Kanker Lidah ; Apa Saja Penyebab dan Gejalanya?

kanker lidah

Kanker lidah merupakan penyakit yang serupa degan kanker mulut yang menyerang 2/3 lidah bagian depan. Berbeda halnya jika kanker menyerang 2/3 lidah bagian belakang, karena akan disebut sebagai jenis kanker kepala dan leher.

 

Go DokDalam menjaga kondisi organ mulut sebagai fungsi pengunyah, sebagian besar orang hanya fokus pada kesehatan gigi, sehingga luput dan melupakan kesehatan organ lainnya seperti lidah. Padahal, makanan selezat apapun jadi tidak berarti tanpa adanya lidah yang berfungsi sebagai pengecap rasa.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa lidah hanya dapat terkena penyakit sepele seperti sariawan. Nyatanya, lidah juga berisiko terkena penyakit berbahaya lainnya, lho, termasuk kanker lidah.

Tidak dapat disangka, bukan? Makanya, sebelum terlambat, yuk, sama-sama kita selami lebih dalam tentang penyakit kanker lidah yang satu ini!

Pengertian kanker lidah

Kanker lidah merupakan penyakit yang serupa dengan kanker mulut yang menyerang 2/3 lidah bagian depan. Berbeda halnya jika kanker menyerang 2/3 lidah bagian belakang, karena akan disebut sebagai jenis kanker kepala dan leher. Kanker lidah biasanya berkembang pada sel skuamosa, yaitu sel tipis dan datar yang menutupi permukaan lidah.

Kanker ini memiliki dua jenis penyakit, salah satunya kanker lidah lisan yang memengaruhi bagian lidah yang biasanya bersentuhan langsung dengan proses pengunyahan makanan. Jenis lainnya terjadi pada dasar lidah, di mana penyakit tersebut terhubung dengan saluran tenggorokan Anda. Jenis ini biasanya dapat dikenali ketika sudah menyebar menuju kelenjar getah bening di area leher Anda.

Memang sih, dibandingkan jenis kanker lainnya, kanker pada bagian lidah cenderung jarang ditemui. Kebanyakan kanker lidah menyerang orang dewasa jika dibandingkan dengan anak di bawah umur.

Kanker lidah terbagi ke dalam tingkat dan tahapan yang menunjukan seberapa jauh kanker telah menyebar. Setiap tahapan terbagi menjadi 3 indikator untuk menentukan status kanker lidah.

  • T mengacu pada ukuran tumor. Tumor kecil adalah T1 dan tumor besar adalah T4.
  • N mengacu pada apakah kanker tersebut telah menyebar ke kelenjar getah bening leher. N0 berarti kanker belum menyebar, sementara N3 berarti telah menyebar ke banyak kelenjar getah bening.
  • M mengacu pada apakah ada atau tidak ada metastase (pertumbuhan tambahan) pada bagian tubuh lainnya.

Sedangkan untuk tingkat kanker mengacu pada tingkat agresif dan seberapa besar kemungkinan penyebarannya. Kanker lidah terbagi menjadi jenis yang pertumbuhannya pasif, moderat, dan cenderung aktif menyebar ke organ lainnya.

Penyebab Kanker Lidah

Kanker lidah disebabkan oleh sebuah virus human papilloma virus (HPV) yang menyerang bagian dasar lidah. Selain bagian lidah, HPV juga bisa menginfeksi area genital Anda dan dapat menyebabkan kanker serviks, sebuah infeksi menular seksual yang umum ditemui.

Selain dari virus, ada pula hal lainnya yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker lidah, yaitu:

  • Konsumsi alkohol
  • Penyakit sirosis hati
  • Pemakaian gigi palsu yang tidak pas
  • Gigi yang bergerigi
  • Tidak merawat gigi dan gusi
  • Merokok
  • Sipilis
  • Faktor gen juga dapat berpengaruh dan berperan besar meningkatkan seseorang terkena kanker lidah.
Gejala Kanker Lidah

Kanker lidah memiliki gejala yang sangat mirip dengan gejala jenis kanker mulut lainnya. Bahkan, gejala ini juga sering disalahartikan sebagai flu berat dalam jangka panjang. Jika Anda merasakan gejala berikut, ada baiknya waspada terhadap kemungkinan terburuk, ya!

  • Persisten lidah atau nyeri pada rahang
  • Benjolan atau penebalan di bagian dalam mulut
  • Terdapat benjolan putih atau merah pada gusi, lidah, amandel, atau lapisan mulut
  • Sakit tenggorokan atau merasa ada sesuatu yang mengganjal pada tenggorokan dan tidak kunjung hilang dalam waktu lama
  • Kesulitan menelan atau mengunyah
  • Kesulitan menggerakkan rahang atau lidah.

Karena gejalanya yang sulit ditebak dan serupa dengan gangguan mulut lainnya, mengunjungi dokter merupakan cara paling bijak untuk memastikan apakah Anda terserang kanker lidah atau tidak. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

GA/TP/PJ

Referensi