Ketahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut sudah tidak diragukan lagi. Minyak zaitun dapat membantu pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan rambut, menjaga rambut tetap sehat dan lebat, memperbaiki rambut bercabang dan mengatasi ketombe.

Go DokSiapa yang tak kenal minyak zaitun? Minyak esensial yang satu ini sudah terkenal di banyak kalangan, bukan hanya karena perannya di dapur, namun juga karena manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut adalah menyehatkan rambut Anda.

Rumornya, minyak zaitun dipercaya dapat membuat rambut lebih tebal, kuat, dan panjang. Untuk mendapatkannya, Anda cukup mengoleskannya di kulit kepala dan batang rambut secara rutin setiap harinya. Benarkah rumor tersebut? Sebenarnya, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut Anda?

Yuk, simak penjelasan lengkap manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut berikut ini!

1.  Membantu pertumbuhan rambut

Ya, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut yang pertama adalah membantu proses pertumbuhannya. Sebab, minyak zaitun memberi efek positif pada kesehatan kulit kepala yang merupakan tempat tumbuhnya akar rambut.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga bisa membuat sirkulasi darah di sekitar kepala lebih baik, sehingga folikel-folikel rambut Anda menjadi terstimulasi. Hal ini akan membantu pertumbuhan rambut, sekaligus membuatnya tumbuh lebih sehat dan lebat.

2. Mencegah kerontokan rambut

Sekali lagi, kelembapan yang dihasilkan oleh minyak zaitun pada rambut Anda juga membawa manfaat lain, yaitu mencegah kerontokan rambut. Minyak zaitun juga kaya akan vitamin A, vitamin E, dan antioksidan yang mampu melindungi keratin pada rambut, sehingga menjadikannya lebih kuat dan tidak mudah rontok serta patah. Ditambah lagi, rambut juga akan terlihat lebih bersinar.

3. Menjaga rambut tetap sehat dan lebat

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut yang selanjutnya adalah membuat rambut tampak lebih tebal dan menjaganya tetap sehat. Ya, minyak zaitun sangat bagus untuk memperbaiki rambut yang kering dan tipis, membuatnya tumbuh lebih kuat dan lembut.

Selain itu, bagi Anda yang kerap mewarnai rambut, meluruskannya, atau membuatnya ikal, minyak zaitun juga bisa menjaga rambut dari kerusakan karena hal-hal tersebut. Sebab, minyak zaitun dapat menjaga rambut tetap lembap dan lembut setelah menjalani proses-proses itu. Namun, tunggulah sekitar 72 jam setelah pewarnaan untuk mengoleskan minyak zaitun pada rambut, ya!

4. Memperbaiki rambut bercabang

Tak banyak yang tahu bahwa minyak zaitun ternyata dapat melembutkan kembali rambut yang patah dan bercabang. Hal ini karena minyak zaitun membantu menambah kelembapan rambut bercabang yang kering.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengoleskan sedikit minyak zaitun pada bagian ujung-ujung rambut yang bercabang. Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya secara keseluruhan, Anda dapat mengoleskannya mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

5. Mengatasi ketombe

Nah, salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut lainnya adalah mengatasi ketombe yang membandel. Pasalnya, ketombe muncul sebagai akibat kulit kepala yang kering dan pecah-pecah dan kandungan minyak zaitun dapat membantu mengatasi ini.

Anda cukup mencampur minyak zaitun, jus lemon, dan air dalam kadar yang sama. Lalu, oleskan pada kulit kepala dan pijat secara perlahan, sebelum kemudian Anda membilasnya dan mencucinya lagi dengan shampo. Jika Anda melakukannya secara teratur seminggu sekali, dijamin ketombe akan berkurang dengan sendirinya.

6. Membuat rambut lebih mudah diatur

Anda punya rambut yang selalu tampak  tidak rapi? Tenang, minyak zaitun dapat pula mengatasi hal ini. Umumnya, penyebab rambut tidak mudah diatur adalah karena batang rambut kekurangan nutrisi dan kering.

Untuk mengembalikan kelembapannya, Anda cukup melapisi rambut Anda dengan minyak zaitun dan membiarkannya selama 30 menit sebelum membilasnya bersih. Hal ini akan membuat rambut Anda jauh lebih mudah dirapikan.

7. Mengatasi kutu rambut

Meskipun belum ada bukti yang kuat tentang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut yang satu ini, namun banyak orang percaya minyak zaitun dapat membantu dalam menghilangkan kutu rambut.

Anda dapat mengoleskan minyak zaitun dan menyisir rambut perlahan untuk menghilang telur kutu, Meski begitu, Anda juga harus menggunakan sisir rambut khusus dan rajin keramas untuk menghilangkan kutu secara keseluruhan.

Nah, itu dia 7 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut Anda. Tertarik untuk mencobanya? Siapa takut!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi