Kanker Otak ; Mari Kenali Lebih Dalam di Sini!

Kanker otak

Kanker otak biasanya diawali dengan kemunculan tumor pada otak. Jika tidak ditangani, tumor tersebut berkembang menjadi ganas dan menyebar dengan cepat ke bagian lain, termasuk tulang belakang.  Lalu, apa saja gejala dan penyebabnya?

 

Go DokSemua setuju ya kalau otak merupakan organ tubuh yang paling penting. Bagaimana tidak? Segala fungsi yang bekerja di dalam sistem tubuh diatur oleh otak. Pernahkan Anda membayangkan apa jadinya jika otak berhenti bekerja satu detik saja? Wah, bisa dipastikan nyawa menjadi taruhannya!

Maka dari itu, menjaga kesehatan otak agar tetap sehat dan baik tentu menjadi hal utama, termasuk menjaganya dari berbagai gangguan penyakit, seperti kanker otak. Tahu dong seperti apa bahaya penyakit kanker, apalagi jika sampai menyerang otak?

Maka dari itu, sebelum sel kanker mengerubungi otak Anda, segera kenali gejala dan hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena kanker otak lewat artikel berikut ini.

Berikut gejala dan penyebab kanker otak yang harus Anda ketahui!

Pengertian Kanker Otak

Kanker otak biasanya diawali dengan kemunculan tumor pada otak. Jika tidak ditangani, tumor tersebut berkembang menjadi ganas dan menyebar dengan cepat ke bagian lain, termasuk tulang belakang.

Kanker ini dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Kanker otak primer merupakan penyakit yang muncul dari organ otak itu sendiri dan menyerang jaringan di dalam sistem saraf pusat (SSP).

Jenis ini biasanya hanya menyerang jaringan di bagian dalam otak, sehingga jarang ditemukan kasus yang menyerang organ di luar otak.

Sedangkan kanker otak sekunder, atau biasa disebut kanker otak metastatik, terjadi ketika sel kanker yang terjadi di suatu tempat kemudian menyebar ke otak dan berkembang di dalamnya. Beberapa kanker yang biasa menyebar ke otak adalah kanker paru-paru, usus besar, ginjal dan payudara.

Gejala Kanker Otak

Kanker otak lebih sulit dideteksi karena cenderung tidak menimbulkan gejala, kecuali Anda sedang melakukan cek kesehatan seperti CT scan atau MRI. Gejalanya sangat banyak dan tidak spesifik pada tumor otak. Artinya, ada banyak penyakit lain yang dapat menjadi penyebabnya.

Gejala-gejala tersebut dapat disebabkan oleh:

  • Sel tumor yang menekan atau mengganggu bagian otak lainnya dan mencegahnya untuk berfungsi normal.
  • Bengkak di otak disebabkan oleh tumor atau radang di sekitarnya.

Dari beberapa gejala di atas, ada pula gejala yang dapat terlihat dan sering terjadi kepada penderita kanker otak, seperti:

  • Sakit kepala
  • Kelemahan
  • Kecanggungan
  • Kesulitan berjalan
  • Kejang.

Sedangkan untuk gejala dan tanda nonspesifik lainnya yang tidak terlihat langsung oleh orang sekitar meliputi:

  • Perubahan status mental – perubahan konsentrasi, ingatan, perhatian, atau kewaspadaan
  • Mual dan muntah
  • Kelainan dalam fungsi penglihatan dan berbicara
  • Perubahan bertahap dalam kapasitas intelektual atau respons emosional.
Penyebab Kanker Otak

Ada berbagai macam faktor mengenai penyebabnya, seperti penyebaran dari sel kanker yang sudah lebih dulu menyerang bagian lainnya. Namun, penyebab utama dari penyakit ini adalah pertumbuhan sel tumor di dalam otak itu sendiri.

Penyebab kanker otak primer atau yang berasal dari otak itu sendiri terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing memiliki nama tersendiri dari jenis sel yang terlibat, yaitu:

  1. Tumor ini berawal muncul pada otak atau sumsum tulang belakang dan mencakup astrocytomas, ependymomas, glioblastomas, oligoastrocytomas dan oligodendrogliomas.
  2. Akustik neuromas (schwannomas).Jenis sel ini merupakan tumor jinak yang berkembang pada saraf yang mengendalikan keseimbangan dan pendengaran. Sel ini mengarah dari telinga bagian dalam ke otak Anda.
  3. Adenoma hipofisis.Sel ini merupakan tumor jinak yang berkembang di kelenjar pituitari di dasar otak. Tumor ini bisa mempengaruhi hormon hipofisis dengan efek ke seluruh tubuh.
  4. Ini adalah jenis yang paling umum yang terjadi pada anak-anak. Medulloblastoma dimulai pada bagian belakang bawah otak dan cenderung menyebar melalui cairan tulang belakang. Tumor ini jarang terjadi pada orang dewasa.
  5. Tumor sel germinal. Tumor sel germinal dapat terjadi selama masa kanak-kanak ketika testikel atau ovarium baru mulai terbentuk. Namun terkadang, kuman pada sel tumor dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya, seperti otak.
  6. Tumor langka ini biasanya muncul di dekat kelenjar pituitari otak dan mengeluarkan hormon yang mengendalikan banyak fungsi tubuh. Seiring perkembangan kraniofaringioma secara perlahan, ia dapat mempengaruhi kelenjar di bawah otak dan struktur lain di dekat otak.
  7. Meningioma adalah tumor yang timbul dari selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang atau meninges. Kebanyakan meningioma bersifat non-kanker.

Itulah serba serbi tentang kanker otak agar Anda dapat mendeteksi penyakit mematikan ini jika sudah menyerang Anda. Seperti yang Anda ketahui, otak berkaitan langsung dengan kemampuan memori seseorang. Tentunya Anda tidak mau dong harus kehilangan memori yang sudah terbentuk sejak masa kecil dahulu kala?

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi