Kenali Sejak Dini Gejala dan Penyebab Kanker Pankreas

Penyebab kanker pankreas

Penyebab kanker pankreas ; Sel-sel normal dalam tubuh mengikuti jalur pertumbuhan, pembagian, dan kematian yang teratur. Kematian sel terprogram disebut apoptosis, dan ketika proses ini rusak, hasil kanker. Ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan kemungkinan bahwa kanker pankreas dapat berkembang.

 

Go Dok Kanker merupakan jenis penyakit yang tidak asing lagi di telinga Anda tentunya dan bahkan ada berbagai macam jenis kanker yang mungkin telah Anda ketahui. Kali ini kita akan membahas tentang gejala dan penyebab kanker pankreas. Kanker pankreas dimulai di jaringan pankreas Anda. Pankreas adalah organ sepanjang 6-inci yang terletak secara horizontal di belakang bagian bawah perut Anda. Pankreas ini semacam spons dan agak berbentuk seperti ikan, diperpanjang secara horizontal di seluruh perut. Kepala pankreas berada di sisi kanan perut di mana perut melekat pada bagian pertama dari usus kecil (duodenum). Ekor pankreas – bagian tersempit – memanjang ke sisi kiri perut sebelah limpa. Pankreas Anda melepaskan enzim yang membantu pencernaan dan hormon yang membantu mengelola gula darah Anda.

Kanker pankreas biasanya menyebar dengan cepat ke organ di dekatnya. Ini jarang terdeteksi pada tahap awal. Kanker pankreas dikategorikan tergantung pada apakah itu mempengaruhi fungsi eksokrin atau endokrin pankreas.

Tumor yang mempengaruhi fungsi eksokrin adalah jenis kanker pankreas yang paling umum. Kadang-kadang tumor ini jinak, yang disebut cystadenomas. Namun, lebih mungkin untuk menemukan tumor ganas yang disebut adenokarsinoma, yang menyumbang 95% kanker pankreas eksokrin. Adenokarsinoma biasanya dimulai pada sel kelenjar di duktus pankreas, tetapi mereka juga dapat muncul dari sel enzim pankreas (karsinoma sel asinar).

Tumor yang mempengaruhi fungsi endokrin pankreas disebut tumor neuroendokrin atau sel islet, tetapi ini jarang terjadi. Tumor ini dinamai berdasarkan jenis sel penghasil hormon yang awalnya terpengaruh. Misalnya: insulinomas (insulin), glucagonomas (glukagon), gastrinoma (gastrin), somatostatinoma (somatostatin), dan VIPomas (vasoactive intestinal peptide atau VIP).

Apa saja tanda atua gejala kanker pankreas?

Tanda dan gejala kanker pankreas sering tidak terjadi sampai penyakit ini lanjut. Yang termasuk tanda dan gejalanya sebagai berikut:

  • Nyeri di perut bagian atas yang memancar ke punggung Anda
  • Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan
  • Depresi
  • Diabetes
  • Pembekuan darah
  • Kelelahan
  • Kulit dan putih mata Anda menguning (sakit kuning).
Apa sih penyebab kanker pankreas?

Kanker merupakan hasil dari sel-sel yang tumbuh tak terkendali dan tidak mati. Sel-sel normal dalam tubuh mengikuti jalur pertumbuhan, pembagian, dan kematian yang teratur. Kematian sel terprogram disebut apoptosis, dan ketika proses ini rusak, hasil kanker. Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan bahwa kanker pankreas dapat berkembang. Antara lain:

  • Kanker pankreas ini lebih sering terjadi pada orang tua. Sebagian besar kasus terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun.
  • Merokok
  • Makan diet tinggi lemak dan daging dapat meningkatkan risiko.
  • Kegemukan
  • Peradangan pankreas terus-menerus (pankreatitis kronis). Sebagian besar kasus pankreatitis kronis disebabkan karena minum banyak alkohol. Ada penyebab lain yang kurang umum.
  • Catatan: diabetes adalah umum dan tidak semua orang dengan diabetes mengembangkan kanker pankreas.
  • Bahan kimia. Paparan berat di tempat kerja untuk pestisida tertentu, pewarna dan bahan kimia yang digunakan dalam pemurnian logam dapat meningkatkan risiko.
  • Faktor genetik dan keturunan. Diperkirakan bahwa sekitar 1 dari 10 kanker pankreas disebabkan karena mewarisi gen abnormal. Jika Anda khawatir bahwa kanker pankreas sering terjadi di keluarga Anda, segera temui dokter dan Anda mungkin akan ditawarkan mengikuti tes skrining dengan tujuan mendeteksi kanker pankreas pada tahap awal ketika peluang penyembuhannya tinggi.

Nah, itu tadi gejal dan penyebab kanker pankreas yang harus Anda kenali dan waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.