Lidah Buaya Untuk Wajah Cantik Bercahaya

Lidah buaya untuk wajah

Lidah buaya untuk wajah sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan wajah salah satunya untuk mengobati luka bakar karena sinar matahari, pelembap kulit, mengatasi jerawat hingga menghilangkan Stretch Mark.

 

Go Dok – Lidah buaya memang tanaman hias yang biasanya mempercantik halaman rumah. Walau berduri dan tajam, lidah buaya memiliki segudang manfaat, lho! Tahukah gak sih  kalau tanaman ini sudah digunakan sedang zaman Mesir kuno dan disebut dengan “tanaman keabadian”? Julukan ini dikarenakan kegunaan lidah buaya yang digunakan sebagai bahan penyembuh atau obat.

Lidah buaya atau Aloe Vera adalah tanaman kaktus milik keluarga Liliaceae. Tanaman ini tumbuh di iklim kering dan sudah digunakan secara medis selama berabad-abad. Daun lidah buaya dapat mengeluarkan gel bening ketika dipatahkan daunnya. Gel ini dapat dioleskan dan bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan menenangkan kulit.

Yuk, simak 8 manfaat lidah buaya untuk wajah cantik Anda di bawah ini:

1. Mengobati Luka Bakar Matahari

Lidah buaya untuk wajah dapat membantu mengatasi luka bakar dari paparan sinar matahari. Tanaman ini dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung pada kulit dan membantu dalam menjaga kelembapannya. Kandungan dan kualitas nutrisi dan sifat antioksidan yang dimiliki oleh lidah buaya, tanaman ini dapat menyembuhkan kulit lebih cepat.

2. PelembapKulit

Lidah buaya dapat membantu melembapkan kulit tanpa memberikan rasa berminyak. Sehingga, lidah buaya dapat digunakan oleh Anda yang memiliki wajah berminyak! Lidah buaya bisa digunakan sebagai pelembap dan sangat bagus untuk mencegah pengeringan kulit. Bagi para laki-laki, gel lidah buaya dapat digunakan sebagai perawatan sehabis mencukur janggut atau kumis lho!

3. Mengobati jerawat

Gel lidah buaya memiliki dua kandungan, yaitu: Auxin dan Giberelin. Kedua hormon ini berguna untuk menyembuhkan luka, dan bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan kulit. Lidah buaya juga dapat menenangkan kulit yang sedang mengalami radang, melepuh dan gatal.

Selain itu, dalam pengobatan Ayurvedic, Aloe digunakan untuk menyembuhkan masalah kulit kronis secara efektif, seperti psoriasis, jerawat dan eksim. Hebat sekali bukan?

4. Mencegah Penuaan pada Kulit

Seiring bertambahnya usia, hampir semua orang mulai khawatir dengan kemunculan garis-garis halus pada wajah dan berkurangnya elastisitas pada wajah. Daun lidah buaya mengandung antioksidan dengan jumlah besar termasuk, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu serta memperbaiki kekencangan alami kulit. Selain itu, lidah buaya untuk wajah juga dapat menjaga kulit terhidrasi.

5. Mengurangi Selulit atau Stretch Mark

Selulit atau stretch mark biasanya dimiliki oleh orang yang sedang hamil serta turun dan naiknya berat badan. Garis halus ini sering kali bikin orang menjadi malu. Nah, gel lidah buaya dapat membantu menyamarkan tanda peregangan ini.

6. Kayak akan Nutrisi

Lidah buaya mengandung lebih dari 75 nutrisi termasuk vitamin, mineral, enzim, gula, antrakuinon atau senyawa fenolik, lignin, saponin, sterol, asam amino dan asam salisilat. Wah, banyak sekali ya!

Selain manfaat lidah buaya untuk wajah di atas,  ternyata lidah buaya juga punya manfaat untuk dalam tubuh. Sebagian orang menggunakan lidah buaya sebagai obat pencahar, serta memperbaiki kualitas pencernaan. Bagaimana sih caranya? Tentunya dikonsumsi! Lidah buaya dapat dijadikan jus dan diminum. Selain itu, jus lidah buaya juga dapat mengurangi radang sendi dan rematik.

Nah, itu dia manfaat  lidah buaya untuk wajah. Banyak sekali ya? Selamat mencoba!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi