Ladies, Mari Mengenal Ciri Vagina Sehat

ciri vagina sehat

Ciri vagina sehat ; maslaah kesehatan vagina dapat mempengaruhi kesuburan, gairah seks, serta kemampuan Anda dalam mencapai orgasme. Jika dibiarkan, masalah ini bisa menyebabkan stres dalam hubungan percintaan Anda, serta mempengaruhi kepercayaan diri di depan suami.

 

Go Dok – Bagi seorang wanita, kesehatan organ reproduksi merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya adalah kesehatan vagina Anda, yang tentunya harus dijaga dengan kesadaran penuh. Pasalnya, maslaah kesehatan vagina dapat mempengaruhi kesuburan, gairah seks, serta kemampuan Anda dalam mencapai orgasme. Jika dibiarkan, masalah ini bisa menyebabkan stres dalam hubungan percintaan Anda, serta mempengaruhi kepercayaan diri di depan suami. Tentu Anda tak mau hal tersebut terjadi, bukan? Nah, karena itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa ciri vagina sehat berikut ini sebagai referensi.

Apa saja ciri vagina sehat?

1. Mengeluarkan cairan yang normal

Salah satu ciri vagina sehat adalah mengeluarkan cairan yang sifatnya tergolong normal. Ya, suka atau tidak, vagina Anda akan secara teratur mengeluarkan sejenis cairan yang berfungsi sebagai sarana pembersihan vagina. Cairan yang tergolong normal umumnya berwarna putih bening hingga putih susu, dengan tekstur kental hingga encer. Jumlah dan volumenya bisa beragam, dan akan bergantung pada siklus menstruasi Anda. Biasanya, cairan yang keluar akan lebih banyak jika Anda sedang berovulasi, menyusui, atau terangsang secara seksual. Hal ini tentu dapat dikatakan normal.

Namun, jika cairan vagina memiliki warna dan jumlah yang tidak biasa, mulai dari putih kekuningan, kuning, abu-abu, cokelat, hingga merah, maka kemungkinan besar vagina Anda mengalami masalah kesehatan, seperti infeksi atau kondisi lain. Karenanya, Anda harus memeriksakannya ke dokter sesegera mungkin.

2. Memiliki bau ringan

Ciri vagina sehat lainnya adalah mengeluarkan aroma atau bau yang ringan, alias tidak terlalu kuat. Ya, cairan yang keluar dari vagina akan memiliki aroma ringan, atau bahkan tidak beraroma sama sekali. Jika cairan tersebut berbau amis atau beraroma lebih kuat dari biasanya, maka ada kemungkinan vagina Anda menderita infeksi bakteri, jamur, atau masalah kesehatan lainnya. Meski begitu, ada kalanya vagina memang berbau lain, salah satunya saat hamil, dan hal ini tidak perlu Anda khawatirkan.

3. Bertekstur halus

Ciri vagina sehat yang ketiga adalah permukaannya bertekstur halus dan mulus. Jika saat memegang atau meraba bagian luar dan dalam vagina, Anda merasakan adanya benjolan, semacam jerawat, ataupun tekstur bintik-bintik, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Pasalnya, ini bisa menjadi salah satu tanda infeksi bakteri pada vagina.

4. Tidak gatal dan kering

Tahukah Anda bahwa gatal-gatal dan kering merupakan salah satu tanda bahwa vagina Anda tidak sehat? Ya, vagina yang sehat tidak akan terasa gatal dan akan selalu terasa lembap. Jika vagina Anda terasa kering dan panas, maka hal ini bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah kesehatan, ditambah jika terasa gatal. Hal ini juga bisa menjadi tanda adanya iritasi, yang diiringi munculnya bentol dan kemerahan. Untuk memastikan hal ini, Anda dapat menggunakan cermin untuk melihat vagina, guna mengecek adanya bercak kemerahan yang terasa gatal.

Lalu, bagaimana cara memastikan ciri vagina sehat?

Anda bisa memastikan bahwa vagina Anda sehat dengan melakukan pemeriksaan sendiri di rumah. Hal ini bisa menjadi langkah pencegahan adanya infeksi atau masalah kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti :

  • Pastikan kedua tangan, jari-jari, dan kuku-kuku Anda bersih, dengan mencucinya terlebih dulu, jika perlu dengan menggunakan sabun antiseptik.
  • Pastikan pula Anda telah membersihkan vagina, dengan sabun khusus pembersih vagina yang mengandung pH sesuai.
  • Siapkan sepotong cermin kecil, senter kecil, bantal, dan handuk yang bersih.
  • Pastikan Anda berada pada tempat dan lingkungan yang bersih saat melakukan hal ini.
  • Bukalah celana Anda, dan duduklah di atas tempat tidur atau handuk yang telah disiapkan, dan bersandarlah pada dinding dengan bantal sebagai pengganjal punggung Anda.
  • Bukalah kedua kaki Anda dengan lebar, dan lemaskan otot-otot panggul Anda. Lalu rabalah seluruh bagian vagina Anda dengan menggunakan jari jemari tangan.
  • Perhatikan jika ada cairan yang keluar dan dengan menggunakan cermin, lihatlah seluruh bagian vagina Anda. Gunakan jari untuk membuka bagian-bagian yang tertutup klitoris dan rambut kemaluan.
  • Perhatikan jika terasa ada tekstur benjolan, bintik-bintik halus, atau bentol saat Anda meraba vagina. Perhatikan pula aroma atau bau yang menguar dari kemaluan Anda.
  • Sesuaikan pengamatan Anda dengan ciri vagina sehat yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika ada yang tidak normal, segeralah buat rencana untuk memeriksakan diri ke dokter.
  • Setelah selesai, pakai kembali celana dalam Anda, dan cucilah tangan hingga bersih.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan guna mengenal ciri vagina sehat. Ingat, lakukan pemeriksaan vagina sendiri di rumah secara rutin (2 – 4 minggu sekali), ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi