Khasiat Masker Kefir untuk Kesehatan Kulit Anda

Khasiat masker kefir

Khasiat masker kefir ; Kefir, yang digunakan sebagai masker, merupakan suatu minuman fermentasi yang memiliki rasa layaknya yoghurt. Bahan dasar dari kefir adalah suatu adonan kombinasi dari ragi, protein susu, dan bakteri. Banyaknya kandungan vitamin serta mineral, masker ini memiliki banyak manfaat.

 

Go Dok – Belakangan ini, masker kefir tengah naik daun, dan banyak dijadikan alternatif sebagai pengganti masker lumpur atau arang. Namun, meskipun kerap memakainya secara rutin, banyak yang kurang tahu tentang kandungan masker ini. Kefir, yang digunakan sebagai masker, sejatinya merupakan suatu minuman fermentasi yang memiliki rasa layaknya yoghurt. Bahan dasar dari kefir adalah suatu adonan yang merupakan kombinasi dari ragi, protein susu, dan bakteri. Nah, dengan banyaknya vitamin serta mineral di dalam kefir, masker ini memiliki banyak manfaat.

Berikut adalah beberapa khasiat masker kefir untuk kulit Anda :

1. Mencegah datangnya keriput

Khasiat masker kefir yang pertama adalah untuk mencegah datangnya keriput di wajah Anda. Ya, seiring bertambahnya usia, tanda penuaan yang pertama akan muncul biasanya adalah keriput. Namun, hal ini nyatanya bisa dicegah dengan pemakaian masker kefir secara rutin. Pasalnya, kefir mengandung suatu jenis asam laktat bernama Alpha Hydroxyl Acid (AHA), yang mampu menyeimbangkan kadar pH di dalam tubuh Anda. Hal inilah yang akan mengurangi risiko munculnya keriput, serta memperlambat proses penuaan wajah Anda. Ditambah lagi, AHA juga mampu merontokkan sel-sel kulit mati di wajah secara efektif.

2. Membersihkan wajah dari debu dan kotoran

Khasiat masker kefir yang kedua adalah membersihkan wajah Anda dari debu dan kotoran yang bisa menyebabkan terbentuknya jerawat serta komedo. Kandungan bakteri Lactobacilli di dalam kefir mampu membersihkan wajah secara menyeluruh, serta menjaga keelastisannya sehingga kulit selalu tampak segar dan kencang. Hebat, bukan?

3. Mencegah kulit kusam dan kering

Salah satu masalah bagi Anda yang tinggal di ibukota, adalah wajah seringkali menjadi kusam dan kering akibat polusi di luar ruangan. Nah, masker kefir bisa mengatasi hal ini dengan kandungan asam aminonya, yang merupakan komponen penting dalam menjaga kulit tetap terhidrasi. Asam amino ini juga dapat berperan sebagai antioksidan yang menghindarkan kulit Anda dari kekusaman dan kekeringan. Jangan lupa bahwa masker kefir dapat membersihkan wajah dari debu dan substansi lainnya yang juga berpotensi membuat wajah kusam.

4. Mencegah datangnya jerawat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu khasiat masker kefir adalah kemampuannya membersihkan wajah secara menyeluruh sehingga mengusir debu dan kotoran yang berpotensi menjadi jerawat dan komedo. Selain itu, kefir juga dipercaya dapat menormalkan proses pencernaan di dalam tubuh, yang juga mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Saat racun-racun tubuh dikeluarkan melalui jalur pencernaan yang lancar, dan tidak menumpuk di dalam tubuh, maka jerawat pun tidak akan mudah tumbuh.

5. Menguatkan akar dan batang rambut

Selain baik untuk kulit wajah, masker kefir ternyata juga memiliki khasiat tersendiri bagi kulit kepala Anda. Kandungan kalsium dari susu sebagai bahan dasar kefir mampu menjaga kekuatan serta kepadatan helai-helai rambut. Selain itu, kandungan protein serta biotin di dalamnya juga mampu memulihkan rambut yang rusak dan rapuh, mencegah rambut bercabang, serta menutrisi dan menjaga rambut Anda tetap kuat.

6. Menyuburkan rambut

Khasiat masker kefir yang terakhir adalah untuk menyuburkan rambut, jika Anda menggunakannya sebagai masker rambut alami. Pasalnya, kandungan kalsium di dalam kefir mampu menjaga kelebatan rambut. Selain itu, kandungan vitamin B12 dalam kefir juga dapat mendorong pertumbuhan rambut Anda, sekaligus mencegah rambut bercabang dan kerontokkan. Luar biasa, bukan?

Nah, itu dia 6 khasiat masker kefir untuk kesehatan kulit wajah dan kulit kepala Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi