Makanan Kaya Vitamin dan Mineral Untuk Tubuh Anda

Makanan kaya vitamin dan minera

Makanan kaya vitamin dan mineral ; Tubuh manusia memerlukan vitamin dan mineral untuk keberlangsungan hidupnya, keduanya bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber, terutama makanan sehari-hari. Lalu, apa saja makanan yang mengandung vitamin dan mineral?

 

Go Dok Tentunya Anda tahu, bahwa tubuh setiap manusia memerlukan dua hal penting untuk keberlangsungannya, yaitu vitamin dan mineral. Kedua hal ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber, terutama makanan sehari-hari. Namun, kadang Anda lupa atau tidak sadar bahwa makanan yang dikonsumsi tidaklah mengandung kedua hal ini.

Yuk simak daftar makanan kaya vitamin dan mineral berikut ini!

1. Asam folat

Mineral pertama yang penting bagi tubuh adalah asam folat, dan sejatinya, makanan yang memiliki kandungan zat ini cukuplah banyak. Asam folat penting bagi formasi dan kinerja sel-sel darah merah Anda, serta bagi pertumbuhan dan penjalanan fungsi sel-sel tubuh lainnya. Bagi ibu hamil, nutrisi dari asam folat sangat penting bagi perkembangan janin di awal kehamilan sekaligus dalam mencegah risiko adanya kelainan otak dan tulang belakang saat kelahiran. Mineral yang satu ini bisa dengan mudah Anda dapatkan dari sayuran hijau, seperti rumput laut dan bayam. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan asam folat dalam kacang-kacangan, kacang polong, biji-bijian, serta produk olahan sapi.

2. Protein

Makanan kaya vitamin dan mineral selanjutnya yang Anda butuhkan adalah yang mengandung protein. Kandungan ini sangat penting bagi seluruh bagian tubuh Anda, mulai dari otak, otot, sel-sel tubuh, organ dalam tubuh. Protein dapat dengan mudah Anda temukan dalam berbagai makanan, seperti telur, susu, keju, kacang edamame, ikan tuna, ikan sardin, ikan salmon, yoghurt, biji bunga matahari, kacang-kacangan, daging ayam, kacang almond, hingga oat. Tak hanya itu, beberapa sayuran pun mengandung protein, seperti jagung kuning, brokoli, kacang hijau, kentang, asparagus, kembang kol, serta alpukat.

3. Kalsium

Mineral selanjutnya yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium, dan makanan kaya vitamin dan mineral yang mengandung kalsium pun cukup banyak. Sejatinya, kalsium dibutuhkan tubuh untuk kelancaran pembekuan darah, penguatan tulang dan gigi, dan pergerakan otot-otot tubuh. Jenis makanan yang memilikinya beragam, mulai dari susu sapi, yoghurt, sereal, keju, ikan salmon, ikan sarden, serta susu kedelai. Anda juga bisa mendapatkannya dari biji-bijian, kacang almond, bayam, serta kubis.

4. Zat besi

Selanjutnya, tubuh Anda akan memerlukan makanan kaya vitamin dan mineral yang mengandung zat besi. Zat ini berperan penting dalam pebentukan enzim di dalam tubuh, serta pembentukan sel-sel darah merah. Anda bisa mendapatkan zat besi dari berbagai makanan, seperti cokelat hitam, kacang-kacangan, kacang polong, daging sapi, kacang kedelai, kerang, daging ayam, daging kalkun. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkannya lewat sayur bayam, brokoli, serta tahu.

5. Lemak baik

Lemak, meskipun dipercaya merupakan sesuatu yang buruk bagi tubuh, ternyata merupakan salah satu asupan penting yang pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh Anda. Pasalnya, lemak penting untuk asupan energi dan membantu tubuh dalam menyerap banyak vitamin serta nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Namun, harus diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi lemak dapat berbahaya bagi kesehatan dan karenanya Anda harus membatasi diri sendiri dalam hal ini. Nah, lemak bisa Anda dapatkan melalui minyak ikan, daging ikan (salmon, tuna, sardin, kod, dll),  kacang-kacangan, alpukat, sosis, daging sapi, daging ayam, produk olahan sapi (keju, yoghurt, mentega dan telur), serta biskuit.

6. Vitamin A, B, D, dan E

Makanan kaya vitamin tentunya berperan penting bagi tubuh Anda. Pasalnya, vitamin penting untuk :

  • Kesehatan mata, menguatkan sistem imun, menguatkan sistem reproduksi (Vitamin A)
  • Membantu tubuh dalam memproses karbohidrat dan protein ( Vitamin B1)
  • Membantu jalannya pencernaan dan penyerapan kolesterol dalam tubuh ( Vitamin B3)
  • Membantu metabolisme tubuh dan perkembangan otak pada bayi (Vitamin B6)
  • Menguatkan tulang, otot, dan komunikasi otak ke seluruh bagian tubuh (Vitamin D)
  • Membantu dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan (Vitamin E).

Nah, Anda dapat menemukan vitamin A dalam makanan seperti ubi jalar, bayam, wortel, dan sereal. Sedangkan vitamin B1 dapat Anda temukan dalam roti gandum dan sereal. Vitamin B2 terdapat pada makanan seperti susu sapi, roti, dan sereal. Sementara itu, vitamin B3 dan B6 terkandung dalam daging sapi, daging ayam, daging ikan, gandum, kacang kedelai, kentang, dan sereal. Vitamin D bisa Anda peroleh dari minyak hati ikan, lemak ikan, serta produk olahan sapi. Terakhir, vitamin E bisa Anda asup dari makanan seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, sereal, dan minyak sayur.

Nah, itu dia berbagai makanan kaya vitamin dan mineral yang Anda butuhkan untuk kesehatan tubuh setiap harinya. Jangan lupa untuk mendapatkan asupannya secara rutin, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Malas pergi ke dokter? Gunakan saja fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi