Lesung Pipi dan Faktor Pembentukannya pada Manusia

Lesung pipi

Lesung pipi merupakan rongga di yang terletak di kedua sisi pipi seseorang (kanan dan kiri), dan akan terlihat jelas saat Anda berbicara, tersenyum, maupun tertawa. Lesung pipi dipercaya terbentuk karena suatu percabangan pada otot tersebut, yang normalnya tidak memiliki cabang sama sekali.

 

Go Dok Hampir semua orang setuju bahwa lesung pipi merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang terlihat sangat manis. Faktanya, banyak selebriti luar negeri maupun tanah air yang kecantikannya sangat dipengaruhi oleh lesung manis ini. Sebut saja Miranda Kerr, Jennifer Garner, Selena Gomez hingga Chelsea Olivia Wijaya, kesemuanya tampak makin menawan dengan lesung pipi natural mereka. Bahkan, karena orang sangat percaya bahwa karakter wajah ini dapat memperindah rupa, banyak yang melakukan operasi untuk memperoleh lesung pipi. Cukup mengejutkan, bukan? Nah, sebenarnya bagaimana sih lesung pipi bisa terbentuk, dan membuat manis wajah Anda? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu lesung pipi?

Lesung pipi merupakan rongga di yang terletak di kedua sisi pipi seseorang (kanan dan kiri), dan akan terlihat jelas saat Anda berbicara, tersenyum, maupun tertawa. Umumnya muncul pada semua bayi, terutama yang memiliki pipi gemuk. Namun, hanya mereka yang secara genetik memiliki lesung pipi lah yang kemudian akan tetap memilikinya hingga dewasa, bahkan hingga tua. Sementara yang tidak diwarisi secara genetis, lesung pipi akan hilang saat memasuki usia kanak-kanak.

Bagaimana seseorang bisa memiliki lesung pipi?

Banyak dari Anda yang tentu menjadi iri dengan para pemilik lesung pipi, karena wajah mereka menjadi lebih manis. Namun, tahukah Anda bahwa kondisi inii terbentuk semata-mata hanya karena suatu keabnormalan otot? Ya, menurut dr. Brent Moelleken, seorang dokter bedah plastik di California sekaligus seorang Profesor di University of California, lesung pipi adalah sebuah kelainan letak otot pada pipi Anda yang disebabkan oleh kelainan genetika. Artinya, kondisi ini diwariskan dari orangtua kepada keturunannya. Jadi, jika kedua orangtua Anda memilikinya, maka pastilah Anda juga akan memilikinya.

Ada pula beberapa teori yang berbeda tentang apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang bisa memiliki lesung pipi.  Salah satu teori menyebutkan bahwa lesung pipi terbentuk akibat adanya otot-otot yang lebih pendek di sekitar mulut. Namun, teori lain yang lebih populer adalah yang menjelaskan bahwa lesung pipi merupakan sebuah cacat pada otot wajah yang bernama zygomaticus major, yaitu sebuah otot besar di sisi-sisi wajah Anda. Lesung pipi dipercaya terbentuk karena suatu percabangan pada otot tersebut, yang normalnya tidak memiliki cabang sama sekali. Kondisi yang disebut zygomaticus ganda inilah yang membentuk sebuah lekukan kecil di kedua pipi Anda.

Lalu, bisakah lesung pipi dihilangkan, atau diciptakan?

Jawaban untuk pertanyaan yang pertama adalah tidak. Anda tidak bisa menghilangkannya, karena secara umum sifatnya permanen. Bahkan dengan melakukan bedah kecantikan seperti apapun, secara virtual lesung pipi tetap tidak bisa dihilangkan.

Jika untuk diciptakan? Tentu banyak yang meminta dan menanyakan hal ini pada para dokter bedah plastik. Pada tahun 1930, di masa lesung pipi sedang populer sebagai ikon kecantikan wajah, banyak yang percaya bahwa menekan-nekan suatu titik pada kedua sisi pipi bisa menghasilkan lesung. Karenanya, banyak anak muda mencoba menggunakan pensil untuk menekan satu titik di kedua wajah mereka. Bahkan, suatu perusahaan menciptakan mesin yang khusus dibuat untuk menekan-nekan kedua sisi pipi guna menghasilkan lesung.

Di masa kini, prosedur untuk menciptakan lesung pipi pada wajah disebut dimpleplasty. Prosedur dimulai dengan membuat sebuah irisan di dalam pipi Anda, sebelum kemudian dokter bedah membuat semacam terowongan kecil, melalui otot-otot buccinator, hingga ke permukaan bawah kulit pipi. Namun, tidak semua orang puas dengan hasil ini. Pasalnya, dokter bedah pun mengaku bahwa dimpleplasty cukup sulit dilakukan karena harus melalui berbagai otot dan jaringan di wajah yang cukup rumit. Tak hanya itu, membuat dua lekukan yang simetris dan identik di kedua belah pipi juga menjadi kesulitan tersendiri. Hasilnya, bisa saja pipi Anda justru terlihat lebih aneh dibandingkan sebelumnya, tanpa menambah kecantikan sama sekali.

Jadi, tetap tampil natural jauh lebih baik. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi