Kram Perut saat Hamil; Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

kram perut saat hamil

Go Dok- Kram perut saat hamil- Kehamilan merupakan momen yang sangat berharga bagi seorang wanita yang telah menikah. Suka cita tidak hanya dirasakan calon orang tua bayi saja, melainkan seluruh keluarga besar. Namun, momen kehamilan ini juga menjadi tantangan besar bagi calon ibu karena akan ada banyak hal yang dialami ketika si jabang bayi dalam kandungan, mulai dari yang menyenangkan hingga yang menyakitkan. Ngidam, mual, dan kram perut adalah contoh gejala umum yang dialami ibu hamil. Kram perut adalah salah satu hal yang umum terjadi ketika masa kehamilan. Namun, tahukah Bunda apa saja penyebab kram perut saat hamil tersebut? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ulasan kram perut saat hamil seputar penyebab dan cara mengatasinya!

1. Gas

Penyebab kram perut saat hamil yang pertama banyaknya gas terbentuk akibat pengendapan makanan. Selama kehamilan, seorang  wanita mengalami peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan otot usus menjadi rileks dan memperpanjang waktu untuk makanan melewati usus. Hal ini memungkinkan ada banyak gas yang terbentuk akibat pengendapan makanan di usus. Gas inilah yang kemudian menyebabkan sakit perut yang teramat menyiksa karena gas tersebut terjebak di suatu area atau bahkan menyebar sepanjang perut, punggung, dan dada.

Cara mengatasi:

Untuk mengatasi kram perut saat hamil yang disebabkan oleh banyaknya gas dalam tubuh. Makanlah beberapa makanan kecil sepanjang hari. Jangan lupa untuk tetap meminum air putih yang cukup. Hindari makanan dan minuman yang memicu gas. Jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga meskipun tengah mengandung, ya Bunda!

2. Peregangan pada ligamen dan otot penopangnya

Terdapat dua ligamen bulat besar yang melingkar dari rahim ke selangkangan. Pada trisemester pertama dan kedua, kram perut saat hamil sering terjadi akibat adanya pertumbuhan pada si jabang bayi. Selain itu, kram pun bisa muncul ketika calon ibu sedang bersin atau batuk.

Cara mengatasi:

Berlatihlah untuk bangun perlahan jika Bunda sedang duduk atau berbaring. Jika ditambah batuk atau bersin, tekuk dan lenturkan area pinggul Bunda untuk menurunkan tekanan pada ligamen. Coba pula untuk berandam dalam bak air hangat atau menempatkan botol berisi air panas yang dibungkus handuk di bagian perut Bunda yang sakit.

3. Sembelit atau konstipasi

Sembelit adalah keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Gejala ini sering dialami oleh ibu hamil akibat fluktuasi hormon, kurang serat, kurang olahraga, bahkan kecemasan. Sembelit bisa menyebabkan rasa sakit yang teramat pada ibu hamil.

Cara mengatasi:

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat. Minumlah air putih yang cukup. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat pencahar perut karena beberapa merk sangat tidak dianjurkan selama kehamilan.

4. HELLP Sindrom

Kram perut saat hamil yang terakhir disebabkan oleh HELLP Sindrom. Apakah itu? HELLP sindrom merupakan akronim dari hemolysis, elevated liver enzimes, dan low platelets. Tiga hal ini adalah komplikasi yang mengancam jiwa Bunda. Namun, belum jelas apa penyebab sindrom HELLP ini. Hanya diketahui bahwa HELLP lebih sering dialami oleh wanita yang pertama kali mengalami kehamilan. Beberapa gejala umum HELLP adalah kram perut  pada bagian kanan atas perut yang biasanya disertai pula dengan sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, pandangan kabur, tekanan darah tinggi, edema, dan pendarahan.

Cara mengatasi:

Segera hubungi dokter atau tenaga medis lainnya jika Bunda mengalami gejala kram perut akibat HELLP. Jika penanganan tidak tepat dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian.

Nah, Bunda ulasan di atas adalah empat dari sekian banyak penyebab terjadinya kram perut saat hamil. Kram perut adalah gejala normal pada saat hamil. Namun jika rasa sakit tak tertahankan dan disertai dengan gejala lain, segeralah hubungi dokter untuk memastikan kondisi Bunda dan si jabang bayi baik-baik saja.

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi

Cramping During Pregnancy


https://www.healthline.com/health/pregnancy/gas-pain-during-pregnancy
http://www.newkidscenter.com/Upper-Abdominal-Pain-During-Pregnancy.html
https://www.webmd.com/baby/understanding-pregnancy-discomforts-treatment#1