Ketahui, Cara Alami Meredakan Depresi Klinis

Depresi

Pijarpsikologi.org Anda pasti menyadari bahwa tidak semua orang memiliki privilege untuk mengakses layanan kesehatan mental. Tidak sedikit juga orang yang tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami depresi. Ada juga kasus di mana seseorang menyadari bahwa ia sedang mengalami depresi namun tak tahu harus melakukan apa. Memang, gangguan yang menyerang mental ini tidak berbentuk fisik sehingga sulit mendeteksi kehadirannya dalam kehidupan Anda.

Nah, jika Anda merasakan gejala kesedihan yang berlanjut hingga terdapat indikasi depresi klinis selama dua minggu, ada baiknya mulai memberi waktu kepada diri sendiri untuk rileks sejenak dan memikirkan cara untuk keluar dari lubang depresi.

Tidak semua pengobatan depresi klinis harus melalui bantuan dokter, kok. Bisa juga dimulai dari aktivitas sehari-hari, lho. Makanya, yuk, ketahui cara alami meredakan depresi klinis lewat artikel di bawah ini.

1. Beri waktu untuk diri sendiri

Kadang depresi berhubungan dengan burn out atau terlalu banyak pekerjaan dan aktivitas. Apalagi di zaman yang sudah modern sehingga menuntut pekerjaan yang serba cepat saat ini, memberikan libur sehari, dua hari, atau bahkan seminggu sebagai upaya memanjakan diri bukanlah sebuah dosa, kok.

Lakukan hobi, meditasi, yoga, olaharga, membaca novel, berdoa, mewarnai adult colouring book atau mengunjungi tempat wisata, pusat spiritual, dan aktivitas lainnya.

Coba, tanyakan kepada diri sendiri, ‘kapan terakhir kali Anda melakukan aktivitas yang menyenangkan’, ‘kapan terakhir kali melakukan hobi Anda’, atau ‘kapan saya terakhir kali tertawa’.

Jika sudah memberi waktu istirahat kepada diri sendiri, namun masih saja mengalami kesedihan dan gejala-gejala depresi klinis yang lain, saatnya mengambil langkah yang lebih serius dengan mengunjungi psikolog, ya.

2. Rutin berolahraga

Mungkin Anda sudah muak dengan ajakan ini. Namun, olahraga memang merupakan cara ampuh untuk meningkatkan mood kita. Olahraga tidak hanya terkait aspek fisik, namun juga aspek psikologis. Dengan melakukan olahraga, Anda menjadi lebih bersemangat dan kualitas tidur lebih baik.

Ketika depresi, mudah sekali kita menganggap diri ini sebagai sosok yang tidak berguna dan tidak mampu menyelesaikan apa-apa. Dengan berolahraga, Anda mendapatkan sense of achievement melalui keringat-keringat yang telah Anda keluarkan. Akhirnya, Anda pun merasa puas terhadap diri sendiri dan bersemangat untuk mengerjakan hal-hal lainnya.

3. Perbaiki pola konsumsi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kondisi psikologis dapat mempengaruhi pola makan. Depresi dapat merusak pola makan, lho. Maka dari itu, Anda perlu sadar akan perubahan pola makan kita dan kembalikanlah seperti biasanya.

Selain itu, sudah banyak studi yang menunjukan bahwa memakan makanan sehat dapat meningkatkan mood. Sebagai contoh, mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti, gandum utuh, kacang-kacangan dan sayuran dapat membuat mood Anda baik dan stabil. Sebaliknya, karbohidrat sederhana seperti, soda dan kue akan membuat mood naik sesaat, namun turun kembali dengan cepat.

Nah, ada banyak makanan yang dapat membantu Anda melawan depresi. Dua hal yang paling utama adalah konsumsi omega 3 dan yogurt. Omega 3 dapat memulihkan sebagian fungsi otak yang menyusut akibat depresi. Sedangkan yogurt dapat membantu Anda memaksimalkan gut-brain axis yang berhubungan dengan depresi.

4. Cerita kepada yang kamu percaya

Jika mengunjungi psikolog masih terasa asing dan janggal, maka Anda bisa menceritakan segala keluh kesah kepada teman sejawat. Cari teman yang kira-kira mau mendengarkan segala cerita setulus hati tanpa memberikan judgment bahwa Anda kurang bersyukur.

Jika sahabat Anda mengeluarkan tanggapan yang menyakitkan dan tidak dapat diterima, cobalah pahami bahwa dia tidak pernah mengalami depresi. Berhenti cerita padanya dan tidak perlu berdebat dengannya atau menyalahkan dia karena tidak mau paham. Anda juga bisa menjumpai sahabat lainnya sebagai teman curhat.

5. Pelajari lebih dalam mengenai depresi

Kunjungi website edukatif agar dapat mengedukasi diri sendiri mengenai berbagai isu kesehatan mental. Yakinkan diri Anda bahwa mengalami gangguan pada kesehatan mental sama seperti mengalami sakit fisik. Katakan pada diri Anda bahwa “it’s okay to ask for help” karena sama seperti patah tulang, depresi tidak bisa sembuh dengan hanya berdoa.

6. Cari bantuan online

Kalau yang satu ini sih, seharusnya sudah Anda ketahui sebagai cara alami meredakan depresi klinis, ya. Jangankan soal depresi, sepertinya semua masalah bisa Anda temukan jalan keluarnya melalui informasi di internet, deh. Bantuan online sudah sangat banyak dan bisa diakses kapanpun Anda mau. Mulai dari blog pribadi mengenai pengalaman seseorang yang berhasil keluar dari jerat depresi sampai artikel ilmiah yang dikeluarkan oleh lembaga kesehatan dari luar negeri pun dapat Anda jadikan referensi sebagai cara alami meredakan depresi klinis.

7. Minum obat antidepressant

Kalau yang ini sih merupakan pilihan terakhir yang bisa Anda ambil. Sebagian dari Anda mungkin bertanya mengapa hanya strses harus mengonsumsi obat?

Depresi adalah penyakit yang kompleks yang dipengaruhi kondisi bio-psiko-sosial-spiritual. Terkadang, terapi tidak cukup untuk menyembuhkan depresi. Berdasarkan pengalaman sejumlah pasien, biasanya keputusan untuk mengonsumsi antidepressant dilakukan setelah 10 kali menjalani konseling psikologi tanpa ada tanda-tanda kesembuhan.

8. Maafkan dirimu bahwa kamu mengalami depresi

Penerimaan adalah salah satu proses tersulit pada orang dengan depresi. Terlebih lagi, jika sebelumnya Anda adalah orang-orang alpha, pemimpin di berbagai kelompok, atau orang yang selalu menjadi pusat perhatian dan selalu tampil ceria. Perasaan kesal dan bodoh akan terus menerus hinggap.

9. Pahami bahwa kamu tidak sendiri

Mungkin akan sedikit mengejutkan, sebuah studi menunjukan bahwa depresi akan menjadi penyakit nomor 1 di dunia pada tahun 2030, lho. Sebenarnya saat ini sudah banyak masyarakat yang mengalami depresi, tapi mereka cenderung menderita dalam diam karena terkukung dalam sebuah stigma.

Anda bisa juga membaca kisah orang-orang yang sudah coming out of mental illness melalui berbagai website yang memuat forum seperti The Mighty, buzzfeed, atau bahkan Ted talks. Jika ingin membaca pengalaman orang Indonesia yang sudah buka-bukaan tentang riwayat kesehatan mental mereka bisa membuka blog Regismachdy di Svadharma.net atau Endri di Liquidkermit.net. Membaca kisah hidup seseorang bisa menjadi metode pengobatan yang ampuh, lho.

10. Yakinkan dirimu bahwa semua akan membaik pada waktunya

Ketika terjebak di palung depresi, rasanya masa depan adalah sesuatu yang sangat gelap. Kebahagiaan adalah sesuatu yang mustahil diraih dan Anda diselimuti oleh ketakutan, perasaan bersalah, amarah, kebencian dan kesedihan.

Satu-satunya kekuatan yang bisa Anda andalkan hanyalah harapan. Jika Anda masih percaya bahwa ada harapan baik di depan, semuanya akan membaik dan Anda semua akan kuat menghadapi episode depresi saat ini. Sudah banyak orang yang bisa melalui depresi, kok, makanya Anda pun tidak boleh menyerah begitu saja.

Nah, setelah Anda ketahui cara alami meredakan depresi klinis, masih ingin terus menerus tenggelam dalam lautan depresi? Yuk, stand up, dan kalahkan depresi demi masa depan yang lebih cerah!

 

Pijar Psikologi adalah media layanan psikologi yang menyediakan konsultasi gratis dan artikel informatif seputar kehidupan sehari hari dari sudut pandang psikologi. Kunjungi pijarpsikologi.org untuk artikel menarik seputar psikologi lainnya.

 

Content partnerpijarpsikologi.com

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

Approved by dr. Jolinda Johary