Kaki O; Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kaki O

Go Dok- Kaki OGenu Varum (GVR) atau kaki O adalah istilah untuk mendeskripsikan bentuk kaki yang menyerupai huruf O di mana ketika sedang berdiri, kaki akan seperti terpisahkan lebar di bagian atas dengan lutut dan tulang melengkung keluar, kemudian pada pergelangan kaki mendekat satu sama lainnya.

Kondisi ini merupakan bawaan lahir, biasanya akibat pertumbuhan pada tulang yang tidak sempurna dan obesitas di usia dini. Penderita kaki O akan merasa tidak nyaman pada daerah pinggul, lutut, dan kaki. Dengan seiringnya waktu, kondisi ini dapat menjadi semakin parah sehingga gaya berjalan si penderita pun akan terlihat tidak normal.

Kondisi ini biasanya terjadi pada anak kecil yang berumur 1-2 tahun, penyebab utamanya adalah rakitis atau kekurangan vitamin D. Namun, tak hanya itu ada beberapa penyebab lainnya, seperti tumor, infeksi pada kerangka tubuh, hingga kelainan tulang seperti ossification atau pengerasan pada tulang.

Ketika kondisi ini sudah semakin parah, penderitanya dapat menunjukan perubahan posisi anatomi lutut ke arah lateral dan gaya berjalan terhuyung-huyung –lateral knee thrust dan waddling gait. Ada juga beberapa kasus yang menyebabkan paha dan ankle bermasalah. Keadaan ini dapat berakibat unilateral –terkena pada salah satu kaki dengan adanya perbedaan panjang anggota badan yang fungsional –functional limb-length discrepancy maupun bilateral –keduanya.

Penyakit ini biasanya terjadi di saat seorang anak mulai dapat berdiri dan berjalan. Gejala utama dari kelainan ini adalah pola jalan yang tidak nyaman, di mana penderitanya berjinjit saat berjalan. Namun, keadaan ini tidak memberikan rasa sakit, melainkan hanya rasa tidak nyaman di bagian lutut, paha dan pergelangan kaki.

Diagnosa dari kaki O berawal dengan pemeriksaan fisik dari penderita. Biasanya dokter mengukur ruang di antara kedua lutut  untuk menentukan intesitas dari kelainan ini. Namun, dokter terkadang juga merekomendasikan tes darah untuk melihat apakah adanya rakitis pada tubuh. Pada balita, kondisi ini akan sembuh dengan sendirnya seiring dengan umur, biasanya dari umur 3 hingga 4 tahun.

Jika penderita kaki O ini semakin parah maka yang dapat dilakukan adalah:

Bedah osteotomi

Pada kasus yang langka, kondisi kaki tidak akan dapat kembali normal sehingga orang tua dari sang anak biasanya mulai memikirkan untuk mengatasinya dengan cara bedah osteotomi. Prosedurnya bermula dari pemeriksaan X-ray untuk melihat keadaan tulang dan mengetahui bagian mana yang akan dibedah. Proses dari pembedahan ini dilakukan dengan cara memotong tulang pada lutut dan kemudian membentuk postur yang seharusnya atau normal.

Tanpa Operasi

Apabila Anda ingin menjauhi perawatan bedah, maka metode terapi adalah jawabannya. Akan tetapi, metode ini hanya dapat dilakukan pada anak-anak. Bermula dari meluruskan kaki dan latihan membungkuk dari dada hingga lutut bertemu. Terapi ini akan disarankan untuk dilakukan tiap hari untuk hasil yang efektif.

Mengingat rasa tidak nyaman yang dapat timbul akibat kondisi ini ada baiknya dilakukan pencegahan sedini mungkin dengan menyarankan anak untuk menjauhi rakitis caranya dengan memperbanyak vitamin D, seperti dengan sering berjemur di pagi hari. Kemudian bagi Anda yang sedang mengandung , sebaiknya pastikan kecukupan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh, ya.

Nah, itu dia yang perlu Anda ketahui tentang kaki O. Apabila mengalami gejala di atas, segera berkonsultasi kepada dokter Anda untuk perawatan yang tepat dan cepat, ya!