Maksimalkan Cuti Hamil Sambil Menunggu Kehadiran Sang Buah Hati

Maksimalkan cuti hamil

Maksimalkan cuti hamil dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti mulai belajar berwirausaha, gunakan waktu untuk travelling, melakukan kegiatan amal. Namun sebelumnya, Anda wajib mengatahui sistem dari cuti hamil yang diberikan perusahaan.

Go DokMaksimalkan cuti hamil dan Anda tidak perlu stres memikirkan masalah keuangan lagi ketika menjadi ibu. Kalimat tersebut sangat menampakkan dilema yang familiar bagi jutaan ibu baru. Dikarenakan Anda tentu ingin menghabiskan sebanyak mungkin waktu dengan sang bayi, namun Anda juga perlu tempat tinggal dan makan setiap hari.

Biasanya, cuti hamil adalah waktu bagi Anda dan buah hati untuk mendekatkan diri satu sama lain. Waktu di mana Anda berusaha mengetahui apa yang harus dilakukan bersama sang bayi. Bagaimana cara tepat merawat buah hati. Dan juga masa di mana Anda akan kurang tidur dan berkutat dengan popok.

Namun bagaimana agar bisa maksimalkan cuti hamil yang dimiliki? Yuk, simak!

 1. Ketahui hak cuti hamil yang dimiliki

Lupakan sejenak kegiatan mendekorasi kamar bagi sang bayi. Meski kegiatan itu menyenangkan, tapi hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui bagaimana sistem dari cuti hamil yang diberikan oleh perusahaan. Penting sekali bagi perempuan untuk memahami hak mereka sebelum mulai cuti hamil.

Sayangnya, masih banyak perempuan bekerja yang belum paham peraturan tentang cuti hamil ini. Rajinlah cari tahu mengenai peraturan ketenagakerjaan lalu cocokkan dengan peraturan yang dibuat oleh perusahaan Anda.

2. Mulai berwirausaha

Dengan biaya membesarkan anak yang semakin meningkat setiap tahunnya, hanya mengandalkan pekerjaan utama sebagai sumber penghasilan jadi terasa berat. Ada baiknya Anda mulai memikirkan sumber pemasukan alternatif sambl memaksimalkan cuti hamil. Berwirausaha, misalnya.

Mumpung cuti, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkannya untuk memulai usaha. Kecil-kecilan saja. Sesuaikan dengan kemampuan Anda. Anda gemar memasak? Mengapa tidak membuat katering kecil-kecilan? Anda senang fashion? Bisa juga menawarkan jasa menjadi stylist atau jahit. Apalagi di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang. Memasarkan usaha jadi lebih mudah dengan kehadiran sosial media.

Nantinya, setelah cuti selesai, Anda jadi sudah punya usaha sendiri untuk mendukung biaya  sang buah hati. Bukan tidak mungkin nantinya Anda malah meninggalkan pekerjaan utama untuk fokus berwirausaha. Apalagi, dengan berwiraswasta, anda jadi bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan sang buah hati.

3. Gunakan waktu untuk travelling

Mungkin Anda belum sempat menjelajah tempat-tempat indah yang tersembunyi di Indonesia karena kesibukan bekerja. Sekaranglah saatnya untuk melakukannya sambil maksimalkan cuti hamil Anda.

Mungkin tidak perlu jauh-jauh, yang penting adalah pengalaman dan kesan yang ditinggalkan setelah menjelajah.

4. Melakukan kegiatan amal

Usia kandungan yang menua bukanlah hambatan untuk tidak berbagi dengan sesama. Maksimalkan cuti hamil bisa juga diisi untuk bergabung dengan lembaga amal yang sesuai panggilan hati Anda.

Tidak perlu selalu hadir secara fisik, Anda bisa ikut mengorganisir atau berdonasi di lembaga amal yang dipilih. Dengan begini, cuti hamil Anda bisa menjadi pengalaman yang menentramkan hati sebelum atau sesudah sang bayi lahir.

Kembali bekerja setelah cuti hamil membutuhkan rencana yang serius. Namun bukan berarti Anda harus mengisinya hanya dengan berencana saja. Melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik bisa juga dijadikan cara untuk maksimalkan cuti hamil. Selamat mencoba, Bunda!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi kesehatan Go Dok di sini!

YS/JJ/MA

Referensi