Langkah Tepat Untuk Merawat Wajah Kusam

Merawat wajah kusam

Merawat wajah kusam agar terlihat cerah dan bercahaya tentunya dengan rajin membersihkan wajah, gunakan pelembap wajah, sebisa mungkin hindari asap rokok dan polusi, mengonsumsi vitamin, omega 3 dan antioksidan. Ingat! Jangan malas untuk melakukan perawatan secara rutin. 

 

Go Dok Tentu Anda menyadari, bahwa setiap orang memiliki tipe wajah yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang memiliki tipe wajah kering, beberapa lainnya bertipe wajah berminyak, sementara sebagian lainnya memiliki tipe wajah kombinasi. Tipe lain yang harus Anda perhatikan pula adalah tipe wajah kusam dan kering. Biasanya, mereka dengan tipe wajah ini malas untuk membersihkan wajah secara rutin, sehingga kekusamannya pun bertambah parah. Nah, lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk merawat wajah kusam dan kering?

Yuk, simak langkah-langkah merawat wajah kusam lengkapnya berikut ini!

1. Jangan malas membersihkan wajah

Tips pertama untuk merawat wajah kusam, tentu saja adalah jangan malas membersihkan wajah Anda. Tipe wajah kusam kerapkali terlihat sangat berminyak atau sangat kering saat bangun tidur, terlalu lama di luar ruangan, serta saat Anda terlalu lama tidak membersihkannya. Jangan hanya membersihkan wajah Anda satu kali dalam sehari.

Bersihkanlah setidaknya tiga kali, yaitu saat bangun tidur atau mandi, di tengah hari saat beraktivitas, serta di malam hari sebelum tidur. Ulangi hal ini secara rutin setiap harinya, agar wajah Anda terlihat lebih bersih dan bercahaya. Hindari sabun pencuci muka yang memiliki kandungan kimiawi keras, seperti alkohol dan bersihkan wajah Anda secara lembut, dengan memijatnya perlahan dan bukan menggosoknya keras.

2. Gunakan pelembap wajah

Tips kedua untuk merawat wajah kusam dan kering adalah menggunakan pelembap wajah sebelum Anda keluar rumah, dan sesaat sebelum Anda pergi tidur di malam hari. Atau, sebagai alternatif Anda juga bisa mengaplikasikan petroleum jelly yang dikatakan ampuh dalam merawat kulit dan menjadikannya tampak lebih bersih serta bercahaya. Hal ini juga bisa menghindarkan wajah Anda dari kekeringan dan kekusaman yang menyiksa. Selain itu, pelembap juga bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah. Hebat, bukan?

3. Hindari asap rokok dan polusi

Tips selanjutnya untuk merawat wajah kusam adalah menghindari polusi serta asap rokok. Ya, wajah Anda yang sudah bertipe kusam akan bertambah kusam jika Anda terlalu banyak terpapar asap polusi, asap rokok, serta debu di luar ruangan. Karenanya, hindarilah asap rokok, hindari pula kebiasaan merokok, dan gunakan masker penutup wajah saat Anda berkegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu lama. Jika perlu, cuci dan bersihkan wajah Anda sehabis berkegiatan di luar ruangan.

4. Gunakan sunsreen dan hindari panas matahari

Selain asap rokok dan polusi, bahaya yang bisa membuat kulit wajah Anda terlihat bertambah kusam adalah sinar matahari dan radikal bebasnya. Kulit kusam dan belang sangat berhubungan dengan paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, Anda tidak boleh lupa menggunakan sunscreen atau pelembap serta foundation wajah yang mengandung SPF.

Jika Anda berkegiatan dalam jangka waktu lama di luar ruangan, oleskan ulang sunscreen atau SPF pada wajah setiap 2 – 3 jam sekali. Gunakan pula topi dan masker untuk perlindungan tambahan pada wajah, dan sebisa mungkin selalu cari tempat yang teduh, terutama pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore, di mana sinar matahari sedang kuat-kuatnya.

5. Jangan lupa mengonsumsi vitamin

Siapa bilang hanya tubuh Anda yang memerlukan vitamin? Faktanya, salah satu tips untuk merawat wajah kusam adalah dengan memberikan wajah Anda vitamin yang dibutuhkannya. Sudah diketahui secara luas bahwa vitamin yang dibutuhkan untuk kulit brcahaya adalah vitamin E. Namun, tentu vitamin lain, seperti vitamin A dan C juga dapat berkontribusi penting bagi kecerahan wajah. Vitamin ini dapat Anda temukan pada berbagai macam buah dan sayuran. Jadi, jangan malas dalam mengonsumsinya, ya!

6. Konsumsilah Omega 3 dan antioksidan

Percaya atau tidak, selain membantu perkembangan otak, omega 3 juga penting untuk menjaga kulit wajah tetap cerah dan bercahaya. Bagi Anda pemiliki kulit bertipe kusam, jangan lupa untuk juga mengonsumsi omega 3, yang bisa Anda dapat dari ikan tuna dan salmon. Selain itu, kulit wajah Anda juga memerluka antioksidan guna meminimalisir kerusakan dari racun dan membantu tubuh dalam memproduksi sel-sel wajah yang sehat. Anda bisa mendapatkannya dari tomat wortel, dan kacang polong.

7. Meditasi dan yoga

Tips terakhir untuk merawat wajah kusam adalah dengan melakukan meditasi serta yoga. Ya, banyak yang tidak tahu bahwa banyak pikiran dan stres dapat membuat wajah Anda bertambah kusam dan terlihat tua. Karenanya, lepaskan beban dan stres Anda dengan meditasi serta yoga untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bercahaya.

Nah, itu dia 7 hal yang harus Anda perhatikan untuk merawat wajah kusam. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi