Langkah-Langkah Untuk Pertolongan Pertama Kram Otot

pertolongan pertama kram otot

Go DokPertolongan pertama kram ototSaat tengah beraktivitas, baik itu berolahraga, bekerja, maupun hanya duduk santai dalam waktu lama, tiba-tiba otot kaki atau tangan Anda terasa nyeri. Padahal, Anda tidak tengah melakukan apapun yang bisa membuatnya tegang maupun kejang. Pernahkah Anda mengalami kejadian seperti itu? Nah, kejadian yang tiba-tiba ini pun sejatinya tidak diinginkan oleh tubuh Anda, dan terjadi begitu saja. Untuk mengatasinya dengan cepat, ada baiknya Anda menyimak langkah-langkah pertolongan pertama kram otot yang dianjurkan.

Berikut poin lengkap pertolongan pertama kram otot yang bisa Anda praktikkan:

– Pertama hentikan aktivitas Anda

Langkah pertolongan pertama kram otot yang paling awal adalah menghentikan aktivitas apapun yang tengah Anda lakukan. Tenangkan diri Anda, meskipun otot terasa sakit, tarik napas dalam-dalam untuk meredakan sakitnya. Biasanya, kram otot hanya berlangsung selama satu atau beberapa menit. Namun, tidak menutup kemungkinan kondisi ini bisa berlangsung selama berjam-jam.

– Kedua, regangkan dan pijat otot Anda

Langkah pertolongan pertama kram otot yang selanjutnya adalah dengan meregangkan kaki atau tangan, atau bagian tubuh lainnya yang terserang kram otot. Setelah diregangkan, pijat lembut bagian tersebut dengan perlahan. Jika bagian yang terkena adalah kaki, berdirilah dan bebankan berat tubuh Anda pada kaki tersebut dan tekuk secara perlahan. Jika Anda tak sanggup berdiri, duduklah dan luruskan kaki yang kram. Jangan lupa, pijat lembut pula bagian ini secara perlahan.

– Ketiga, kompres bagian tubuh yang mengalami kram dengan handuk hangat atau es

Langkah pertolongan pertama kram otot yang ketiga adalah dengan mengompres bagian tubuh yang mengalami kram. Gunakan handuk atau kompres hangat pada otot yang tegang. Sebagai alternatif, Anda juga bisa berendam di dalam air hangat atau mengguyur bagian otot yang kram dengan air hangat. Selain itu, Anda bisa pula memilih mengompresnya dengan es sembari memijat lembut bagian tubuh yang terkena kram otot. Hal-hal ini kemungkinan besar bisa mengurangi rasa nyeri yang menyerang.

– Keempat, oleskan salep atau krim analgesik

Jika perlu, belilah krim atau salep analgesik di apotek terdekat, dan oleskan di bagian yang terkena kram. Hal ini bisa mempercepat kesembuhan Anda dari kram otot, meskipun sedikit membutuhkan waktu.

– Kelima, minumlah oralit

Di saat yang sama dengan Anda memijat dan mengoleskan salep atau krim analgesik, minumlah pula larutan air garam. Jika perlu, tambahkan pula sedikit gula. Hal ini dapat membantu tubuh Anda dalam memulihkan otot-otot yang tegang akibat kram.

– Keenam, minumlah air dengan jumlah cukup

Seringkali, kram otot terjadi karena Anda menderita dehidrasi saat berolahraga. Karenanya, setelah kaki atau tangan dipijat dan dioleskan salep, minumlah pula cukup cairan. Hal ini dilakukan guna mengatasi dehidrasi penderita kram.

– Ketujuh, konsumsilah vitamin

Vitamin B kompleks dan magnesium diperlukan tubuh untuk memulihkan diri. Meskipun tidak wajib, namun jika vitamin yang dibutuhkan tersedia dan untuk berjaga-jaga, konsumsilah pula vitamin yang dibutuhkan tubuh tersebut.

– Terakhir, berobat ke dokter

Jika kram otot yang Anda derita tidak juga pulih setelah berjam-jam atau sehari lebih, maka langkah pertolongan pertama kram otot yang harus Anda lakukan dengan memeriksakan diri ke dokter terdekat. Pasalnya, bisa saja kram otot ini merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Selain itu, dokter juga bisa langsung memberikan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama kram otot yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi