Leukosit ; Yuk, Sama-Sama Mengenalnya Lebih dalam!

leukosit

Leukosit atau dikenal juga dengan sel darah putih. Leukosit normal di dalam tubuh mengandung 4.500 hingga 11.000 leukosit tiap mikroliter darah. Sedangkan penyebab leukosit rendah adanya berbagai penyakit serius.

 

Go Dok Sudah tahu dong, kalau darah kita tersusun atas sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit? Memang, sih sel darah putih tidak sepopuler lainnya, mengingat jumlahnya yang hanya mengisi 1% dari volume total darah di dalam tubuh.

Walau begitu, kehadiran sel darah putih penting untuk memberantas segala organisme berbahaya di dalam darah yang berpotensi membawa penyakit pada tubuh, lho.  Sebelum berbicara lebih lanjut, yuk, sama-sama mengenalnya lebih dalam!

Apa itu leukosit?

Leukosit atau dikenal juga dengan sel darah putih merupakan bagian dari sistem imun tubuh yang bertugas melindungi tubuh melawan dan membasmi segala organisme berbahaya yang hendak masuk ke dalam tubuh.

Sel darah putih bekerja sepanjang waktu lho, artinya sel darah putih ber-“patroli” melalui aliran darah untuk mencari parasit yang masuk ke dalam tubuh, dan mengaktifkan sistem ‘alarm’ untuk memperingatkan sistem imun lainnya.

Nah, kemampuan sel darah putih dalam merespon bahaya parasit yang masuk ke dalam tubuh ini tersusun dari beberapa macam sel dengan fungsi dan tugas masing-masing, lho. Berikut ini sel yang membentuk leukosit dalam tubuh.

  • Monosit, bertugas untuk menghancurkan kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh seseorang.
  • Limfosit, memiliki fungsi vital bagi tubuh karena membangun antibodi yang membentengi diri dari serangan virus dan bakteri yang berbahaya.
  • Neutrofil, salah satu sel pembentuk leukosit yang ampuh melawan bakteri dan jamur.
  • Basofil, berfungsi sebagai ‘alarm’ jika mendeteksi adanya infeksi di dalam aliran darah, terutama yang bersifat alergen dan mengganggu fungsi tubuh.
  • Eosinofil, merupakan sebuah sistem imun dalam leukosit yang bereaksi setelah limfosit mengirim sinyal tanda bahaya kalau tubuh kedatangan parasit berbahaya.
Leukosit normal

Agar sel darah putih bisa bekerja optimal untuk membasmi parasit dalam tubuh, Anda harus memperhatikan jumlahnya, nih. Idealnya, di dalam tubuh yang sehat mengandung 4.500 hingga 11.000 leukosit tiap mikroliter darah. Tapi itu kadar ideal, lho. Artinya, tidak menutup kemungkinan ada orang yang memiliki jumlah leukosit kurang atau lebih dari kadar ideal tersebut.

Penyebab leukosit rendah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak menutup kemungkinan bila seseorang memiliki jumlah leukosit yang lebih rendah. Nah, kelainan yang menyebabkan sel darah putih rendah biasa disebut leukopenia. Biasanya, seseorang yang terkena leukopenia memiliki sel darah putih kurang dari 2.500, lho.

Ada beberapa hal yang bisa membuat Anda terkena leukopenia, misalnya penyakit serius seperti HIV/AIDS, Lupus, dan radang sendi yang menyerang sistem autoimun Anda. Selain itu, penderita kanker darah dan kanker sumsum tulang belakang juga sangat rentan terkena leukopenia.

Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan dengan terapi radiasi seperti kemoterapi dan penggunaan penisilin sebagai antibiotik juga bisa jadi penyebab leukopenia. Sebagai upaya pencegahan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12, asam folat, zat besi, dan tembaga, ya!

Penyebab leukosit tinggi

Anda juga bisa mengalami kelebihan sel darah putih, lho. Kelainan seperti ini biasa disebut dengan leukositosis. Nah, jika seseorang yang memiliki jumlah sel darah putih lebih dari 12.000 sel tiap mikroliter darah, bisa jadi indikasi orang tersebut terkena leukositosis.

Beberapa hal yang bisa memancing leukositosis terjadi, di antaranya terjadi infeksi yang menyebabkan kelainan fungsi sumsum tulang belakang dan sistem imun. Seperti yang sudah Anda ketahui, sel darah putih diproduksi dari sumsum tulang belakang. Misalnya, penyakit kanker darah dapat memicu jumlah leukosit sampai 30.000 per mikroliter, lho.

Selain itu, jika ada memiliki terhadap alergi tertentu, sistem imun pada leukosit akan merespon alergen tersebut. Beberapa proses pengobatan seperti kortikosteroid, kebiasaan merokok, stres dan olahraga berlebihan, serta wanita hamil juga bisa menjadi penyebab leukosit Anda tinggi, lho.

Betul kan, walaupun hanya berjumlah 1% dari total volume darah, sel darah putih juga memiliki peran penting. Semoga dengan artikel ini, dapat membuat Anda mengenal leukosit lebih dalam. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

TP/PJ/MA

Referensi