Kenali Gejala Umum Ciri Ciri Kanker Payudara

Ciri ciri kanker payudara

Ciri ciri kanker payudara ; Gejala kanker payudara sebenarnya tidak hanya benjolan saja, lho, Masih ada beberapa gejala lain dari jenis kanker ini yang masih bisa di lihat dari bentuk fisik payudara Anda.

 

Go Dok – Siapa sih yang tidak ingin hidup sehat hingga akhir hayat? Sedih dong jika harus menerima kenyataan menderita sebuah penyakit, apalagi penyakit tersebut dikenal mematikan; seperti kanker payudara. Panik dan sedih merupakan reaksi yang wajar ketika seorang wanita menemukan benjolan abnormal pada payudaranya, yang dikenal sebagai gejala paling umum dalam kasus kanker payudara.

Tahukah Anda jika gejala kanker payudara sebenarnya tidak hanya benjolan saja? Walaupun itu gejala paling umum, masih ada beberapa gejala lain dari jenis kanker yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang ini.

Segala informasi seputar bagian sensitif wanita ini penting untuk diketahui agar setiap wanita dapat mengenali gejala umum ciri ciri kanker payudara sejak dini.

Simak terus ulasan ciri ciri kanker payudara, yuk!

Benjolan di sekitar payudara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, muncul benjolan abnormal merupakan ciri ciri kanker payudara yang utama. Sayangnya, beberapa wanita kurang mendalami bagaimana mengidentifikasi benjolan tersebut. Mayoritas dari pasien pengidap kanker payudara mengaku kurang teliti dalam mendeteksi gejala yang satu ini lantaran tidak adanya rasa sakit yang menyertai pada benjolan tersebut.

Nah, untuk memeriksanya Anda harus meraba permukaan payudara secara menyeluruh. Jika benjolan ini tidak terlihat oleh mata, Anda bisa coba mendeteksinya melalui indra perasa melalui sentuhan. Terkadang, benjolan ini bisa muncul di daerah ketiak, lho.

Ukuran dan bentuk payudara

Payudara yang memiliki sel kanker biasanya memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda dengan antara satu dengan yang lain. Hal ini bisa diketahui dengan cara melihat bayangan di cermin. Nah, jika salah satu payudara lebih besar dari yang lain, maka Anda patut curiga adanya kemungkinan kanker di dalamnya. Selain itu, payudara yang terlihat lebih rendah dari yang lain juga bisa menjadi indikator bahwa Anda sedang mengidap kanker payudara.

Tekstur kulit di permukaan payudara

Perubahan teksur kulit di bagian dada terkadang terlewat oleh indra penglihatan, namun bisa dideteksi melalui indra peraba. Sel-sel kanker di payudara bisa mempengaruhi tekstur kulit menjadi berkerut atau seperti cekungan. Selain itu, bisa juga mucul rona kemerahan di area payudara yang mengalami perubahan tekstur.

Bentuk puting payudara

Puting susu bisa menjadi salah satu indikator untuk melihat ciri ciri kanker payudara lho. Jika seseorang mengidap kanker jenis ini, biasanya ada perubahan pada bentuk puting. Nah, perubahan ini bisa dilihat sebagai puting yang menjorok ke dalam atau layu tidak berisi. Bahkan, pada beberapa kasus langka, puting pasien bisa “terlepas” dari tempatnya, lho!

Selain itu, ruam juga kerap muncul di sekitar lingkaran puting susu dan bersifat kering seperti luka yang telah menutup. Jika hal ini ditemui, ada baiknya untuk segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, ya.

Nah, jika saat ini ada gejala umum ciri ciri kanker payudara yang sedang Anda rasakan, jangan tunda untuk segera menemui dokter, ya. Setiap langkah pencegahan sedini mungkin bisa menyelamatkan nyawa Anda maupun kerabat terdekat, lho. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi