Lakukan Hal Ini Untuk Menghilangkan Varises

menghilangkan varises

Menghilangkan varises tidak perlu dilakukan dengan menjalani perawatan medis jika memang varises tidak benar-benar mengganggu kesehatan. Ada beberapa hal untuk membantu menghilangkannya seperti berhenti mengenakan celana yang terlalu ketat hingga memperbaiki pola makan.

Go Dok Ah, varises. Kebanyakan dari Anda tentunya sudah cukup akrab dengan istilah yang satu ini. Apalagi jika Anda sudah berumur paruh baya, atau di usia senja. Tentunya garis-garis otot ungu-kebiruan ini akan semakin merambah ke mana-mana, khususnya di bagian paha, bokong, betis, dan kaki secara keseluruhan.

Tergoda untuk menghilangkannya? Jika iya, yuk simak penjelasan lengkap mengenai cara untuk menghilangkan varises berikut ini!

Apa itu varises?

Sebelum mengetahui cara-cara untuk menghilangkan varises, ada baiknya Anda memahami terlebih dulu tentang apa itu varises. Sejatinya, varises merupakan jelmaan dari katup-katup nadi pada peredaran darah yang tidak lagi kompeten dalam melakukan tugasnya.

Normalnya, urat-urat darah halus akan mengantarkan darah dari seluruh Anda kembali ke jantung, sehingga darah bisa diputar kembali ke peredaran. Untuk mengembalikan darah ke jantung, urat-urat nadi di kaki Anda harus bekerja melawan gravitasi.

Saat beberapa urat-urat nadi tidak kuat, atau tidak sanggup melakukan hal ini, darah akan mengumpul di dalam urat tersebut, tidak kembali ke jantung. Hal inilah yang menimbulkan varises, di mana garis-garis nadi tampak jelas karena darah berkumpul di sana.

Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan varises?

Untungnya, untuk menghilangkan varises, Anda tidak perlu menjalani perawatan medis jika memang varises tidak benar-benar mengganggu kesehatan. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk membantu menghilangkannya, seperti :

1. Berhenti mengenakan celana terlalu ketat

Varises merupakan hasil dari ketidaksanggupan urat-urat nadi Anda bekerja dalam mengembalikan darah ke jantung. Nah, menggunakan celana jeans yang terlalu ketat setiap harinya tidak akan membantu mengurangi hal ini. Karenanya, gunakan celana yang lebih longgar atau rok, untuk mencegah varises bertambah parah.

2. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama

Usahakan untuk berdiri sesekali saat Anda duduk di kantor, atau duduk sesekali saat Anda harus berdiri dalam jangka waktu lama. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah varises bertambah parah.

3. Berolahraga

Salah satu cara untuk menghilangkan varises adalah berolahraga secara aktif. Pasalnya, berolahraga rutin dapat memperbaiki sirkulasi peredaran darah Anda. Jika hal ini dilakukan, darah yang terkumpul dalam urat-urat nadi yang rusak bisa saja kembali ke jantung.

Anda cukup melakukan olahraga ringan, seperti berenang, bersepeda, yoga, berjalan santai, atau melakukan peradangan guna kembali melancarkan peredaran darah sehingga pada akhirnya menghilangkan varises.

4. Menggunakan compression stockings

Compression stockings merupakan salah satu alat untuk menghilangkan varises yang dapat Anda beli di apotik terdekat. Stocking jenis ini akan menekan otot-otot dan urat nadi di kaki Anda tanpa merusaknya lebih jauh.

Alat ini dirancang untuk membantu otot-otot kaki Anda mendorong darah ke arah atas, agar bisa kembali ke jantung. Anda bisa mengenakannya di pagi hari sebelum bangun dari tempat tidur.

Angkatlah kedua kaki Anda ke udara sembari memakainya, dan tarik stocking secara bersamaan, namun jangan sampai menyakiti daerah kemaluan Anda.

Pakailah stocking ini sepanjang hari dan angkat kedua kaki Anda beberapa kali dalam sehari, masing-masing selama 10 – 15 menit demi mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Perbaiki pola makan

Cara terakhir untuk menghilangkan varises adalah dengan merubah pola makan Anda. Gantilah menu sehari-hari Anda dengan makanan yang kaya serat (gandum sayur mayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan), makanan yang kaya potasium (yoghurt, tuna, daging ayam, salmon , jeruk), serta makanan yang kaya akan flavonoids (bawang merah, bawang putih, bayam, brokoli, cokelat, anggur, apel).

Pasalnya, ketiga kandungan tersebut dapat membantu dalam memperlancar peredaran darah ke jantung dan memperkuat urat-urat nadi Anda dalam bekerja.

Nah, itu dia 5 cara untuk menghilangkan varises yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi