Kanker Tulang ; Gejala, Penyebab dan Penanganan

Kanker tulang

Kanker tulang dapat terjadi di tulang bagian manapun di tubuh, tetapi paling sering mempengaruhi tulang panjang yang membentuk lengan dan kaki. Lalu, bagaimana gejala, penyebab dan penanganan penyakit kanker tulang?

 

Mengenal Kanker Tulang

Kanker tulang dapat terjadi di tulang bagian manapun di tubuh, tetapi paling sering mempengaruhi tulang panjang yang membentuk lengan dan kaki.

Tidak semua tumor tulang bersifat ganas. Faktanya, tumor tulang jinak (non-kanker) lebih umum daripada tumor ganas. Tumor tulang ganas maupun jinak dapat tumbuh dan menekan jaringan tulang yang sehat, tetapi perbedaanya adalah tumor jinak tidak menyebar, tidak menghancurkan jaringan tulang, dan jarang menjadi ancaman bagi kehidupan.

Tumor ganas yang dimulai di jaringan tulang disebut kanker tulang primer. Kanker yang bermetastasis (menyebar) ke tulang dari bagian lain dari tubuh, seperti payudara, paru-paru, atau prostat, disebut kanker metastatic (sekunder); dan dinamai sesuai dengan organ atau jaringan di mana kanker berawal. Kanker tulang primer jauh lebih umum dibandingkan kanker sekunder.

Gejala dan Tanda

Gejala dan tanda terkena kanker tulang, yaitu :

  • Pembengkakan dan nyeri di dekat area yang terkena.
  • Adanya tulang yang patah tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.
  • Cepat merasa kelelahan.
  • Penurunan berat badan yang tidak diinginkan.
Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker tulang. Namun, sejumlah peneliti mengetahui kanker tulang dimulai sebagai kesalahan dalam DNA sel; kesalahan memberitahu sel untuk tumbuh dan membaginya dengan cara yang tidak terkontrol. Sel-sel ini terus hidup, dan tidak mati pada waktu yang biasanya sudah ditentukan. Sel-sel yang bermutasi ini terakumulasi membentuk suatu massa (tumor) yang dapat menyerang struktur di dekatnya atau menyebar ke area lain dari tubuh.

Jenis-jenis kanker tulang

Jenis kanker tulang yang paling umum termasuk :

  • Osteosarcoma

Jenis ini dimulai di sel tulang dan paling sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda. Umumnya, terjadi pada tulang-tulang kaki atau lengan.

  • Chondrosarcoma

Jenis ini dimulai pada sel-sel tulang rawan. Biasanya terjadi di pelvis, kaki, atau lengan pada orang dewasa setengah baya dan lebih tua.

  • Sarkoma Ewing

Tidak jelas bagaimana awal terjadinya jenis ini, tetapi tumor ini paling sering muncul di panggul, kaki, atau lengan anak-anak dan orang dewasa muda.

Faktor risiko

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker tulang, tetapi peneliti telah menemukan faktor-faktor tertentu yang terkait dengan peningkatan risiko, termasuk :

Warisan sindrom genetik. Sindrom genetik langka tertentu yang ada di keluarga meningkatkan risiko kanker tulang, termasuk sindrom Li-Fraumeni dan retinoblastoma herediter.

Penyakit tulang Paget. Paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Penyakit tulang Paget dapat meningkatkan risiko kanker tulang yang berkembang kemudian.

Terapi radiasi untuk kanker. Paparan radiasi dosis besar, seperti yang diberikan selama terapi radiasi untuk kanker, dapat meningkatkan risiko penyakit ini di masa mendatang.

Diagnosis

Dokter umumnya merekomendasikan satu atau lebih tes pencitraan untuk mengevaluasi area yang menjadi perhatian khusus, termasuk :

  • X-ray.
  • Komputerisasi tomografi (CT).
  • Magnetic resonance imaging (MRI).
  • Positron emission tomography (PET).
  • Mengambil sampel jaringan untuk pengujian laboratorium (biopsy).
Stadium

Stadium kanker tulang meliputi :

Stadium I. Pada tahap ini, kanker hanya terdapat pada tulang saja dan belum menyebar ke area lain dari tubuh. Stadium I merupakan kelas rendah dari tahapan kanker ini, yang berarti sel-sel kanker kurang agresif.

Stadium II. Pada stadium ini, kanker juga terbatas pada tulang dan belum menyebar ke area lain di tubuh. Tetapi, kanker stadium II merupakan tingkat tinggi dari tahapan ini, yang berarti sel-sel kanker lebih agresif.

Stadium III. Pada tahap ini, kanker tulang terjadi di dua atau lebih tempat pada tulang yang sama.

Stadium IV. Stadium ini menunjukkan bahwa kanker telah menyebar ke luar tulang (sudah menyebar ke area tubuh lainnya).

Penanganan

Pilihan penanganan untuk kanker tulang didasarkan pada jenis kanker yang diderita, stadium kanker, dan kesehatan pasien secara keseluruhan. Setiap jenis kanker tulang memiliki penanganan yang berbeda, dan dokter dapat membantu memandu penderita untuk penanganan terbaiknya. Sebagai contoh, beberapa kanker tulang ditangani hanya dengan pembedahan; beberapa dengan pembedahan dan kemoterapi; dan beberapa dengan pembedahan, kemoterapi, dan terapi radiasi.

  • Operasi

Tujuan operasi adalah untuk mengangkat seluruh kanker tulang. Dalam banyak kasus, ini melibatkan teknik khusus untuk mengangkat tumor dalam satu bagian, bersama dengan sebagian kecil jaringan sehat yang mengelilinginya.

  • Kemoterapi

Kemoterapi adalah penanganan yang menggunakan bahan kimia (obat) untuk “membunuh” sel kanker. Kemoterapi paling sering diberikan melalui vena (intravena) sehingga obat kemoterapi “menyebar” di seluruh tubuh penderita. Kemoterapi juga dapat digunakan pada penderita dengan kanker tulang yang telah menyebar ke luar tulang ke area lain dari tubuh.

  • Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X, bertujuan untuk “membunuh” sel-sel kanker. Selama terapi radiasi, penderita berbaring di atas meja sementara mesin khusus bergerak di sekitar penderita dan alat tersebut mengarahkan sinar energi pada titik-titik yang tepat pada tubuh yang bersangkutan. Terapi radiasi, biasanya diberikan bersama dengan kemoterapi dan sering digunakan sebelum operasi. Ini dapat meningkatkan kemungkinan bahwa amputasi tidak diperlukan. Terapi radiasi juga dapat digunakan pada orang-orang dengan kanker tulang yang tidak dapat dihilangkan dengan pembedahan. Setelah operasi, terapi radiasi dapat digunakan untuk “membunuh: sel kanker yang mungkin tertinggal. Untuk orang dengan kanker tulang stadium lanjut, terapi radiasi dapat membantu mengontrol gejala yang ada, seperti nyeri.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

PJ/MA

Referensi