Luar Biasa! Ini Dia 5 Manfaat Hidup Sehat

manfaat hidup sehat

Go DokManfaat hidup sehatSecara umum, memang banyak orang yang belum sadar untuk menjalankan pola hidup sehat. Terutama di kota-kota besar layaknya Jakarta, di mana penduduknya disibukkan oleh aktivitas bejibun sehari-hari, hingga tak lagi peduli dengan gaya hidupnya. Padahal, pola hidup yang sehat -berolahraga, makan sehat, tidur cukup, dan tidak merokok- memiliki banyak manfaat, lho! Mau tahu apa saja manfaat hidup sehat bagi mereka yang menjalaninya?

Yuk, simak penjelasan lengkap 5 manfaat hidup sehat berikut ini!

1. Memperbaiki suasana hati

Penat karena seharian di kantor tak ayal membuat mood Anda terkadang menjadi naik-turun. Nah, salah satu manfaat hidup sehat ternyata adalah meningkatkan suasana hati. Pasalnya, berolahraga dan menerapkan pola makan sehat bisa menstimulasi produksi hormon endorfin di dalam tubuh Anda. Hormon inilah yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai. Tak hanya itu, ternyata kepercayaan diri Anda juga dapat meningkat dengan pola hidup sehat. Ditambah lagi, fungsi kognitif tubuh juga akan lebih baik dan rasa stres bisa menurun. Hebat, bukan?

2. Memperpanjang usia

Banyak yang tidak tahu bahwa memperpanjang usia merupakan salah satu manfaat hidup sehat. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh The American Council of Exercise menunjukkan bahwa mereka yang berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya memiliki risiko lebih kecil untuk mati muda, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Tak hanya itu, mengurangi kebiasaan merokok serta mabuk-mabukkan juga nyatanya bisa menjaga kesehatan organ paru-paru dan jantung Anda lebih baik. Begitu pula dengan menerapkan pola makan sehat. Jadi, jangan takut untuk hidup sehat, ya!

3. Meningkatkan pasokan energi

Manfat hidup sehat yang selanjutnya adalah meningkatkan pasokan energi yang dibutuhkan tubuh dalam beraktivitas sehari-harinya. Menerapkan pola makan yang sehat, dengan memasukkan menu berupa daging rendah-lemak, biji-bijian, sayur-mayur, serta buah-buahan, ternyata dapat memberikan Anda lebih banyak energi. Tak hanya itu, berolahraga secara teratur ternyata juga meningkatkan kekuatan otot-otot dan ketahanan tubuh Anda. Pasalnya, olahraga membantu tubuh dalam melancarkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh dan pasokan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh Anda. Selain itu, kerja jantung Anda juga menjadi lebih efisien. Kesemua manfaat itulah yang kemudian menjadikan tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas sehingga kekuatan untuk menjalani hari esok pun terkumpul banyak.

4. Mengurangi risiko terkena penyakit

Tentunya, terjangkit penyakit seperti flu, demam, batuk, dan pilek merupakan hal terakhir yang Anda inginkan dalam menjalani kesibukan sehari-hari. Nah, salah satu manfaat hidup sehat ternyata adalah mengurangi risiko Anda terkena penyakit-penyakit tersebut. Saat menerapkan pola makan sehat, otomatis kebutuhan vitamin, nutrisi, serta serat yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi. Hal inilah yang kemudian meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan mencegah datangnya penyakit. Tak hanya itu, penyakit-penyakit yang terkait berat badan, seperti obesitas dan diabetes juga dapat Anda cegah dengan pola hidup sehat.

5. Meningkatkan kekuatan mata, gigi dan tulang

Menerapkan pola makan sehat dapat berarti kebutuhan tubuh Anda akan vitamin A, vitamin D, serta kalsium menjadi terpenuhi. Seperti yang Anda tahu, vitamin A berperan besar dalam menjaga kesehatan mata, sementara kalsium berguna untuk menjaga tulang serta gigi Anda tetap sehat. Di sisi lain, vitamin D juga dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium.

Nah, setelah mengetahui 5 manfaat hidup sehat di atas, masihkah Anda ragu untuk menerapkan pola hidup sehat? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi