Kebiasaan dan Aktivitas yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil

pantangan ibu hamil

Pantangan ibu hamil tentunya harus diikuti dengan baik agar terhindar dari segala risiko yang dapat mengancam kondisi kesehatan janin di dalam kandungan. Kebiasaan yang wajar dilakukan sehari-hari, seperti meminum kopi dan menggunakan high heels, rupanya harus dibatasi selama fase kehamilan.

Go Dok Ibu mana yang tidak senang ketika mendapatkan kabar kalau dirinya akhirnya berbadan dua? Selamat, ya! Namun harus diingat, selain perubahan mental dan fisik, bunda juga harus mengalami perubahan pola hidup yang menjadi pantangan ibu hamil demi menjamin kondisi kesehatan janin di dalam kandungan.

Suka tidak suka, mau tidak mau, berbagai perubahan yang dialami ibu hamil selama sedang mengandung harus diikuti dengan taat dan patuh. Mulai dari cara berpakaian, membatasi asupan tertentu, dan menjaga pola makan berat badan terjaga, tidak terlalu berat dan terlalu ringan. Bersabar saja ya bunda, hanya 9 bulan saja kok demi kebaikan sang buah hati.

Untuk lebih jelas, berikut ini hal-hal yang menjadi pantangan ibu hamil demi menjaga kondisi bayi!

  1. Jangan terlalu banyak mengonsumsi daging merah

Mengonsumi daging merah terlalu sering nyatanya dapat mengingkatkan potensi diabetes gestasional pada ibu hamil. Perempuan dengan asupan daging merah yang tinggi akan memiliki risiko 49% lebih besar terserang penyakit tersebut bila dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, terlalu banyak konsumsi daging merah juga meningkatkan risiko kegemukan pada anak meningkat secara drastis ketika sang ibu memiliki diabetes gestasional. Coba ganti pola asupan nutrisi bunda dengan rutin mengonsumsi makanan kaya protein, seperti ikan dan kacang-kacangan.

  1. Batasi konsumi kafein

Mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Selain itu, kandungan kafein yang melewati plasenta dapat meningkatkan kemungkinan bayi terkena diabetes, lho!

  1. Hindari mengenakan sepatu hak tinggi

Mungkin terdengar mengejutkan, namun pantangan ibu hamil yang satu ini nyatanya dapat mempengaruhi kondisi kaki bunda, lho. Terlalu sering menggunakan sepatu dengan hak lebih dari 3 inci meningkatkan risiko terkena kaki bengkak saat hamil. Pasalnya, ketika dalam kondisi hamil, pusat gravitasi tubuh akan berubah, sehingga bunda akan lebih merasa nyaman jika mengenakan sepatu datar dan sandal.

  1. Menonton TV selama waktu makan

Ibu hamil yang menonton TV sambil makan kemungkinan akan melanjutkan aktivitas ini ketika mereka menyusui bayi. Nah, kegiatan ini dapat meningkatkan risiko obesitas pada bayi yang akan lahir di kemudian hari. Menonton TV sambil makan tidak disarankan karena akan menciptakan pola makan yang berkualitas rendah.

  1. Jauhi microwave

Bagi Anda yang gemar memasak dan sering berada di dapur, sangat disarankan untuk menjauhi microwave dan barang-barang yang memancarkan radiasi lainnya. Pasalnya, benda tersebut dapat memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat mengganggu bahkan membahayakan kondisi janin. Bahkan, dalam tingkat radiasi yang lebih tinggi, gelombang elektromagnetik dapat menyebabkan keguguran pada kandungan, lho!

  1. Kondisi berat badan terlalu tinggi atau rendah

Ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk menjaga bentuk dan bobot tubuh agar tetap ideal. Pasalnya, bunda yang mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis dan berlebihan dapat mempengaruhi mekanisme keseimbangan energi seperti dalam mengontrol nafsu makan, yang berdampak pada kondisi bayi yang terlalu gemuk saat lahir. Bahkan jika tidak segera diatasi, besar kemungkinkan anak akan tumbuh besar dengan kondisi obesitas

  1. Terlalu lama duduk atau berdiri dengan posisi yang sama

Bagi ibu hamil, disarankan untuk tidak duduk atau berdiri dalam waktu lama di posisi yang sama. Karena, aktivitas tersebut dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah pada area pergelangan kaki. Sering-seringlah melakukan aktivitas ringan dengan berjalan di dalam rumah yang kemudian diselingi dengan mengistirahatkan kaki, agar kondisi tubuh Anda tetap nyaman.

Fase kehamilan memang menjadi tantangan tersendiri dengan segala pantangan ibu hamil yang telah disebutkan di atas. Namun percayalah, kesabaran tersebut akan berbuah manis dengan melahirkan bayi dengan kondisi yang sehat. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi