Makanan Sehat Untuk Dinikmati di Tempat Kerja

Makanan sehat

Makanan sehat yang bisa Anda nikmati ditempat kerja terdiri dari cokelat hitam, yogurt dan beri-berian, telur rebus, granola bar, oatmeal, kacang-kacangan, keju dan buah-buahan. Daripada, mengonsumsi camilan yang tidak sehat lebih baik sediakan makanan tersebut untuk mengisi perut lapar Anda.

Go DokBekerja seharian tentu tidak jarang membuat perut kita keroncongan. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah mencari camilan, bukan begitu? Akan tetapi, bukankah camilan digadang-gadang sebagai penyebab berat badan meningkat? Jangan khawatir, ada juga makanan yang bisa mengenyangkan sekaligus menyehatkan bagi tubuh kita, kok.

Berikut makanan sehat yang bisa Anda nikmati di tempat kerja!

1. Cokelat hitam

Makanan sehat pertama yang bisa Anda konsumsi di tempat kerja adalah coklat hitam. Pasalnya, coklat hitam menawarkan ketenangan dan rileksasi bagi tubuh yang sangat dibutuhkan saat lingkungan kerja atau pekerjaan melelahkan dan membuat pusing.

Cokelat hitam ternyata lebih bermanfaat untuk kesehatan daripada cokelat putih atau cokelat susu. Cokelat hitam mengandung magnesium, serat, zat besi, manganese, potasium, fosfor, zinc, dan selenium. Selain itu, flavanol yang juga terkandung dalam cokelat hitam dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Cocok, bukan, untuk lingkungan kerja?

2. Yogurt dan beri-berian

Makanan sehat  satu ini bisa menyegarkan jika Anda tengah jenuh bekerja. Banyaknya kandungan protein dalam yogurt, terutama Greek yogurt, sangat bermanfaat untuk kebutuhan nutrisi tubuh, begitu pula kandungan kalsium dan potasiumnya.

Tak jauh berbeda dengan cokelat hitam, beri-berian juga mengandung antioksidan. Anda akan mendapatkan lebih banyak ragam antioksidan dengan mencampurkan berbagai jenis beri untuk dikonsumsi. Selain itu, campuran Greek yogurt dan beri-berian dapat mengurangi kalori sebanyak 150 kalori dan memberikan 10 gr protein.

3. Telur rebus

Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan, telur adalah salah satu pilihan yang cukup membantu. Telur kaya akan protein dan vitamin, seperti vitamin K2 dan B12.

Selain itu, mengonsumsi telur rebus juga akan lebih mengenyangkan, dan membatasi jumlah kalori. Misalnya, dua butir telur rebus mengandung sekitar 140 kalori dan 13 gr protein.

4. Granola bar

Sekarang ini, makanan granola bar terdapat dalam bentuk kemasan dan dapat ditemukan di mana saja. Namun, tetap pastikan nutrisi dan bahan-bahan granola bar yang akan dibeli, sebab tidak semua granola bar sesehat kelihatannya.

5. Oatmeal

Seperti halnya granola bar, oatmeal juga bisa Anda dapatkan dengan mudah. Oatmeal bisa disajikan dengan hanya menyeduhnya saja; praktis dan efektif. Oatmeal biasanya dikonsumsi untuk sarapan, tetapi bisa juga untuk camilan.

Lebih baik makanan sehat ini  disajikan tanpa topping macam-macam, sebab Anda mungkin secara tidak sadar justru menambahkan gula dan kalori ke dalam tubuh. Oatmeal bisa disajikan dengan kacang-kacangan atau beri-berian, untuk pilihan yang lebih menyehatkan.

6. Kacang-kacangan

Kacang sudah dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serta dapat mencegah kanker, depresi, dan penyakit-penyakit lainnya. Kacang memiliki kandungan seimbang antara lemak sehat, protein, dan serat; mengandung rata-rata sekitar 190 kalori per 28 gr. Anda bisa menyiapkannya dari rumah.

7. Keju dan buah-buahan

Lapar di waktu kerja dapat diredakan dengan mengonsumi keju. Keju sebanyak 60 gr mengandung sekitar 14 gr protein dan 200 kalori. Anda bisa menyertakan buah-buahan juga sebagai pelengkapnya, seperti pisang, apel, anggur, atau jeruk.

Selain makanan sehat di atas, Anda juga dapat mengonsumsi minuman yang menyehatkan, di antaranya:

  • Air putih
  • Susu tanpa lemak atau rendah lemak
  • Jus
  • Teh herbal
  • Kopi tanpa kafein.

Nah, itu dia makanan sehat yang bisa Anda konsumsi di tempat kerja. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

VD/JJ/MA

Referensi