Ketahui  Pertolongan Pertama Luka Tertusuk

Pertolongan pertama luka tertusuk

Pertolongan pertama luka tertusuk ; Bagi Anda yang dihadapkan pada kondisi dimana Anda bertemu dengan orang yang menderita luka tusuk, yang harus Anda lakukan adalah jangan panik! Cara menanganinya Anda bisa praktikkan langkah pertolongan pertama pada luka tusuk ini.

 

Go DokMenyaksikan seseorang dengan luka tertusuk, apalagi saat benda tajam yang menusuknya masih tertancap, tentu merupakan sebuah gambaran yang mengerikan. Tentunya jarang dari Anda yang mengalami kejadian ini. Namun, jika kejadian tak menguntungkan ini terjadi di depan mata Anda, atau Anda tanpa sengaja bertemu dengan mereka yang menderita luka tusuk, pastikan Anda tahu cara menanganinya. Sebab, bisa saja hidup dan mati orang tersebut bergantung pada kemampuan Anda dalam memberikan pertolongan pertama.

Mari simak langkah-langkah pertolongan pertama luka tertusuk berikut ini!

  • Perhatikan area yang terluka atau tertusuk,jika area yang terkena luka dalam maupun tusukan adalah area dada, perut, mata atau wajah, segera cari pertolongan medis. Hubungi rumah sakit terdekat, sebutkan lokasi Anda dengan jelas, dan minta ambulans segera datang. Atau jika memungkinkan, Anda bisa pula segera membawa orang yang terluka dengan kendaraan.
  • Jangan cabut atau melepaskan benda tajam yang menancap!Ingat, hal ini haruslah Anda hindari, jika senjata tajam masih menancap pada luka korban. Pasalnya, benda tersebut mungkin satu-satunya hal yang menahan pendarahan keluar lebih banyak.
  • Singkirkan pakaian, kain, atau benda lain di sekitar luka, seperti kotoran atau pasir. Hal ini untuk menghindarkan benda-benda kecil masuk ke dalam luka yang terbuka. Namun, jangan repot-repot membersihkan setiap debu kecil, karena tugas pertama adalah untuk menghentikan pendarahan.
  • Tekan luka yang terbuka dan mengalami pendarahan, jika tidak ada benda yang menancap pada luka dalam. Letakkan sebuah perban, atau kain bersih yang ada di sekitar Anda di atas luka tersebut. Tekan kain tersebut dengan lembut menggunakan telapak tangan Anda untuk mengontrol pendarahan. Tetaplah menekan area tersebut, hingga pendarahan berhenti. Jika tidak bisa terus menekan, Anda bisa mengikatkan kain atau perban pada luka tersebut. Namun ingat! Jangan lakukan penekanan secara langsung jika luka terletak pada area mata atau jika benda tajam masih menancap.
  • Angkat area yang terluka hingga posisinya berada di atas jantung,jika memungkinkan dan apabila luka tersebut terdapat pada bagian kaki.
  • Baringkan korban, jika memungkinkan, selimuti korban dengan selimut, jaket, atau apapun, guna mencegah hilangnya panas tubuh.
  • Jangan lepaskan perban atau kain yang menahan pendarahan,apabila darah merembes dan membasahi kain tersebut, tambahkan perban atau kain lain di atasnya. Jangan membuka perban, dan tetaplah beri tekanan pada area yang terluka hingga pendarahan berhenti atau hingga bantuan medis datang.
  • Jangan gerakkan bagian tubuh yang terluka sebisa mungkin. Tetap beri tekanan pada area yang mengalami pendarahan, jangan lepaskan perban, dan segera bawa korban yang terluka ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.
  • Jangan panik, dan tenangkan korban, karena kepanikan yang berlebihan mungkin bisa membuat pendarahan korban lebih deras. Tetaplah berpikir jernih, hilangkan kegugupan, dan segera cari pertolongan medis.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama luka tertusuk yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA