Makanan Penguat Janin yang Bisa Anda Konsumsi Saat Hamil

Makanan penguat janin ; Makanan kaya asam folat, vitamin, mineral dan protein merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil. Karena, dengan rutin mengonsumsinya dapat memperkuat dan membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan.  

 

Go Dok Di masa kehamilan, tentu Anda selalu ingin memberikan asupan nutrisi terbaik demi pertumbuhan janin yang sempurna. Dokter pun mengharuskan Anda untuk terus mengonsumsi makanan kaya vitamin, mineral, dan protein selama kehamilan, sekaligus menghindari makanan yang kiranya dapat melemahkan pertumbuhan janin. Semua ini demi menguatkan perkembangan dan daya tahan si jabang bayi di dalam rahim Anda. Nah, apa sajakah makanan tersebut?

Berikut makanan penguat janin yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Makanan kaya kalsium

Makanan penguat janin pertama yang harus Anda konsumsi adalah yang mengandung kadar kalsium tinggi. Pasalnya, kalsium akan memperkuat dan membantu pertumbuhan tulang serta gigi janin di dalam rahim. Kalsium akan membantunya dalam menumbuhkan tulang dan gigi yang kuat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi produk-produk olahan sapi, seperti susu sapi, keju, dan yoghurt.

2. Makanan kaya iodin

Saat Anda hamil, tubuh Anda akan membutuhkan asupan iodin setiap harinya guna memperkuat perkembangan otak dan sistem syaraf janin. Zat iodin bisa Anda dapatkan dari produk olahan sapi (susu, keju, yoghurt), kentang rebus, kacang-kacangan, dan seafood (salmon, udang, dan ikan kod) dalam jumlah yang terbatas.

3. Buah dan sayuran

Makanan penguat janin ketiga yang bisa Anda konsumsi adalah berbagai macam buah dan sayuran. Kedua jenis panganan ini kaya akan vitamin, mineral, serta nutrisi yang tentunya dibutuhkan untuk memperkuat janin. Kandungan tersebut juga akan melancarkan perkembangan organ dan sistem jaringan di dalam tubuhnya. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar selama kehamilan, ya! Hindari meminum jus buah, yang bisa menghilangkan kadar serat dan mineral di dalam makanan ini dan menghindari gula tambahannya.

4. Makanan kaya zat besi

Saat hamil, tubuh wanita akan menyerap zat besi lebih efisien dan volume darahnya pun akan meningkat, sehingga Anda harus mengonsumsi zat besi lebih banyak guna memastikan Anda dan janin mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Semakin cukup oksigen yang didapatkannya, maka akan semakin kuat pula janin di dalam rahim Anda. Untuk itu, konsumsilah setidaknya tiga porsi makanan yang kaya zat besi dalam sehari saat hamil, seperti kacang-kacangan, bayam, dan daging tanpa lemak. Anda juga bisa mengonsumsi sereal dan oat saat sarapan.

5. Makanan kaya asam folat

Makanan penguat janin yang selanjutnya adalah yang mengandung kadar asam folat tinggi. Setiap wanita hamil setidaknya membutuhkan 0,64 mg asam folat dalam sehari, guna mencegah cacat pada tabung syaraf janin, yang dapat melemahkan pertumbuhannya. Anda bisa mendapatkan asam folat dari sayuran hijau, kacang-kacangan, serta makanan kaya gandum. Ketiga jenis makanan ini, dapat membantu perkembangan janin yang penting, seperti membangun plasenta serta jaringan-jaringan tubuh yang kokoh. Hal ini tentu saja akan dapat memperkuat pertumbuhan janin di dalam rahim Anda.

6. Makanan kaya vitamin D

Makanan penguat janin yang terakhir adalah yang dapat mengasup vitamin D bagi perkembangannya. Sama seperti kalsium, vitamin D juga bisa memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi pada janin Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, telur, susu sapi, dan jus jeruk yang kaya akan vitamin D.

Nah, itu dia 6 macam makanan penguat janin yang bisa sangat berguna untuk pertumbuhannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi