Kolitis , Peradangan  Saluran Usus Hingga Dubur

Kolitis

Kolitis merupakan kondisi dimana saluran usus hingga dubur mengalami pembengkakan. Penyakit ini termasuk ke dalam salah satu dari Penyakit Pembengkakan Saluran Pencernaan (Inflammatory Bowel Disease).

 

Go DokMungkin sebagian dari Anda berpikir, jika sakit perut melanda maka ada gangguan yang disebabkan asam lambung atau gejala menstruasi pada wanita. Namun, pernahkah Anda merasakan sakit perut yang sangat menyiksa di daerah usus? Hati-hati, bisa jadi, saluran usus Anda mengalami pembengkakan. Jika hal tersebut terjadi, mungkin Anda menderita apa yang disebut kolitis.

Pembengkakan usus atau apa yang biasa disebut dengan kolitis mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang, setidaknya jika dibandingkan dengan gangguan asam lambung, kan. Sayangnya, minimnya pengetahuan masyarakat terhadap penyakit ini membuat mereka kurang paham kalau hal ini bisa berkembang menjadi  kanker usus, lho. Makanya, si penderita harus segera ditangani agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yuk, kita sama-sama mengenal penyakit ini. Harapannya, agar penanganan yang cepat dan tepat bisa dilakukan jika gejala tersebut menyerang Anda atau kerabat Anda. Yuk, cek ulasan berikut ini!

Apa sih yang disebut dengan kolitis?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kolitis merupakan kondisi dimana saluran usus hingga dubur mengalami pembengkakan. Nah, penyakit ini termasuk ke dalam salah satu dari Penyakit Pembengkakan Saluran Pencernaan (Inflammatory Bowel Disease).

Saat kelainan tersebut menyerang, gejalanya hanya terlihat seperti bisul kecil yang tumbuh di bagian usus. Bisul kecil ini biasanya muncul di sekitar dubur dan memungkinkan menyebar ke saluran sebelumnya, bahkan hingga memenuhi seluruh permukaan usus, lho.

Agar dapat lebih dekat mengenal apa itu kolitis, tentunya Anda ingin mengetahui masalah apa saja yang bisa disebabkan oleh bisul-bisul kecil ini, kan. Untuk kondisi terburuknya, bisul ini bisa saja pecah dan mengeluarkan darah atau nanah. Mengerikan, ya?

Apa yang bisa membuat kolitis muncul?

Mengetahui penyebab suatu penyakit itu penting agar Anda dapat menghindari hal-hal yang dapat merangsang munculnya kelainan tersebut. Namun sayangnya, penyebab pasti kolitis ini masih belum diketahui secara pasti. Tapi, sejumlah peneliti membuktikan bahwa penyakit ini sangat dipengaruhi oleh genetik, lingkungan, dan sistem imun.

Apa saja ya, gejalanya?

Gejalanya bervariasi mulai dari gejala ringan hingga berat. Namun, lebih dari setengah jumlah pasien kasus kolitis mengaku bahwa mereka tidak terlalu menderita dengan gejala yang dialami. Gejala-gejala yang sering dialami di antaranya:

  • Mulas
  • Perut sering berbunyi
  • Pendarahan pada feses
  • Muntaber
  • Nyeri pada dubur.

Selain itu, ada juga beberapa gejala lain di luar saluran pencernaan, yakni:

  • Berat badan turun drastis
  • Mual dan tidak nafsu makan
  • Pembengkakan pada mata
Bagaimana kita menangani kolitis?

Biasanya penanganannya memerlukan pengawasan dokter, lho. Artinya, kemungkinan besar pasien harus menjalani rawat inap untuk menghindari dehidrasi parah dan kekurangan elektrolit yang disebabkan oleh muntaber. Jika ada pendarahan parah terjadi pada pasien, dia terpaksa harus menjalani operasi.

Nah, karena sekarang Anda sudah lebih mengenal apa itu kolitis, jangan ragu lagi untuk segera konsultasi ke dokter jika ada masalah di perut Anda, sebelum masalah tersebut berkembang makin parah. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati, kan?

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

RZ/TP/PJ/MA

Referensi