Kenali Beberapa Penyebab Terjadinya Sendawa

Penyebab terjadinya sendawa

Penyebab terjadinya sendawa ;  sendawa adalah suatu tindakan mengeluarkan udara atau gas yang ada di perut Anda melalui mulut. Biasanya, hal ini terjadi ketika perut Anda menggembung, atau mengembang akibat terlalu banyak menelan udara.

 

Go DokSemua orang tentu pernah bersendawa, alias mengeluarkan gas dari mulut. Memang, bersendawa adalah hal yang sangat umum terjadi dan jarang bisa dicegah. Namun, tentunya Anda akan merasa malu jika tiba-tiba bersendawa di tempat umum, seperti di kantor, sekolah, maupun di dalam kereta. Apalagi jika sendawa yang Anda hasilkan suaranya terdengar keras. Wah, pastinya semua mata akan tertuju pada Anda! Nah, sebenarnya apa sih penyebab terjadinya sendawa ini? Mengapa seringkali ia datang tanpa bisa dicegah? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjabaran lengkap berikut ini!

Apa itu sendawa?

Sebelum mengetahui penyebab terjadinya sendawa, ada baiknya Anda mengetahui definisi dari sendawa itu sendiri. Sejatinya, sendawa adalah suatu tindakan mengeluarkan udara atau gas yang ada di perut Anda melalui mulut. Biasanya, hal ini terjadi ketika perut Anda menggembung, atau mengembang akibat terlalu banyak menelan udara. Sendawa sangat umum terjadi, karena tubuh Anda memang memproduksi gas di dalam perut dan usus, dalam proses mengubah makanan menjadi energi. Nah, bersendawa adalah cara tubuh Anda mengeluarkan udara atau gas tersebut.

Apa saja penyebab terjadinya sendawa?

1. Aerophagia

Penyebab terjadinya sendawa yang paling umum adalah Aerophagia, yaitu suatu kejadian di mana Anda secara sadar maupun tidak sengaja menelan udara. Hal ini bisa terjadi saat Anda menelan makanan atau minuman dengan gerakan yang terlalu cepat. Aerophagia juga bisa terjadi saat Anda :

  • Mengunyah permen karet
  • Menghisap permen yang keras, atau lolipop
  • Makan dan berbicara pada saat yang sama
  • Minum menggunakan sedotan
  • Merokok
  • Hyperventilating, alias bernafas secara cepat, berlebihan, dan tidak teratur, biasanya terjadi saat Anda sedang shockatau panik.
  • Meminum minuman bersoda.

Aegopharia juga umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Bayi biasanya akan bersendawa setelah disusui oleh ibunya, karena dalam proses meminum ASI inilah bayi tanpa sadar sering menelan udara. Hal ini juga terjadi saat bayi meminum susu formula dari botol susu.

2. Mengonsumsi suatu makanan atau minuman

Penyebab terjadinya sendawa yang kedua adalah menelan makanan atau minuman, dan frekuensi serta besarnya sendawa ditentukan dari jenis keduanya. Pasalnya, kadar gas di setiap makanan berbeda-beda, dan pengaruhnya pada setiap orang pun berbeda. Hal ini bisa terjadi saat Anda mengonsumsi minuman beralkohol, atau makanan yang kaya serat dan gula, seperti kacang polong., brokoli, kubis, bawang, pisang, dan roti gandum.

3. Intoleransi laktosa

Tahukah Anda bahwa intoleransi laktosa merupakan salah satu penyebab terjadinya sendawa? Jika Anda tidak bisa mencerna laktosa di dalam susu serta produk sapi lainnya dengan mudah, maka suatu jenis gas yang terdapat pada produk-produk tersebut bisa membuat Anda bersendawa.

4. Pengobatan tertentu

Beberapa tipe pengobatan bisa menyebabkan sendawa normal, maupun tidak normal. Pengobatan yang dimaksud, antara lain adalah obat pereda nyeri (aspirin dan ibuprofen), laxatives, dan obat diabetes type 2 (acarbose).

5. Kondisi medis tertentu

Tak hanya pengobatan, beberapa kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebab terjadinya sendawa. Namun, biasanya sendawa hadir sebagai salah satu gejala dari penyakit tersebut, dan tentu ada gejala lain pula yang menyertainya. Kondisi medis yang dimaksud, antara lain adalah :

  • Gastroparesis, yaitu suatu kondisi di mana otot-otot dinding perut Anda melemah
  • Gastroesophageal reflux disease(GERD), yaitu suatu kondisi yang menyebabkan asam lambung naik ke bagian atas tubuh, menuju esofagus atau kerongkongan Anda.
  • Gastritis,yaitu suatu kondisi medis yang menyebabkan peradangan pada lapisan perut Anda.
  • Peptic ulcers,alias terdapatnya luka pada esofagus, lambung, atau bagian atas usus kecil Anda
  • Adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori, yang menyebabkan infeksi pada perut sehingga frekuensi sendawa pun meningkat.

Nah, itu dia serangkaian penyebab terjadinya sendawa yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi