Kiddie diet atau yang Dikenal dengan Baby Food Diet

kiddie diet

Kiddie diet lebih populer dengan sebutan Baby Food Diet, merupakan suatu jenis diet yang dilakukan dengan mengonsumsi dua hingga beberapa porsi makanan bayi dalam sehari. Pengaturan pola makan ini akan memotong asupan kalori Anda dan mengontrol porsi makan.

Go DokKiddie diet? Apa itu? Seperti halnya diet okinawa, diet bakteri, dan diet detoks, diet kiddie memang merupakan salah satu jenis program diet yang kurang populer di Indonesia. Meski begitu, jangan salah.

Di luar negeri, terutama Amerika Serikat, para selebriti Hollywood mengklaim kiddie diet sebagai rahasia tubuh indah mereka. Tak hanya itu,jenis diet ini juga dikatakan mampu menurunkan berat badan secara cepat.

Penasaran? Mari mengenal diet ini lebih jauh melalui penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu Kiddie diet?

Kiddie diet atau yang sebenarnya lebih populer dengan sebutan Baby Food Diet, merupakan suatu jenis diet yang dilakukan dengan mengonsumsi dua hingga beberapa porsi makanan bayi dalam sehari. Pengaturan pola makan ini akan memotong asupan kalori Anda dan mengontrol porsi makan.

Namun tentu Anda tidak harus mengganti seluruh menu dengan makanan bayi. Anda bisa mengonsumsi makanan bayi untuk sarapan dan makan siang, sementara untuk makan malam Anda mengonsumsi menu sehat yang rendah lemak.

Apa saja aturan mainnya?

Untuk mengenal kiddie diet, tentu Anda juga harus mengetahui aturan mainnya. Kiddie diet mengharuskan Anda untuk mengganti menu biasa dengan makanan bayi, dalam dua kali waktu makan.

Biasanya, Anda harus mengganti sarapan dan makan siang. Sementara untuk makan malam, Anda bisa tetap mengonsumsi makanan orang dewasa, yang tentunya rendah-lemak dan kaya serat.

Nah, jumlah makanan bayi yang dikonsumsi dalam dua waktu makan tersebut tidak ditentukan secara pasti, Anda bisa memakan hanya 2 – 4 porsi makanan bayi, meskipun beberapa orang juga mengonsumsi hingga 14 porsi makanan bayi.

Ingatlah, bahwa Anda setidaknya membutuhkan 2.200 kalori dalam sehari, dan satu porsi makanan bayi hanya mengandung sekitar 20 – 100 kalori.

Apa saja menu yang tersedia?

Seluruh makanan bayi yang dijual di pasaran, dengan berbagai varian rasa dan kandungan nutrisi, adalah menu yang harus dipilih selama menjalani kiddie diet. Selain itu, untuk makan malam, Anda bisa tetap mengonsumsi menu sehat, dan tidak makan berlebihan.

Berhasilkah diet ini?

Jika Anda sekarang sudah berhasil mengenal kiddie diet secara garis besar, tentu Anda tahu bahwa jawabannya adalah Ya. Diet ini jelas akan berhasil, sebab menjalaninya berarti Anda memotong asupan kalori dalam sehari.

Memang, ada yang berhasil mengonsumsi hingga 14 porsi makanan bayi untuk memenuhi kebutuhan kalori, namun kebanyakan orang lainnya tidak berhasil. Anda biasanya akan mentok pada porsi ke-7 atau ke-9 karena rasanya yang tidak sesedap makanan o

rang dewasa. Hal ini akan mengurangi asupan kalori, dan tubuh akan mengganti energi yang dibutuhkan dengan membakar lemak di tubuh Anda. Jadi, jangan heran jika diet ini berhasil dengan cepat.

Namun, apakah diet ini direkomendasikan?

Sebetulnya tidak terlalu direkomendasikan. Pasalnya, jika dipraktikkan dalam jangka panjang, diet Kiddie bisa berbahaya. Makanan bayi sejatinya dibuat dan didesain untuk bayi, untuk sistem pencernaan mereka yang belum berkembang sempurna, untuk gigi bayi, dan untuk kebutuhan kalori bayi yang lebih kecil dibanding Anda.

Karenanya, Anda bisa saja menderita ketidakseimbangan nutrisi, serta cepat merasa lapar lagi (karena tidak mengunyah). Jadi, diet ini mungkin bagus untuk penurunan berat badan secara cepat, namun tidak untuk dipraktikkan selamanya, ya!

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam mengenal kiddi diet. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi