berikut daftar lengkap perbedaan olahraga di pagi atau malam hari!

Manfaat olahraga di pagi hari
  • Membakar lemak lebih efektif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, melakukan olahraga pagi hari secara rutin terbukti lebih efektif dalam membakar lemak di dalam tubuh. Ketika Anda berolahraga sebelum sarapan dan membiarkan perut masih kosong, secara otomatis tubuh akan menjadikan cadangan lemak sebagai sumber energi sehingga lemak akan terbakar 20% lebih banyak, dibandingkan ketika sudah ada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu kapasitas aerobik Anda (kemampuan tubuh yang banyak melibatkan oksigen) lebih tinggi pada pagi hari daripada kapasitas anaerobik (kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan dengan intensitas tinggi). Artinya, menu olahraga kardio seperti jogging dan berlari lebih cocok untuk dilakukan pada pagi hari.

  • Membuat perasaan lebih bahagia

Ketika Anda memilih untuk berolahraga di pagi hari, tubuh secara otomatis akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan bersemangat. Jika Anda memulai olahraga sebelum jam 9 pagi, efek dari hormon endorfin akan memberi semangat selama seharian penuh.

  • Tidur malam yang lebih nyenyak

Seperti yang telah diketahui, berolahraga dapat menghabiskan energi dan membakar kalori. Selain itu, berolahraga dengan intensitas sedang seperti angkat beban juga mampu meningkatkan intensitas denyut jantung serta membuat suhu tubuh jadi meningkat.

Nah, setelah menghabiskan energi di pagi hari, tubuh akan memberikan sinyal untuk mendapat waktu istirahat yang lebih, sehingga Anda dapat tertidur lebih cepat di malam hari. Dengan bantuan mandi air hangat di malam hari, dijamin kualitas tidur Anda akan lebih meningkat.

Manfaat olahraga di malam hari
  • Meningkatkan massa otot

Sebuah penelitian menemukan bahwa antara pukul 2 siang hingga 6 sore, suhu tubuh Anda berada pada titik tertinggi yang berdampak pada kinerja fungsi dan kekuatan otot yang lebih maksimal. Selain itu, mulai sore hari, produktivitas enzim juga bergerak lebih aktif sehingga memungkinkan Anda untuk memiliki daya tahan dan stamina yang lebih untuk berolahraga.

Dengan daya tahan dan stamina yang lebih besar, memungkinkan Anda untuk berolahraga dengan durasi yang lebih lama. Selain itu, malam hari setelah pulang bekerja, kemampuan anaerobik Anda dapat meningkat 7% sehingga membuat Anda bisa berolahraga dengan intensitas gerakan yang lebih tinggi.

Daripada hanya sekadar jogging, cobalah untuk lebih banyak melakukan olahraga yang berfokus pada pergerakan otot seperti angkat beban, berenang, dan bersepeda dengan intensitas tinggi. Selain itu, karena suhu tubuh yang lebih tinggi di sore hari, artinya berarti fungsi otot dan sendi lebih siap untuk berolahraga, sehingga memperkecil kemungkinan Anda terkena cidera.

Walaupun memang berolahraga dapat meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh, jika Anda memulai olahraga dari sore hari, tubuh masih mempunyai waktu untuk menurunkan suhu tubuhnya. Ketika mengalami penurunan suhu tubuh, metabolisme akan terkecoh dengan kondisi tersebut yang memungkinkan Anda segera merasa mengantuk dan tidur lebih cepat.

  • Lebih siap energi

Karena tubuh sudah mendapat asupan makanan, suhu tubuh yang sudah tinggi, dan waktu yang lebih panjang, membuat Anda lebih siap secara fisik dan mental untuk berolahraga dalam durasi dan intensitas yang lebih banyak. Dengan durasi dan intensitas olahraga yang lebih tinggi, memungkinkan kalori tubuh terbuang lebih banyak dan meningkatkan massa otot.

Jadi, mana yang lebih baik, olahraga di pagi atau malah hari? Hal tersebut dikembalikan pada diri Anda sendiri. Sesuaikan waktu olahraga Anda dengan kesibukan sekolah dan bekerja. Satu yang lebih penting adalah, tetap berolahraga secara konsisten setiap hari demi hasil yang lebih maksimal, terlepas dilakukan pada pagi atau malam hari. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan langsung dari smartphone Anda. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

PJ/TP

Referensi