Makanan Kaya Asam Folat ; Baik untuk Bumil

Makanan kaya asam folat

Makanan kaya asam folat  tentunya jadi salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil. Asam folat kebanyakan ditemukan pada sayuran berdaun hijau tua atau kacang-kacangan. Apa saja makanan alai yang kaya asam folat lainnya?

 

Go DokAsam folat. Istilah ini seringkali disebut di dalam berbagai macam pariwara yang mengiklankan susu atau produk makanan untuk ibu hamil. Asam folat kerap digadang-gadang sebagai asupan yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin di masa kehamilan. Benarkah seperti itu? Apa saja sebenarnya manfaat dan kegunaan asam folat untuk janin? Dan apa saja jenis makanan yang kaya asam folat? Untuk menjawab hal-hal tersebut, yuk simak penjelasan lengkap mengenai asam folat berikut ini!

Apa itu asam folat?

Sejatinya, asam folat merupakan suatu bentuk vitamin B buatan manusia, disebut juga sebagai vitamin B-9, yang memilki peran penting dalam produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh Anda. Selama kehamilan, zat ini mampu membantu perkembangan otak dan tulang sumsum janin. Karenanya, Anda akan membutuhkan bantuan zat ini mulai dari minggu-minggu awal kehamilan, saat otak mulai terbentuk dan berkembang perlahan-lahan. Selain itu, akan lebih baik jika Anda juga mengonsumsinya lebih awal, yaitu sejak saat Anda dan pasangan tengah mengusahakan kehamilan. Pasalnya, hal ini dapat mengurangi risiko kelahiran prematur pada bayi Anda.

Lalu, apa saja makanan kaya asam folat?

Asam folat kebanyakan ditemukan pada sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, kacang polong, dan kacang tanah. Selain itu, asam folat bagi ibu hamil juga tersedia dalam bentuk vitamin dan suplemen kehamilan yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Untuk makanan alami yang kaya asam folat, berikut adalah daftar lengkapnya :

1. Hati sapi

Makanan kaya asam folat yang pertama adalah hati sapi, yang mengandung sekitar 215 mcg asam folat dalam setiap porsinya. Untuk mengonsumsinya, ibu hamil harus memastikan bahwa makanan ini sudah dimasak dengan matang, bukan mentah maupun setengah mentah.

2. Buah-buahan

Makanan kaya asam folat pun ternyata tersedia dalam bentuk buah-buahan, lho! Buah lemon, pisang, melon, dan stroberi merupakan beberapa buah yang memiliki kandungan asam folat cukup tinggi dan dapat Anda konsumsi selama kehamilan.

3. Jus jeruk dan tomat

Tahukah Anda bahwa buah jeruk dan tomat juga memiliki kandungan asam folat yang baik? Ya, kedua jenis jus ini memang kaya akan asam folat dan bisa Anda konsumsi secara rutin selama masa kehamilan.

4. Bayam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sayuran berdaun hijau tua merupakan salah satu sumber asam folat yang menjanjikan. Salah satu dari sayuran tersebut adalah bayam, yang bisa mengandung sekitar 115 mcg asam folat dalam setiap porsinya dan sekitar 58 mcg asam folat dalam setiap cangkirnya. Tak hanya itu, bayam juga mengandung beta karoten dan lutein, yang bisa melindungi tubuh dar berbagai macam jenis kanker. Anda bisa secara rutin mengonsumsi sayuran ini, namun pastikan telah dimasak atau direbus hingga matang, ya!

5. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang kaya asam folat adalah brokoli, di mana setiap cangkir brokoli mengandung sekitar 84 mcg asam folat. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan serat yang membantu jalannya sistem pencernaan Anda selama kehamilan. Hebat, bukan?

6. Asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran rendah kalori, yang mengandung sekitar 70 mcg asam folat dalam setiap mangkuk penyajiannya. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung vitamin A, K, dan C yang juga sangat bagus bagi perkembangan janin Anda. Untuk menyajikan asparagus, Anda bisa menambahkannya pada telur dadar, atau menjadikannya makanan pendamping untuk nasi dan ayam dalam menu Anda.

7. Alpukat

Buah yang banyak digemari ini, selain mengandung lemak sehat, ternyata juga mengandung sekitar 54 mcg asam folat di setiap porsinya lho! Karenanya, jangan ragu untuk mengonsumsi alpukat selama kehamilan, ya! Anda juga bisa mencampurnya dengan susu atau yoghurt, guna menambah rasa.

8. Telur

Tentu Anda tahu bahwa telur memiliki segudang kandungan sehat, dan salah satunya adalah asam folat, di mana setiap telur bisa mengandung sekitar 24 mcg asam folat. Selain itu, telur juga kaya akan protein dan vitamin penting yang membantu tumbuh kembang janin di dalam perut Anda. Karenanya, jangan sungkan untuk mengonsumsi atau menyemil telur selama kehamilan, ya!

9. Kacang-kacangan

Kacang tanah dan kacang polong merupakan dua makanan kaya asam folat yang terakhir dalam daftar ini. Kacang tanah mengandung sekitar 175 mcg asam folat dalam takaran setengah mangkuk. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan asam folat dari kacang polong, kacang hazel, kacang almond, dan kacang walnut, meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit di tiap porsinya.

Nah, itu dia serba-serbi makanan kaya asam folat yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi