Kenali Kebiasaan yang Menjadi Pemicu Serangan Asma

Pemicu serangan asma

Pemicu serangan asma ; Meski penyebab penyakit asma tidak dapat diketahui secara pasti, namun pemicu serangan asma sebenarnya dapat Anda kenali dan hindari sejak dini. Sebagian besar pemicu nya adalah kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar Anda lakukan, lho. 

 

Go Dok – Sebagai penderita asma, Anda tidak selalu dapat memperkirakan waktu datangnya serangan asma. Seringkali, serangan ini datang secara mendadak dan tanpa peringatan, yang bisa mengganggu aktivitas dan kegiatan Anda sehari-hari. Meski penyebab pasti penyakit asma tidak dapat diketahui, namun pemicu serangan asma sebenarnya dapat Anda kenali dan hindari sejak dini. Nah, sebagian besar pemicu serangan asma adalah kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar Anda lakukan. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Yuk, simak penjelasan lengkap pemicu serangan asma  berikut ini!

1. Merokok

Semua orang tahu bahwa kebiasaan merokok memiliki efek sangat buruk bagi kesehatan sistem pernafasan Anda. Asap rokok yang Anda hirup ke dalam paru-paru memiliki kesempatan besar untuk membuat jalur pernapasan menyempit, dan menyebabkan Anda menderita sesak nafas. Tak hanya menjadi pemicu serangan asma, merokok juga akan memperparah gejala serangan asma, seperti batuk-batuk, dada yang terasa sesak, serta bengek.

Karena itu, jika Anda merupakan seorang penderita asma dan masih saja mempertahankan kebiasaan merokok, ada baiknya Anda meninggalkan kebiasaan buruk ini sesegera mungkin. Berhenti pula terlalu lama berada di lingkungan para perokok, karena asap rokok yang mereka hasilkan juga bisa memperparah dan memicu serangan asma.

2. Jajan dan makan sembarangan

Tahukah Anda bahwa salah satu pemicu serangan asma adalah alergen -suatu substansi yang menyebabkan reaksi alergi-? Ya, alergi merupakan salah satu pemicu serangan asma paling umum, dan jika Anda tidak tahu benda, zat, kandungan, atau makanan dan minuman apa saja yang menyebabkan alergi pada diri Anda, maka sebaiknya berhentilah jajan sembarangan.

Pasalnya, Anda tak akan pernah benar-benar tahu kandungan apa yang terdapat pada makanan yang Anda beli di pinggir jalan, warung makan, dan kantin. Jika perlu, Anda bisa selalu memasak dan membawa bekal buatan sendiri yang telah dipastikan aman dari alergen.

3. Tidak bisa mengontrol emosi

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk melepaskan emosinya begitu saja kuat-kuat, tanpa usaha untuk mengontrolnya sama sekali. Selain itu, ada pula orang-orang yang terbiasa membebani dirinya sendiri dengan banyak pekerjaan tanpa ingin merepotkan atau membaginya dengan orang lain, hingga menyebabkan stres. Padahal, salah satu pemicu serangan asma adalah stres dan emosi yang meledak-ledak, mulai dari tertawa atau menangis terlalu keras, marah tanpa terkontrol, dan berteriak terlalu kuat. Jadi, jika Anda penderita asma, ada baiknya Anda mulai belajar mengontrol emosi dari sekarang.

4. Tidak higienis

Kebiasaan yang tidak higienis dan jorok, seperti lalai membersihkan rumah dan kamar, jarang mencuci tangan setelah memegang benda yang jelas-jelas kotor, jarang ganti baju, dan lainnya, dapat memicu serangan asma. Pasalnya, asma seringkali dipicu oleh debu, tungau, kutu, lumut, dan jamur yang tumbuh di rumah Anda. Tak hanya itu, infeksi virus dan bakteri juga seringkali menjadi pemicu serangan asma pada anak, dan kedua hal itu bisa datang jika si anak sering keluar rumah tanpa alas kaki, jarang ganti baju, dan tidak pernah mencuci tangan setelah bermain dengan teman-temannya di luar rumah. Karenanya, yuk hindari kebiasaan tidak higienis seperti itu!

5. Terlalu sering dan berlebihan dalam bergaul dengan hewan peliharaan

Tentu saja hewan peliharaan kesayangan Anda selalu menggemaskan, lucu, dan harus dipeluk. Namun, jika Anda seorang penderita asma, kebiasaan ini justru dapat menjadi pemicu serangan asma. Sebab, bulu, kotoran, feses, urin, serta air liur hewan kesayangan Anda ini bisa menjadi alergen yang memicu serangan asma. Karena itu, hindarilah kebiasaan ini, dan batasi ruangan yang bisa dimasuki oleh hewan peliharaan. Sebagai rekomendasi, jauhkan kucing, anjing, hamster, atau kelinci Anda dari kamar tidur, dapur, dan ruang makan sebisa mungkin.

Nah, itu dia 5 kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa memicu serangan asma. Jangan lengah, dan tetap hindari kelimanya sebisa mungkin, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi