Ketahui Cara Tepat Menangani Kaki Keseleo

Menangani kaki keseleo

Menangani kaki keseleo bisa dengan mengikuti langkah penyembuhan yang disebut RICE. Rest (Istirahat), Ice (Kompres es), Compress (Penekanan), Elevate (Angkat). Jika Anda masih merasakan sakit atau nyeri pada area kaki yang keseleo. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri.

Go DokBanyak hal yang bisa terjadi ketika Anda tengah berolahraga atau sekadar beraktivitas di luar ruangan. Salah satunya adalah kaki keseleo. Jika mengalami hal ini, biasanya Anda akan sulit untuk beraktivitas menggunakan kaki selama beberapa hari. Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai cara tepat menangani kaki keseleo berikut ini!

Tanda-tanda kaki keseleo

Karena kaki merupakan bagian tubuh yang menopang seluruh berat badan Anda -baik saat berdiri, berjalan, maupun berlari- dan tersusun atas banyak tulang dan sendi, maka bagian ini memiliki risiko tinggi dalam mengalami keseleo.

Hal ini umum terjadi pada olahragawan, balerina, dan Anda yang bekerja dengan melibatkan banyak pergerakan pada kaki. Berikut adalah tanda-tanda kaki Anda keseleo :

  • Anda mengalami rasa sakit dan nyeri, atau lemah pada kaki
  • Area kaki yang keseleo menjadi bengkak atau memar
  • Anda tak dapat membebani kaki dengan beban yang terlalu berat seperti biasanya
  • Anda mengalami kejang otot atau kram pada bagian kaki.

Lalu, apa saja cara tepat menangani kaki keseleo?

Kaki keseleo bisa berlangsung selama beberapa minggu dan menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Umumnya, menangani kaki keseleo bisa ditangani dengan mengikuti langkah penyembuhan yang disebut RICE :

– Rest (Istirahat)

Istirahatkan kaki Anda yang keseleo. Hindari memberikannya beban terlalu berat, dan sebisa mungkin jangan menggerakannya terlalu sering. Jika perlu, Anda bisa menggunakan kruk atau tongkat untuk membantu berjalan. Dalam menangani kaki keseleo ini Anda bisa pula menghentikan semua kegiatan sementara, dan banyak beristirahat di tempat tidur.

– Ice (Kompres es)

Kompres area kaki yang mengalami keseleo guna mengurangi pembengkakan yang terjadi. Sediakan selembar kain, lalu bungkus beberapa bongkah es menggunakan kain tersebut dan kompreslah kaki dengannya selama 20 menit.

Lakukan hal ini 8 kali sehari, selama beberapa hari. Jangan lakukan pengompresan lebih dari 20 menit dan jangan langsung menaruh es pada kaki tanpa membungkusnya karena dapat menyebabkan luka.

– Compress (Penekanan)

Dalam menangani kaki keseleo ini yang perlu Anda lakukan yaitu tekan dan balut area kaki yang keseleo dan mengalami pembengkakan dengan menggunakan perban elastis. Namun, usahakan jangan membalutnya terlalu kencang karena dapat berpengaruh terhadap aliran darah. Jika kaki Anda terasa sakit, pucat atau mati rasa, bisa jadi Anda membalutnya terlalu kencang maka segeralah dilonggarkan.

– Elevate (Angkat)

Angkat bagian kaki yang keseleo hingga sejajar dengan bagian atas jantung Anda (di atas dada). Lakukan hal ini sesering mungkin guna mencegah dan membatasi area pembengkakan. Hal ini juga berguna untuk mengoptimalkan aliran darah ke area kaki. Gunakan bantal untuk mengangkat kaki Anda.

Jika langkah-langkah RICE sudah dilakukan, Anda mungkin masih akan merasakan sakit atau nyeri pada area kaki yang keseleo. Untuk menangani kaki keseleo selanjutnya, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti :

  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Aspirin
  • Acetaminophen
  • Asam mefenamat.

Selain itu, Anda juga tidak boleh terlalu banyak menggunakan kaki Anda (berjalan, berlari, berdiri). Lindungi pula kaki Anda dengan menggunakan tambalan empuk pada bagian dalam sepatu jika harus bepergian di masa penyembuhan.

Hal ini akan mencegah pembengkakan lebih parah. Keseleo tingkat ringan mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu untuk sembuh, sementara keseleo yang lebih parah bisa membutuhkan waktu hingga 2 bulan untuk benar-benar sembuh.

Nah, itu dia langkah-langkah dalam menangani kaki keseleo yang penting untuk Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi