Ketahui Nama-Nama Ruangan Penting di Rumah Sakit

Ruangan penting di Rumah Sakit

Ruangan penting di Rumah Sakit mungkin tidak semua memahami dan mengenalnya dengan baik apalagi ruangan dengan singkatan yang membingungkan seperti IGD, UGD, ICU, CCU, PACU, CCU, NICU, PICU dan lain sebagainya.

Go Dok Semua orang tahu kalau rumah sakit adalah tempat untuk berobat ketika mengalami penyakit tertentu atau membutuhkan penanganan cepat pada situasi darurat. Namun, banyak orang tidak tahu tentang nama-nama ruangan atau singkatan dari nama ruangan di rumah sakit. Terkadang nama-nama yang berupa singkatan ini bisa jadi membingungkan bagi orang awam.

Berikut ini nama-nama ruangan penting di rumah sakit beserta penjelasannya!

 1. UGD atau IGD

Unit Gawat Darurat atau Instalasi Gawat Darurat adalah bagian ruang penting di Rumah Sakit yang mengkhususkan dalam pengobatan darurat. Ruangan ini menjadi garda perawatan terdepan bagi pasien darurat di rumah sakit. Seseorang biasanya datang ke UGD menggunakan ambulans atau kendaraan pribadi.

Dikarenakan penyebab sebuah insiden yang tidak direncanakan sangat banyak, staf UGD harus mampu mengobati dan merawat beragam penyakit dan cidera. UGD memang ditunjukkan untuk cidera atau penyakit yang harus segera ditangani atau mengancam nyawa.

Pasien dengan kondisi darurat ini tidak boleh dibiarkan menunggu ditangani oleh petugas penyedia layanan kesehatan utama.

2. ICU atau CCU

Intensive Care Unit atau unit perawatan intensif merupakan ruangan penting di rumah sakit untuk pasien dengan penyakit kritis yang dirawat oleh dokter spesialis. ICU juga mungkin disebut sebagai CCU (Critical Care Unit) atau unit perawatan kritis.

Pasien yang dimasukan ke unit ini memerlukan pemantauan ketat dan peralatan khusus. Peralatan ini bisa beragam tergantung kebutuhan pasien, namun mungkin termasuk ventilator untuk membantu pernapasan pasien hingga mereka cukup stabil untuk bernapas sendiri.

ICU umumnya memiliki aturan kunjungan yang lebih ketat dari pada ruangan lain di rumah sakit karena pasien  membutuhkan istirahat yang lebih lama dan lebih sensitif terhadap keributan dan suara.

3. PACU

Post-Anesthesia Care Unit atau unit pasca bius adalah unit rumah sakit di mana pasien yang baru menjalani operasi akan dipantau selagi efek obat bius menghilang. Ada pasien yang langsung pulang ke rumah setelah sadar di PACU, ada juga yang dipindahkan dulu ke ICU atau kamar reguler untuk pengamatan lanjutan.

 Ini tergantung pada operasi yang dilakukan dan kondisi pasien sendiri. Kunjungan diperbolehkan di PACU namun hanya setelah pasien stabil.

4. Ruang Operasi

Ruangan penting di rumah sakit ini terdiri dari ruangan individual dengan peralatan spesifik untuk melakukan operasi, termasuk sistem robotik.

Sebuah ruang operasi bisa saja memiliki peralatan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan akan kasus tertentu. Hal ini tergantung pada tipe operasi yang akan dilakukan pada pasien.

5. CCU atau CICU

Cardiac/Coronary Care Unit atau Cardiac Intensive Care Unit adalah ICU yang berfokus pada penyakit dan operasi yang berhubungan dengan jantung.

Jenis pasien yang terlihat di sebuah CCU tergantung pada program bagi penderita penyakit jantung yang disediakan oleh rumah sakit. Pasien yang menderita kardiomiopati akut, penyakit jantung valvular, dan aritmia juga dirawat di unit ini.

6. NICU

Neonatal Intensive Care Unit atau unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir berfokus pada bayi dengan isu kesehatan yang membutuhkan perhatian dan pemantauan khusus tingkat tinggi.

Di NICU, seorang perawat mungkin akan menghadapi bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah, bayi dengan spina bifida atau cacat lahir lain, dan kondisi lainnya.

7. PICU

Pediatric Intensive Care Unit berfungsi sama seperti ICU untuk orang dewasa. Namun PICU mengkhususkan pada pengobatan bagi anak-anak. Unit ini dapat ditemukan di dalam rumah sakit anak atau rumah sakit daerah. P

erlu diketahui, tidak semua rumah sakit memiliki kemampuan untuk mengobati pasien anak. Sehingga mereka mungkin perlu dirujuk ke fasilitas kesehatan  yang lebih lengkap.

Dengan mengetahui beberapa ruangan penting di rumah sakit, ke depannya diharapkan Anda tidak perlu kebingungan lagi jika perawat atau dokter menyebutkan singkatan dari nama-nama ruangan di atas.

Anda juga nantinya bisa terlihat memiliki wawasan luas jika mengetahui berbagai nama dan fungsi dari ruangan-ruangan di rumah sakit.

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

YS/JJ/MA

Referensi