Lemak Sehat ; Jenis Lemak yang Berguna bagi Tubuh

lemak sehat

Lemak sehat diperlukan untuk mendukung fungsi normal dari tubuh dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit dan mencegah adanya penyumbatan yang sebetulnya diakibatkan oleh lemak jahat. Untuk itu, rajinlah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.

 

Go DokAnda setuju tidak kalau sejumlah pandangan menyebutkan bahwa tidak ada yang diciptakan di dunia ini yang tidak berguna.? Setuju? Nah, bagaimana dengan lemak, apakah Anda setuju kalau lemak berguna bagi manusia? Pasti sebagian dari Anda mulai mempertanyakan pandangan tersebut, kan?

Yups, secara medis memang tubuh manusia membutuhkan lemak, lho. Namun hanya jenis lemak sehat saja yang berguna bagi tubuh, ya. Nah, sayangnya, sebagian orang kurang memahami apa itu lemak sehat, akibatnya mereka berlomba-lomba melakukan segala cara agar bisa menghilangkan lemak dalam tubuh agar dapat memperoleh kondisi tubuh yang ideal. Cara pandang ini sudah tertanam secara turun temurun sejak dahulu di dalam benak masyarakat umumnya betapa keberadaan lemak sangat mengganggu bagi tubuh.

Maka dari itu catat ya, lemak memang dibutuhkan oleh tubuh Anda, dan bahkan Anda tidak bisa hidup tanpanya. Sulit dipercaya? Makanya jangan langsung takut dan simak terus ulasan berikut, ya, agar bisa lebih intim mengenal jenis lemak yang satu ini.

Mengenal pentingnya lemak bagi tubuh

Lemak merupakan komponen penting yang harus diikutsertakan dalam menu sehat sehari-hari. Faktanya, ada asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat membuat kulit halus, melarutkan vitamin, dan menyuplai energi agar fungsi tubuh tetap berjalan.

Panduan makanan Amerika Serikat yang dikeluarkan oleh kementrian pertanian setempat merekomendasikan agar orang dewasa memperoleh 20-35 persen kalorinya dari lemak. Bahkan, publikasi tersebut menyebutkan bahwa asupan kalori dari lemak tersebut tidak boleh berada pada level dibawah 10 persen.

Mitos makanan rendah lemak

Jika Anda menolak mengonsumsi lemak berarti Anda juga menolak lemak sehat yang memungkinkan fungsi tubuh berjalan normal. Jurnal Diabetes Care mengatakan bahwa lemak tidak jenuh justru mencegah penumpukan lemak di perut, lho. Anda juga tidak tahu, kan kalau lemak ini juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kardio, lho. Cukup mengejutkan, bukan?

Anda mungkin meyakini bahwa lemak yang membuat Anda terlihat gemuk berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Tapi sebenarnya itu kurang tepat. Dr. Lauren Blaue dari Life Time Athletic Club mengungkapkan bahwa lemak itu bergantung pada sumbernya, lho. Lemak yang berasal dari daging dan minyak kelapa sawit biasanya berujung pada kenaikan berat badan. Nah, yang sebenanrnya Anda butuhkan adalah lemak yang berasal dari kacang-kacangan dan olive oil.

Pentingnya lemak sehat bagi tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lemak sehat diperlukan untuk mendukung fungsi normal dari tubuh dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Penelitian membuktikan bahwa jenis lemak ini yang biasa disebut juga dengan lemak tidak jenuh mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Bahkan, justru meningkatkan kadar kolesterol baik di dalamnya.

Mengingat fungsi peredaran darah sangat vital bagi tubuh Anda dalam menyebarkan oksigen dan makanan bagi semua jaringan dalam tubuh, tentunya penyumbatan akan menjadi masalah besar, kan? Nah, jenis lemak ini mencegah adanya penyumbatan yang sebetulnya diakibatkan oleh lemak jahat. Lemak jahat terbukti dapat meningkatkan risiko gangguan peredaran darah dengan menumpuk lemak dalam salurannya. Lemak jahat pula yang harus bertanggungjawab dalam setiap kasus serangan jantung, diabetes, dan sebagainya.

Makanan yang kaya akan lemak sehat

Dalam proses mengenal apa itu lemak sehat, tentunya penting untuk mengetahui dari mana saja sumber-sumber untuk memperolehnya. Jenis lemak ini bisa Anda dapatkan di dalam kandungan lemak ikan,  kacang-kacangan, alpukat, minyak almon, dan minyak biji-bijian lain.

Setelah mengenal apa itu lemak sehat, pandangan Anda terhadap lemak mulai berubah, kan. Ternyata, tidak semua lemak itu buruk, bahkan ternyata mampu menjaga fungsi normal dalam tubuh. Jangan lupa dicatat, ya, makanan dan minuman yang menjadi sumber lemak sehat sebagai menu Anda sehari-hari.

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Malas pergi ke dokter? Gunakan saja fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi