Kapan Bayi Bisa Melihat dengan Jelas? Yuk, Simak!

Kapan bayi bisa melihat

Kapan bayi bisa melihat?  Bayi sudah bisa langsung melihat ketika baru lahir. Akan tetapi, bayi belum  bisa melihat dengan jelas alias hanyalah samar-samar. Simak perkembangan penglihat bayi sesuai usianya.

 

Go DokPastinya Anda pernah menarik perhatian seorang bayi dengan benda-benda berwarna cerah agar membuatnya tersenyum dan tertawa. Kemudian Anda mungkin berpikir, apakah seorang bayi benar-benar melihat dengan jelas benda yang Anda pegang? Sejak kapan bayi sudah bisa mengenali dan mempelajari benda-benda yang ada di sekelilingnya?

Ya, memang sih, bayi sudah bisa langsung melihat ketika baru lahir. Akan tetapi bayi belum bisa melihat dengan jelas, alias hanyalah samar-samar. Jika melihat objek berwarna pun dalam penglihatan bayi seperti tidak memiliki warna. Jadi, tidak ada bedanya Anda menarik perhatian dengan benda warna warni ataupun tidak.

Bayi yang baru lahir juga  belum bisa fokus melihat sebuah objek. Bayi hanya bisa fokus dengan objek berjarak 20-38 cm. Artinya, penglihatan bayi baru bisa terfokus sebatas orang yang menggendongnya.

Otot mata pada bayi yang baru lahir juga belum berkembang sepenuhnya. Sehingga bayi yang baru lahir tidak bisa mengendalikan gerakan mata dengan sempurna dan penglihatan bayi seringkali menyilang.

Kapan bayi bisa melihat dengan jelas? Berikut proses perkembangan penglihatan bayi berdasarkan usianya.

1 bulan

Saat menginjak usia ini perkembangan penglihatan bayi belum terlalu signifikan. Penglihatan bayi masih sama saat seperti baru lahir, yaitu baru berjarak 20-38 cm. Artinya, ini momen yang tepat untuk melakukan pendekatan dengan bayi Anda. Selain itu, dia akan senang bermain mata dengan Anda. Gerakan kepala Anda perlahan dari sisi ke sisi agar bisa melatih fokus si bayi. Perkembangan kecil yang didapat saat usia 1 bulan bayi sudah bisa sedikit fokus dengan objek yang ada di depannya.

2 bulan

Menginjak usia 2 bulan bayi sudah bisa sedikit menentukan perbedaan warna pada objek. Ia akan senang melihat objek dengan warna primer seperti merah, kuning, dan biru. Pada usia ini otaknya semakin bekerja untuk lebih mengenali macam-macam warna. Saat usia ini Anda bisa mengembangkan penglihatan bayi dengan menunjukkan fotonya, foto Anda, buku, serta mainannya.

4 bulan

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya kapan bayi bisa melihat? Dan apakah di usia 4 bulan bayi sudah bisa melihat jelas? Jawabannya, di usia ini penglihatan bayi akan bekerja semakin mendalam. Selain sudah bisa membedakan warna, bayi sudah sadar dengan jarak objek yang ada di dekatnya.  Pada usia ini menjadi kesempatan Anda untuk menyodorkan beberapa mainan agar ia bisa berlatih untuk mengetahui mainan kesukaannnya. Sedikit tips untuk Anda, berikan kepada bayi mainan berbentuk binatang.

5-8 bulan

Pada bulan-bulan ini penglihatan bayi akan semakin membaik. Selain lebih mendalam, bayi juga mulai bisa melihat objek dengan jarak lebih dari 38 cm. Bayi juga akan semakin tertarik melihat benda-benda yang familiar dengannya. Di usia ini biasanya bayi akan mulai merangkak, sehingga ia juga akan semakin mengeksplorasi banyak objek di sekitarnya. Anda juga bisa menggantungkan mainan di tempat tidur bayi untuk melatih penglihatannya.

9-12 bulan

Nah, ini momen yang ditunggu. Menginjak usianya di tahun pertama, bayi tercinta sudah bisa meihat dengan jelas. Jarak penglihatan bayi juga sudah seperti orang dewasa. Pada usia ini mereka juga akan senang mengambil benda dan melemparnya. Jadi, hati-hati ya jika memberikan benda yang gampang pecah dan rusak. Bayi juga sudah bisa fokus pada objek yang bergerak sekalipun. Nah, Anda sekalian bisa melatih untuk memberitahu nama benda yang sedang dilihat olehnya.

Itulah perjalanan proses penglihatan bayi, berdasarkan usianya. Kini, sebagai orang tua, Anda sudah bisa menangkap sinyal sejak kapan bayi bisa melihat dengan jelas, bukan? Perlu diingat, Anda harus waspada jika di usia 3-4 bulan terlihat bola mata bayi tidak bergerak. Bisa jadi bayi Anda memiliki gangguan penglihatan maupun pada otot mata, segera berkonsultasi ke dokter jika menemukan hal ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

IS/TP/PJ/MA

Referensi