Langkah Tepat dalam Memilih Krim Mata

Memilih krim mata

Memilih krim mata akan disesuaikan dengan permasalahan kecantikan yang dialami. Biasanya permasalahan wajah yang membutuhkan krim mata untuk mengatasinya seperti kerutan disekitar mata, mata panda, bengkak saat bangun tidur dan kulit kering dibagian bawah mata.

Go Dok – Pernahkah Anda merasa bahwa area bawah mata Anda lebih cepat menua, dibandingkan area wajah lainnya? Ini adalah salah satu hal yang cukup wajar terjadi.

Selain merupakan bagian wajah pertama yang muncul kerutan, bagian bawah mata juga bisa menjadi kehitaman jika kurang istirahat, dan terlihat bengkak saat bangun tidur.

Tak hanya itu, kantung mata juga kerap timbul menambah masalah. Nah, untuk mengatasinya, sebagian besar wanita menggunakan krim mata yang beraneka ragam.

Bagaimana cara tepat dalam memilih krim mata?

1. Untuk menghilangkan lingkaran gelap di bawah mata

Salah satu masalah yang utama adalah timbulnya lingkaran gelap di bawah mata, yang membuat Anda tampak seperti berlebihan dalam menggunakan eye-shadow. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus memilih krim mata yang mengandung vitamin C, vitamin K, dan kafein.

Selain itu, sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih kandungan mentimun dan asam kojic yang bagus untuk mengurangi lingkar hitam. Pilih pula krim mata dengan kandungan light-reflecting guna membantu mencerahkan bagian yang menghitam. Intiplah bagian daftar kandungan bahan di kemasan krim mata untuk mengetahui hal ini, ya!

2. Untuk mengurangi kerutan

Kerutan kerap muncul di sekitar mata, terutama jika Anda tersenyum, tertawa, atau mengerut dan menyipitkan mata. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memilih krim mata yang mengandung retinol dan vitamin A.

Kedua kandungan ini dapat membantu regenarasi kulit di bagian bawah mata dan menstimulasi produksi kolagen. Hal ini akan memperbaiki garis halus serta kerutan di sekitar mata Anda, sekaligus menyembuhkan kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari.

Namun, karena retinol dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap cahaya matahari, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen setelah memakai krim mata, ya!

3. Untuk menghilangkan mata bengkak

Setelah bangun tidur, biasanya Anda akan mendapati bagian bawah mata Anda sedikit membengkak dan sayu, terutama jika Anda kurang istirahat. Kebengkakan sementara ini terbentuk saat cairan berkumpul di area bawah mata, dan juga bisa terjadi akibat alergi, kelelahan, atau diet yang tak sesuai.

Untuk mengatasinya, pilihlah krim mata yang mengandung kafein dan mentimun. Anda juga bisa memilih kandungan teh hijau, daun kamomil, serta aloe vera untuk membantu menghilangkan kebengkakan.

4. Untuk menghilangkan garis halus

Sama seperti kerutan, garis halus juga biasa muncul di area bawah mata Anda ketika tertawa, tersenyum, atau melakukan ekspresi lain yang melibatkan mata. Umumnya, garis-garis halus ini disebabkan oleh akumulasi kerusakan akibat paparan sinar matahari, kontraksi otot, serta penipisan kulit yang terjadi seiring bertambahnya usia Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih krim mata yang mengandung antioksidan, seperti vitamin E, vitamin C, ekstrak biji kopi, idebenone, ekstrak anggur, dan retinol. Kandungan aktif tersebut ampuh dalam menghaluskan serta melembutkan kulit di area bawah mata serta kelopak mata Anda.

5. Untuk melembapkan kulit sekitar mata

Kulit di sekitar mata Anda termasuk halus dan tipis, sehingga gampang kering dan pecah-pecah jika dalam cuaca dingin dan kering. Terutama saat terpapar angin dan pemanas atau pendingin ruangan yang mengurangi kelembapan kulit.

Untuk mengatasi kulit sekitar mata yang kering, Anda dapat memilih krim mata yang mengandung asam hyaluronic, jojoba, minyak argan, minyak almond, shea butter atau gliserin. Seluruh kandungan ini akan mampu mempertahankan kadar air dan kelembapan dalam kulit Anda sekaligus menciptakan pelindung yang menjaga air menguap dari kulit.

Hasilnya, kulit mata yang kering pun akan lebih sulit menampakkan wujudnya.

Nah, itu dia 5 langkah yang harus Anda perhatikan dalam memilih krim mata yang tepat. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi